Sssst, Ini Rahasia Yoga Untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda

Sssst, Ini Rahasia Yoga Untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda

Rahasia Yoga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Rahasia Yoga Untuk Kesehatan dan Kecantikan (Ilustrasi/Pixabay)

Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap fit setiap saat. Bila tubuh segar dan bugar, otak juga lancar. Banyak olahraga yang tersedia dan bisa menjadi pilihan bagi Anda. Masing-masing olahraga memiliki fungsi tersendiri yang berbeda. Selain itu, juga terdapat kelebihan dan kekurangan pada jenis olahraga yang dipilih.

Secara umum, olahraga khusus untuk kesehatan tubuh saja. Namun, beberapa waktu terakhir, berkembang jenis olahraga yang memiliki manfaat secara komprehensif. Tak hanya memiliki pengaruh signifikan terhadap kesehatan raga tapi juga bermanfaat untuk kesehatan jiwa sekaligus sebagai terapi kecantikan. Tahukah Anda olahraga tersebut? Yap, yoga adalah jawabannya. Apakah Anda sudah tahu dan pernah melakukan yoga? Apa yang Anda rasakan setelah melakukan yoga?

Selama ini yoga mungkin lebih dikenal sebagai terapi untuk menenangkan fikiran dan latihan untuk memusatkan konsentrasi saja. Bahkan katanya awal mula berkembangnya yoga di Indonesia adalah saat terjadi krisis moneter pada tahun 90-an yang menyebabkan banyak masyarakat stress.

Untuk menghilangkan stress tersebut orang-orang mulai melakukan yoga sebagai media meditasi sebagai salah satu jalan agar bisa menenangkan fikiran. Sejak saat itu, dari hari ke hari, yoga terus berkembang di Indonesia hingga seperti saat ini yang kita saksikan. Pusat-pusat pelatihan yoga mulai bermunculan di berbagai tempat. Berbagai kalangan pun mulai melirik yoga sebagai salah satu meditasi favorit. Yoga digemari secara masal oleh masyarakat kita. Sudah tak asing kita melihat peserta yoga yang bejibun bahkan memecahkan rekor muri.

Di Amerika Serikat, yoga ternyata telah lebih dahulu diterapkan sebagai olahraga serbaguna oleh seluruh masyarakatnya. Bahkan di sana, sejak 30 tahun terakhir yoga dianggap sebagai gaya hidup.

Sebenarnya Apa Itu Yoga?

Yoga berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti penyatuan. Penyatuan di sini bermaksud penyatuan dengan alam atau dengan sang Pencipta. Yoga merupakan salah satu ajaran dalam agama Hindu di India yang dibawa oleh Patanjali. Beberapa sumber berbeda pendapat tentang awal mula munculnya yoga. Ada yang menyatakan yoga sudah ada sejak tahun 4000 tahun yang lalu. Namun ada juga yang mengatakan yoga bahkan sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Tahun berapapun tepatnya, yang pasti yoga sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu.

Yoga menitikberatkan pada meditasi disertai dengan senam pernafasan yang memadukan unsur fisik dengan psikis. Fokus dari meditasi yoga adalah konsentrasi, spiritual dan gerakan fisik. Itulah mengapa dikatakan oleh sebagian orang, yoga merupakan olahraga yang multifungsi.

Gerakan yoga cenderung halus dan tidak terburu-buru. Setiap gerakan mempunyai arti yang berbeda. Untuk olah jiwa dan ketenangan fikiran dilakukan pada posisi duduk. Sedangkan untuk membangkitkan energi bagi kesehatan fisik dilakukan pada posisi berdiri.

Gerakan Dasar Yoga

Yoga bukanlah olahraga yang kaku. Yoga memiliki banyak gerakan. Pada tiap gerakannya sangat bermanfaat untuk menenangkan fikiran dan merilekskan otot-otot tubuh. Diantara gerakan-gerakan dasar yoga adalah chilid pose yaitu sujud dengan tangan lurus ke depan yang bertujuan untuk peregangan bagian pinggul, punggung dan paha depan.

Selain chilid pose, gerakan dasar selanjutnya yang cukup popular adalah downward facing dog pose yaitu gerakan dimana bagian pantat dan kepala diangkat ke atas semaksimal mungkin. Pose ini bermanfaat dalam meregangkan bagian-bagian kaki seperti betis dan paha.

Selanjutnya juga ada tree pose yaitu pose berdiri tegak dengan kedua tangan merapat di depan dada dan kaki menekuk tepat di posisi lutut. Fungsi gerakan dasar ini untuk membantu perenggangan paha bagian dalam dan pinggul. Kaki akan menjadi kuat. Begitu juga, tulang belakang akan lebih tangguh berkat gerakan ini. Pose ini adalah pose yang paling penting untuk meredam stress dan memusatkan konsentrasi.

Bagi Anda yang sudah pernah melakukan yoga tentu sudah tidak asing dengan gerakan-gerakan dasar tersebut. Jika Anda belum pernah melakukan yoga, jangan khawatir, gerakan dasar tersebut mudah dipelajari kok. Kunci untuk menguasai semua gerakan adalah konsentrasi dan ketenangan pikiran.

Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, yoga memiliki manfaat yang menyeluruh. Yoga tidak hanya bermanfaat sebagai meditasi untuk memberikan ketenangan pada fikiran tetapi juga membuat kesehatan lebih baik. Berikut ini merupakan manfaat yoga bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui :

  • Gerakan-gerakan pada yoga membuat tubuh lebih rileks dan santai karena terjadi peregangan otot-otot. Dengan peregangan otot-otot tersebut maka tubuh akan terhindar dari penyakit seperti nyeri otot, dan nyeri punggung. Artinya, Anda yang sering melakukan yoga akan bebas dari nyeri punggung.
  • Dengan adanya gerakan-gerakan pada persendian, menyebabkan persendian terhindar dari penyakit-penyakit seperti rematik dan arthritis.
  • Yoga sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang sehingga kita terhindar dari penyakit-penyakit tulang seperti tulang keropos dan osteoporosis.
  • Dengan yoga aliran darah menjadi lebih baik dan lancar. Dengan begitu, oksigen akan mengalir ke seluruh tubuh termasuk jantung sehingga organ-organ tersebut bisa bekerja dengan baik.
  • Latihan konsentrasi pada yoga juga bisa menjaga dan memperkuat memori kita.
  • Olahraga yoga juga bermanfaat untuk membersihkan limfa sehingga menghalau sel kanker, menetralisir racun dan memerangi bakteri penyebab infeksi.

Manfaat Yoga untuk Kecantikan

Kenapa banyak wanita saat ini mulai menekuni olahraga yoga? Padahal biasanya kan wanita malas olahraga. Alasannya karena yoga bermanfaat buat kecantikan. Wanita mana sih yang tidak mau cantik. Memangnya apa sih manfaat yoga untuk kecantikan?

  • Yoga bisa meghilangkan stres.

Apa hubungan stres dengan kecantikan? Stres membuat seseorang terlihat murung dan muram Kecantikan tidak akan terpancar pada wajah yang murung. Kecantikan terpancar dari rona wajah seseorang yang bahagia. Kebahagiaan memancarkan aura positif, sebaliknya kesedihan dan stres akan memunculkan aura negatif. Nah, dengan yoga yang bermanfat untuk menenangkan diri, fikiran kita akan kembali tenang. Lagipula stes membuat kita cepat tua lho. Nggak percaya? lihat deh mana yang cepat tua guru pemarah dibandingkan guru yang mudah senyum?

  • Meng-idealkan bentuk tubuh.

Gerakan-gerakan pada yoga juga dipercaya bisa memperbaiki bentuk tubuh menjadi lebih ideal. Sebagai wanita kita tentu ingin tubuh yang langsing dong ya agar terlihat menarik.

  • Melancarkan sirkulasi darah/oksigen

Apa sirkulasi oksigen berpengaruh terhadap kecantikan? Ya, karena jika oksigen yang masuk ke dalam tubuh kita cukup maka akan membuat wajah kita menjadi segar dan cerah. Sedangkan jika oksigen tidak mengalir dengan lancar wajah akan terlihat lelah dan pucat.

Manfaat yoga terhadap kecantikan lebih kepada memancarkan inner beauty kita. Jika jiwa dan fikiran tenang maka aura positifnya akan terpancar diwajah. Sebaliknya jiwa yang kalut, fikiran yang tidak tenang serta kesehatan yang buruk akan memberi aura negatif pada kecantikan kita.

Demikianlah artikel mengenai Rahasia Yoga Untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda. Nah, apa kamu mau sehat dan cantik luar dalam dengan yoga?

Leave a Reply

*