Singkirkan 6 Keluhan Pada Tubuh Anda Melalui Cara Alami

Banyak alternatif pilihan pengobatan alami yang bisa dilakukan untuk berbagai keluhan pada tubuh anda. Saat ini banyak orang yang lebih memilih metode tersebut karena jauh dari efek samping yang membahayakan dibandingkan dengan pengobatan dengan obat kimia.

Pemanfaatan bahan alami seperti tanaman obat atau melalui konsumsi rutin sayuran sehat merupakan salah satu pilihan yang bisa diambil. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan cara alami yang sudah lama menjadi resep mujarab.

1. Sinusitis

Sinusitis merupakan kondisi peradangan pada sinus yang bisa dikarenakan kondisi flu, alergi atau infeksi gigi. Gejala sinus sendiri ditandai dengan batuk, hidung tersumbat, hingga pilek berlendir kekuningan.

Pengobatan sinus bisa diatasi dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan seperti aprikot, labu kuning, semangka, asparagus, brokoli, kubis, wortel, papaya, dan paprika. Selain itu cabe, jahe dan bawang putih juga bermanfaat untuk mengatasi keluhan sinusitis.

2. Migrain

Mengatasi migrain dengan cara alami

Mengatasi migrain dengan cara alami (Ilustrasi/pixabay)

Gangguan migrain banyak dirasakan mulai dari satu sisi kepala dan menjalar ke area yang lain. Kondisi ini menimbulkan gejala pusing hingga muntah. Bahkan jika terlalu parah seseorang dengan migrain dapat merasakan sangat sakit hingga tidak bisa bangun.

Kondisi migraine dapat muncul akibat kondisi ketidakseimbangan hormon, alergi, efek samping dari pengobatan tertentu dan kondisi stres.

Beberapa buah-buahan dan sayuran seperti blackberry, bit, brokoli, bawang Bombay, dan sayuran hijau bisa dipilih sebagai obat alami untuk mengatasi keluhan migrain. Selain itu cabe merah, kayu manis, bawang putih, dan chamomile juga memiliki manfaat yang sama.

3. Diare

Permasalahan diare bisa terjadi ketika pencernaan anda terinfeksi bakteri, alergi terhadap makanan tertentu atau akibat salah makan. Seseorang yang menderita diare akan mengalami dehidrasi, maka untuk mengatasinya disarankan untuk minum banyak air. Selain itu kondisi diare jika tidak langsung ditangani juga dapat menyebabkan demam dan muntah.

Pilihan buah dan sayuran seperti pisang, jeruk limau, wortel, apel, kentang, dan seledri diketahui ampuh untuk mengatasi masalah diare. Disarankan kentang apabila direbus, lakukanlah dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Demikian juga apel yang dimakan tanpa kulitnya.

Sedangkan tanaman bumbu seperti jahe dan adas juga dapat mengatasi permasalahan pencernaan ini. Anda bisa membuatnya menjadi sajian minuman hangat yang membuat nyaman perut anda.

4. Gangguan Menstruasi

Gangguan menstruasi seperti mens yang berlebihan, nyeri haid hingga PMS (premenstrual syndrome) banyak dialami wanita terkait dengan permasalahan hormonal. Kondisi keluhan tersebut bisa terjadi karena faktor genetik atau permasalahan pada sistem limfatik. Sistem limfatik sendiri merupakan bagian sistem sirkulasi yang berfungsi sebagai saringan pembersih.

Permasalahan kurangnya waktu tidur, olah raga yang tidak teratur dan asupan makanan yang tidak sehat mampu mempengaruhi siklus menstruasi dan keluhan lain yang terkait.

Buah-buahan dan sayuran yang bermanfaat untuk mengatasi keluhan ini antara lain blueberry, strawberry, blackberry, anggur, bit, brokoli, wortel dan sayuran hijau. Selain itu jahe dan bawang putih pun bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah gangguan menstruasi.

5. Daya Tahan Tubuh Menurun

Imunitas atau daya tahan tubuh mencegah kita dari serangan infeksi dan penyakit. Merupakan dinding pelindung yang menjaga tubuh kita dari bakteri, virus serta parasit. Jika daya tahan tubuh menurun, maka kita akan mudah terserang penyakit.

Menjaga daya tahan tubuh selain melalui asupan nutrisi melalui makanan juga dapat dilakukan melalui tidur yang cukup dan menghindari stres.

Jenis buah-buahan dan sayuran seperti aprikot, wortel, melon, brokoli, sayuran hijau, blueberry dan alpukat dikenal cukup ampuh menjaga imunitas tubuh. Sedangkan tanaman obat seperti cengkeh, bawang putih, ginseng, dan teh hijau juga tidak kalah bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

6. Konstipasi

Permasalahan konstipasi bisa diakibatkan oleh kondisi stres, kurang olah raga, dan kurangnya asupan serat. Untuk menghindari serta mengatasi keluhan konstipasi kita bisa menjauhkan diri dari makanan yang banyak mengandung gula, lemak yang tidak sehat serta kafein. Perbanyak minum air putih dan sari buah serta sayuran alami bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasinya.

Beberapa buah yang ampuh untuk mengatasi permasalahan konstipasi antara lain apel, pear, lemon, bluberry, dan alpukat. Beberapa tanaman bumbu seperti Jahe, adas, bawang putih, dan kayu manis juga bisa anda pilih untuk mengatasi masalah tersebut.

Demikian informasi pengobatan alami untuk berbagai keluhan penyakit, semoga bermanfaat bagi anda dan bisa diterapkan.

Leave a Reply

*