Tanda Tanda Leukemia
Tanda Tanda Leukemia

Tanda Tanda Leukemia yang mungkin TERABAIKAN

5/5 (1)

Apa itu leukemia?

Leukemia, atau kanker sel darah, adalah kanker darah dan sumsum tulang, keganasannya menyebabkan produksi abnormal sel-sel darah tertentu. Ketika sel darah yang tidak sehat mengaliri sel-sel sehat, fungsi darah mulai terhenti. Penyakit ini bisa menjadi lebih buruk dengan cepat jika Anda menderita leukemia akut; penyakit ini dapat berkembang perlahan dan memburuk dari waktu ke waktu jika Anda menderita leukemia kronis. Terlepas dari jenis apa leukiemia yang Anda derita, jika Anda mencurigai gejala-gejala berikut ini, maka sebaiknya Anda mengonsultasikannya dengan dokter. Berikut ini Tanda Tanda Leukemia yang biasanya TERABAIKAN.

Tanda Tanda Leukemia yang mungkin TERABAIKAN

  • Kelelahan dan kelemahan

Kelelahan dan kelemahan merupakan gejala leukemia yang paling umum. Tanda-tanda ini sering disebabkan oleh anemia (kekurangan sel darah merah), yang menyebabkan kelelahan fisik. Dalam kasus-kasus kronis dan akut, Anda mungkin mengalami kelelahan ringan hingga kelemahan fisik yang ekstrem, tetapi dalam semua kasus, gejalanya semakin memburuk dari waktu ke waktu.

  • Sesak napas

Selain fisik yang lemah dan cepat letih, mereka juga dapat mengalami sesak napas yang disebabkan oleh anemia, ketika sesak napas ini datang, berjalan juga akan tersa sulit. Sesak napas juga bisa menjadi gejala kanker paru-paru.

  • Memar yang berlebihan atau secara tiba-tiba

Memar tanpa trauma fisik dapat menjadi salah satu gejala leukemia. Memar yang tidak biasa merupakan hasil dari jumlah trombosit atau pembekuan darah yang rendah. Anda akan memar secara tiba-tiba, bisa di mana saja, tetapi biasanya di bagian ekstremitas, yaitu kaki dan lengan.

  • Perdarahan yang tidak biasa

Mirip dengan memar, mimisan yang tidak biasa atau pendarahan pada gusi, usus, paru-paru, atau kepala mungkin merupakan tanda kekurangan trombosit dan masalah pembekuan darah yang dapat menunjukkan bentuk akut leukemia.

  • Petechiae (bintik-bintik merah kecil di bawah kulit yang disebabkan oleh perdarahan)

Bintik-bintik, yang mungkin tidak diperhatikan karena ukurannya yang kecil, tidak nyeri, dan terletak pada bagian ekstremitas bawah, menunjukkan jumlah trombosit yang rendah dan merupakan salah satu gejala leukemia. Petechiae biasanya ditemukan di sekitar pergelangan kaki karena gravitasi menghasilkan akumulasi cairan tubuh di kaki bagian bawah sepanjang hari.

  • Gusi membengkak dan membesar
Tanda Tanda Leukemia - Gusi membengkak dan membesar
Gusi membengkak dan membesar merupakan salah satu dari Tanda Tanda Leukemia

Meskipun peningkatan ukuran gusi, juga dikenal sebagai hiperplasia gingiva, biasanya hanya ditemukan pada sebagian kecil penderita leukemia akut, ini merupakan salah satu gejala leukemia yang paling jelas. Jika Anda seorang dokter yang memiliki pasien yang menderita leukemia, Anda sebaiknya memeriksa mulut mereka untuk melihat apakah gingiva semakin membesar. Gusi mungkin terlihat bengkak, dan penderita hampir selalu merasakan kekakuan yang aneh di mulutnya.

  • Merasa kenyang atau kembung

Salah satu tanda leukemia kronis dan akut ialah pembesaran limpa, yang dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan.

  • Rasa tidak nyaman atau nyeri di perut kiri atas

Limpa yang membesar yang disebabkan oleh leukemia terkadang menyebabkan ketidaknyamanan perut atau bahkan rasa sakit yang hebat. Karena limpa terletak di kuadran kiri atas perut, ketidaknyamanan biasanya terjadi di sana. Berikut ini  Pemicu Kanker beserta Pencegahannya Secara Alami.

  • Demam atau kedinginan

Feverishness atau menggigil bukanlah gejala yang paling umum, biasanya hanya terjadi pada seperempat kasus leukemia akut dan hampir tidak pernah terjadi pada kasus leukemia kronis. Namun, demam ringan yang sering terjadi mengindikasikan infeksi dan sistem kekebalan yang lemah, yang mungkin juga terkait dengan leukemia.

  • Berkeringat di malam hari

Berkeringat di malam hari sering disebabkan oleh infeksi yang mungkin terkait dengan leukemia. Waspada Jika Selalu Berkeringat Saat Tidur Malam.

  • Sakit kepala yang menusuk

Meskipun tidak umum, sering sakit kepala berdenyut mungkin merupakan tanda anemia terkait leukemia atau bahkan kasus perdarahan di kepala yang mengancam jiwa.

  • Pucat.

Seperti sakit kepala, kelelahan, dan sesak napas, pucat yang tidak biasa mungkin merupakan tanda anemia pada pasien akut dan beberapa leukemia kronis.

  • Sakit tulang

Kekakuan pada tulang merupakan tanda yang jelas pada penderita leukemia kronis dan akut. Sel leukemia dibuat di dalam sumsum tulang, jadi jika Anda merasakan rasa sakit ringan hingga rasa sakit yang ekstrem pada tulang, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

  • Kelenjar getah bening yang membengkak

Periksa daerah leher, ketiak, dan selangkangan untuk mencari pembengkakan yang terlihat jelas tetapi tidak nyeri di kelenjar getah bening. Ini normal jika kelenjar membesar dan mengecil selama periode infeksi, tetapi jika tetap membesar atau terus membesar, maka itu mungkin salah satu gejala leukemia atau limfoma.

  • Ruam kulit

Sekitar satu dari 20 pasien leukemia mungkin memiliki ruam kulit yang termasuk dalam salah satu dari dua kategori: leukemia pada kulit, atau ruam yang disebabkan oleh sindrom Sweet, yang umumnya terkait dengan leukemia. Tetapi meskipun ruam kulit muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran, namun ruam yang berhubungan dengan leukemia memiliki satu kesamaan, yaitu akan terus tumbuh dan menyebar.

  • Infeksi yang sering atau berulang

Jika Anda menglami satu infeksi kecil yang tidak hilang, mungkin sudah waktunya untuk melakukan pemeriksaan darah lengkap untuk memeriksa kelainan pada sel darah putih, kadar hemoglobin, dan trombosit. Tingkat sel darah putih yang tidak normal menyebabkan gangguan sistem kekebalan tubuh, yang dapat menyebabkan seringnya terkena infeksi, ditambah dengan tanda-tanda lain seperti kelelahan atau memar, seharusnya sudah cukup menjadi alasan untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena pasien leukemia tidak menunjukkan gejala yang umum seperti pada penyakit lain, maka penting untuk melakukan pemeriksaan fisik, jumlah darah, dan biopsi sumsum tulang, yang akan mengkarakterisasi jenis leukemia yang tepat dan mengetahui jenis perawatan yang diperlukan.

Demikianlah Tanda Tanda Leukemia yang mungkin TERABAIKAN, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Tanda Tanda Leukemia yang mungkin TERABAIKAN Post in | Last updated: June 6th, 2018 | 153 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan