Sumber makanan bervitamin A tinggi
Sumber makanan bervitamin A tinggi (Ilustrasi/pixabay)

Sumber makanan bervitamin A tinggi

Vitamin A merupakan vitamin yang berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan. Kebanyakan masyarakat hanya mengetahui fungsi vitamin A adalah untuk kesehatan mata, akan tetapi banyak manfaat lainnya yang terkandung dalam vitamin A yang sangat diperlukan oleh tubuh. Retinol, Retinil palmitat, dan Retinil asetat adalah senyawa yang terdapat dalam vitamin A. Vitamin A juga dikenal dengan sebutan Retinol. Setidaknya vitamin A harus dikonsumsi manusia sebanyak 900 mikrogram per hari.

Manfaat Vitamin A bagi kesehatan :

Sumber makanan bervitamin A tinggi
Sumber makanan bervitamin A tinggi (Ilustrasi/pixabay)
  • Mengoptimalkan perkembangan janin. Sifat vitamin A yang sudah larut dalam air dan lemak yang sangat dibutuhkan oleh janin yang ada dalam kandungan. Memiliki manfaat untuk perkembangan sel mata, organ mata, serta pertumbuhan tulang bayi.
  • Menghambat sel kanker pay*dara. Hasil penelitian ilmuwan Amerika mengungkapkan bahwa senyawa retinoat (retinol), senyawa inilah yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
    Meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Senyawa retinil palmitat dan retinil asetat berfungsi untuk mencegah infeksi dari organisme-organisme yang dapat merugikan tubuh.
  • Menghambat penuaan dini. Vitamin A dapat menghasilkan antioksidan yang dapat menangkal udara yang tidak bersih (radikal bebas). Kerusakan akibat radikal bebas dapat dicegah dengan vitamin A, sehingga bisa memperlambat penuaan dini.
  • Membantu menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh. Salah satu contohnya dapat mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Membantu mengatasi penyakit kulit yang disebabkan oleh darah kotor. Seperti jerawat dan bisul.
  • Memiliki peran penting bagi kesehatan organ mata. Vitamin A membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak menjadi sebuah gambar. Senyawa retinol yang terkandung dalam vitamin A yang berperan menjaga kesehatan mata.

Gejala-gejala kekurangan vitamin A :

  • Rabun senja. Terjadi karena kekurangan vitamin A yang berfungsi dalam pembentukan pigmen mata yang membantu penglihatan saat malam hari.
  • Munculnya bintik bitot pada sklera mata.
  • Meningkatnya infeksi saluran pada pernapasan.
  • Pengerasan kornea mata dan terbentuknya jaringan parut.
  • Wajah berjerawat.

Vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam vitamin A memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Banyak sekali makanan-makanan yang di dalamnya mengandung vitamin A yang besar. Berikut sumber makanan yang mengandung vitamin A :

Sumber vitamin A dalam Buah-buahan :

  1. Raspberry

Meskipun tidak memiliki kandungan vitamin A yang terlalu banyak, akan tetapi kandungan tersebut masih dapat memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh. Dalam buah raspberry terdapat 33 IU vitamin A.

2. Apel

Buah yang satu ini sangat umum bagi kita dan mudah ditemui di toko-toko buah. Dari negara kita juga memiliki jenis apel yaitu apel malang. Apel mempunyai kandungan fito nutrient dan anti oksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Kandungan vitamin A dalam apel sebesar 54 IU yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan kelembaban kulit.

3. Nanas

Nanas adalah buah yang memiliki rasa manis dan asam. Kandungan dalam buah nanas yaitu folat dan mineral seperti potasium dan mangan. Mangan memiliki kandungan vitamin A yang banyak sekitar 58 IU dalam buah nanas.

4. Anggur

Buah anggur disebut sebagai ratu dari buah-buahan, selain rasanya yang enak, kandungan gizi yang terdapat dalam buah anggur juga sangat lengkap. Anggur juga mempunyai kandungan vitamin A yang banyak, dalam 100 gram buah anggur terdapat 66 IU vitamin A. Dalam buah anggur juga terdapat kandungan vitamin C, E, K dan mineral.

5. Kiwi

Untuk melindungi kesehatan organ mata sebaiknya perbanyaklah konsumsi buah kiwi. Karena dalam 100 gram buah kiwi terdapat 87 IU vitamin A.

6. Alpukat

Buah yang satu ini juga tidak susah untuk ditemui. Alpukat memiliki daging buah yang lembut dan memiliki rasa yang enak. Buah alpukat juga memiliki kandungan vitamin A yang banyak. Tidak hanya itu, terdapat kandungan vitamin E dan K dalam buah alpukat.

7. Nangka

Satu lagi buah yang sangat mudah dijumpai yaitu buah nangka yang juga memiliki kandungan vitamin A. Buah ini sangat bagus untuk menghindari penyakit pada mata dan kulit. Selain vitamin A kandungan yang terdapat dalam buah nangka antara lain adalah potasium, kalsium, serta fosfor.

8. Labu

Buah labu memiliki kandungan vitamin A sekitar 36% untuk memenuhi kebutuhan vitamin A bagi tubuh kita. Dalam 100 gram labu diketahui terdapat 217 IU vitamin A.

9. Persik

Buah asli dari negara Cina ini biasa dikenal dengan nama buah peach. Dalam buah peach terkandung 39 kalori, 1814 TE antioksidan dalam 100 gram buah pecah. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah ini yaitu 326 IU.

10. Tomat

Buah yang kaya dengan kandungan lycopene ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin A, yang sanagt baik bagi kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam tomat yaitu sebanyak 107% dari total kebutuhan tubuh manusia.

11. Pepaya

Buah yang satu ini juga sangat mudah dijumpai, bahkan buah ini bisa tumbuh di pekarangan rumah kita. Buah pepaya terkenal dengan manfaatnya yaitu untuk mengatasi gangguan pencernaan. Ternyata buah pepaya juga memiliki kandungan vitamin A yang banyak serta baik bagi kesehatan tubuh. Dalam 100 gram buah pepaya terkandung 1094 IU vitamin A.

12. Markisa

Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, diketahui dalam 100 gram buah markisa terdapat 1274 IU vitamin A.

13. Melon

Buah ini memiliki daging buah yang manis serta berair. Vitamin A yang terkandung dalam buah yang masih satu keluarga dengan buah labu ini memiiki 3382 IU dalam 100 gram buahnya. Selain mengandung vitamin A yang tinggi, buah melon sangat rendah kalori sehingga bagus untuk membantu proses penurunan berat badan.

14. Mangga

Buah yang rasanya manis ini ternyata memiliki kandungan vitamin A sekitar 36% dari kebutuhan tubuh manusia.

15. Blewah

Buah yang memiliki kadar kalori dan lemak yang rendah ini ternyata juga mengandung vitamin A dalam buahnya. Dari 1/8 bagian blewah terdapat 5986 IU Vitamin A yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh.

Sumber vitamin A dalam Sayuran :

  1. Wortel

Sayuran yang satu ini pasti sudah kita ketahui manfaatnya yaitu sangat bagus untuk kesehatan mata. Sayuran ini mengandung vitamin A yang sangat tinggi, dari satu wortel berukuran sedang terdapat 200% kandungan vitamin A yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Wortel juga kaya dengan vitamin C, K, dan B serta juga mengandung magnesium dan serat.

2. Selada

Sayuran ini biasanya dihidangkan sebagai lalapan. 100 gram selada mengandung 361 IU vitamin A dan 10 kalori yang bagus untuk kesehatan tubuh.

3. Ubi jalar

Umbian ini mengandung 438% vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ubi jalar ukuran sedang memiliki 21909 IU vitamin A.

4. Paprika

Satu sendok makan paprika terdapat 69% vitamin A yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Selain mengandung vitamin A juga terdapat kandungan vitamin C, Kalium, dan kalsium.

5. Lobak

Sayuran ini sangat bagus untuk kesahatan, vitamin A yang terkandung dalam 100 gram lobak ialah 134% dari kebutuhan harian tubuh manusia.

6. Bayam

Sayuran ini sangat mudah kita temui dan sering juga kita konsumsi sehari-hari. Terdapat 2464 IU vitamin A dalam 100 gram sayur bayam. Vitamin K, C, mangan, zat besi, serta kalsium juga terkandung dalam sayur bayam.

7. Brokoli

Sayuran ini kaya dengan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Brokoli juga dapat menjaga kesehatan kulit. Vitamin A pada brokoli mampu melindungi membran sel kulit dan mencegah kerusakan karena radiasi sinar ultraviolet.

Banyak sekali makanan yang mengandung vitamin A yang tinggi dan sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita. Selain pada sayuran dan buah-buahan, kandungan vitamin A juga terdapat dalam sumber makanan hewani hati seperti hati sapi, ayam, kalkun, ikan (6500 mg / 722%). Masih banyak makanan-makanan lainnya yang memiliki kandungan vitamin A yang sangat dibutuhkkan oleh tubuh. Semoga tubuh kita tidak kekurangan vitamin A dan mari mengonsumsi makanan yang dianjurkan di atas.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- Makanan bervitamin A, - vitamin A membatu pembentukan pigmen mata, - www buah yang bervitamin a, - www makananbervitamin com

data-ad-format="link">
Sumber makanan bervitamin A tinggi Post in | Last updated: January 3rd, 2017 | 95 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *