Tempat Kuman Bersarang
Tempat Kuman Bersarang

Tempat Kuman Bersarang di Rumah

5/5 (1)

Tidak perduli sebersih apapun kita membersihkan rumah, namun ada saja tempat kuman bersarang. Berikut ini tempat-tempat kuman bersarang di rumah:

Tempat Kuman Bersarang di Rumah

Tempat Bikin Kopi / Mesin kopi.

Menurut penelitian mendalam tentang mesin kopi ditemukan bahwa alat ini merupakan tempat bersarangnya kuman. Penelitian tersebut dilakukan oleh CBS bersama Roman Golash, seorang ahli mikrobiologi di Loyola University, penelitian terhadap cangkir yang berisi bubuk kopi, penampungan air, dan tempat keluarnya kopi tersebut diuji. Hasilnya ditemukan semua jenis bakteri, seperti staphylococcus, streptococcus, bacillus cereus, dan E. coli pada obyek tersebut.

Gagang sikat gigi.

Jika sikat gigi disimpan di dalam kamar mandi yang juga merangkap sebagai toilet, maka sebaiknya segera dipindahkan, karena partikel mungkin tersemprot melalui udara dan hinggap ke sikat gigi Anda setiap kali Anda menyiram toilet. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Sanitation Foundation, ditemukan bahwa 64 persen dari gagang sikat gigi mengandung jamur dan ragi, dan 27 persen mengandung coliform dan 14 persennya mengandung staphylococcus.

Handuk yang digantung di belakang pintu.

Seberapa sering Anda mencuci handuk? Apakah setiap minggu? Tentu itu tidak cukup, kecuali Anda mencucinya dua kali sehari. Dalam sebuah jajak pendapat ditemukan bahwa 50 persen orang menggunakan handuk mereka setidaknya lima kali sebelum dicuci. Handuk yang jarang dicuci merupakan tempat bersarang bakteri E. coli.

Wastafel dapur / Tempat cuci piring

Tempat Kuman Bersarang - Wastafel
Wastafel merupakan salah satu tempat bersarang kuman

Dalam sebuah wawancara, Dr. Gerba mengatakan bahwa tempat cuci piring merupakan tempat paling banyak dipenuhi kuman di rumah. Sebuah penelitian menemukan bahwa 45 persen dari bak cuci dapur mengandung bakteri coliform, dan 27 persennya mengandung jamur. Untuk mencegah perkembang biakan bakteri dan jamur tersebut, maka Anda perlu melakukan desinfeksi wastafel setidaknya dua kali seminggu.

Kran.

Terkadang kita ingin membersihkan tangan yang kotor dengan memutar kran, sehingga kran tersebut dipenuhi dengan kuman. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh NSF, ditemukan bahwa 27 persen gagang kran mengandung staphylococcus, sementara 9 persen mengandung bakteri coliform. Jadi bisa dibayangkan, jangankan di toilet umum, di rumah sendiri saja yang hanya digunakan oleh beberapa anggota keluarga menjadi tempat bersarangnya banyak bakteri.

Baca juga: Tips Memakai Toilet Umum Secara aman.

Spons cuci piring.

Salah satu tempat bersarangnya kuman di rumah ialah spons cuci piring, spons cuci piring yang telah digunakan untuk membersihkan peralatan makan, terutama yang tidak dicuci setelah digunakan dan selalu dalam keadaan lembab menjadi tempat bersarangnya kuman.

Tempat makan hewan peliharaan (anjing)

Diantara 30 alat rumah tangga yang telah diteliti oleh NSF, ditemukan bahwa tempat makan hewan peliharaan, dalam hal ini anjing, merupakan tempat keempat paling banyak ditemukan kuman setelah spons, yang semua orang tahu bahwa spons menjadi tempat langsung berkumpulnya bakteri. Penelitian menemukan bahwa 67 persen dari mangkuk atau tempat makan hewan peliharaan mengandung bakteri Salmonella, dan E. Coli.

 

data-ad-format="link">
Tempat Kuman Bersarang di Rumah Post in | Last updated: October 15th, 2018 | 37 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan