5 Tanda pankreas bermasalah

Infosehatkeluarga.com – Kanker pankreas  merupakan bentuk kanker paling mematikan dengan tingkat ketahanan hidup 5 tahun, hal ini karena untuk mengidentifikasi kanker pankreas lebih awal cukup sulit. Deteksi dini juga sulit jika menyangkut masalah pankreas non-kanker. Pankreas merupakan organ panjang dan datar yang menghasilkan enzim dan hormon yang membantu pencernaan. Ada beberapa Tanda pankreas bermasalah yang memerlukan pertolongan dokter . Berikut diantaranya:

Tanda pankreas bermasalah

  • Tinja berwarna terang dan mengambang (cair)

Jika Anda melihat tinja Anda berwarna terang dan mengambang, itu pertanda penyerapan nutrisi yang buruk. Enzim yang diproduksi pankreas membantu Anda mencerna lemak dalam makanan. Sejalan dengan memecah lemak, pankreas membantu tubuh menyerap vitamin yang larut dalam lemak seperti A, E, dan K. Ketika masalah pankreas mengacaukan kemampuan organ untuk memproduksi enzim maka kotoran tampak lebih pucat dan kurang padat. Selain itu, kotoran mungkin akan berminyak.

  • Perut terasa sakit.
Tanda pankreas bermasalah
Tanda pankreas bermasalah

Nyeri perut merupakan salah satu gejala paling umum dari kanker pankreas dan pankreatitis akut, yang merupakan jenis peradangan mematikan. Tetapi rasa sakit itu bermanifestasi dengan cara yang berbeda tergantung pada kondisi yang mendasarinya.
Jika rasa sakit mulai di tengah perut menjalar ke punggung bawah dan berlangsung selama berminggu-minggu, maka kemungkinan itu merupakan tanda kanker pankreas. Jika rasa sakit datang tiba-tiba dan intens dan terfokus di tengah perut, maka itu bisa berhubungan dengan pankreatitis akut. Baca juga Sakit perut kapan harus ke dokter?.

  • Menderita diabetes

Pankreas menghasilkan hormon yang membantu mengontrol produksi insulin tubuh serta kadar gula darah. Ketika pankreas bermasalah, maka biasanya penderita berisiko terkena diabetes tipe 2. Jika berat badan Anda normal dan Anda makan makanan sehat, diagnosis diabetes baru harus mengarah pada pemeriksaan pankreas lebih lanjut. Pelajari 3 Tips Mencegah Diabetes.

  • Mual setelah makan makanan berlemak.

Mual dan muntah adalah gejala yang harus diwaspadai terutama jika Anda sudah makan makanan berlemak. Karena pankreas menghasilkan enzim yang membantu sistem pencernaan mengurai lemak, penyakit yang mengganggu pankreas cenderung mengganggu kemampuan tubuh mencerna lemak yang menyebabkan mual. Hamburger sering menjadi pemicu mual, begitu juga alpukat dan kacang yang semuanya tinggi lemak. Pankreatitis lebih mungkin menyebabkan muntah dan mual secara tiba-tiba dibandingkan dengan kanker pankreas.

  • Penurunan berat badan.

Penurunan berat badan bisa disebabkan oleh masalah pencernaan yang terkait dengan kanker atau penyakit pankreas atau penyakit. Beberapa kondisi kesehatan juga dapat menyebabkan penurunan berat badan dengan cepat. Penurunan berat badan juga merupakan salah satu tanda dari tanda tanda tiroid bermasalah.

Demikianlah Tanda pankreas bermasalah, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait dan Link Sponsor

5 Tanda pankreas bermasalah Post in | Last updated: April 4th, 2018 | 1,004 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan