Tips Mencegah Pilek dan Flu Pada Anak

Bridget Boyd (salah satu dokter di US) mengatakan; “Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah anak Anda terserang Flu adalah dengan terus mengingatkannya untuk teratur mencuci tangan, terutama sebelum makan.” Selain itu, mengajarkan anak Anda untuk menutup hidung dan mulut dengan sapu tangan saat bersin atau batuk juga sangat perlu. Menasihati sejak dini tentang menjaga kebersihan saat melakukan hal apa pun di luar. Boyd menyarankan: “Jangan menekankan perilaku buruk. Sebaliknya, katakanlah hal-hal baik, dan tidak memarahinya secara berlebih saat anak main kotor-kotor.”

Jauhkan pembersih tangan yang mudah dijangkau, terus awasi anak-anak ketika menggunakannya. “Anak yang lebih tua atau cukup umur, bisa diberi botol kecil pembersih tangan untuk dibawanya saat bepergian.” ucap Boyd. Bayi dengan usia 6 bulan ke atas bisa diberi vaksinasi flu berupa suntikan. Umumnya, anak-anak usia 2 tahun ke atas bisa menggunakan semprot hidung (kecuali mereka menderita asma). Berikan anak Anda, makanan yang mengandung banyak vitamin serta bergizi tinggi. Sering-seringlah mengkonsumsi madu, dan jangan lupa istirahat yang cukup. Orang Tua kerap merasa stres ketika anaknya sakit, padahal si kecil baik-baik saja.

Yang diperhatikan, jika kondisi si kecil memburuk atau menunjukkan gejala demam, segeralah hubungi pihak medis. Bisa jadi anak Anda terkena infeksi sekunder (telinga, sinus) dan membutuhkan Antibiotik. Antibiotik bisa digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri tetapi tidak akan berefek terhadap infeksi yang disebabkan oleh virus, yang merupakan penyebab flu. Namun perlu juga diingat bahwa semakin sering anak diberikan antibiotik, maka semakin besar kemungkinan anak terkena penyakit infeksi yang resisten terhadap pemberian antibiotika di kemudian hari.

Tips Mencegah Pilek dan Flu Pada Anak

Tips Mencegah Pilek dan Flu Pada Anak (Ilustrasi)

Kabar baik tahun ini: Beberapa anak-anak dengan alergi telur sekarang bisa mendapatkan vaksin flu. “Kami gunakan untuk memberi vaksinasi flu kepada siapa saja yang pernah mengalami reaksi terhadap telur.” kata Boyd. “Tapi sebenarnya sudah banyak anak-anak yang bisa mengatasi alergi telur secara mandiri. Jika anak Anda bisa makan telur tanpa reaksi, mereka bisa mendapatkan imunisasi secara normal.”

Demikianlah artikel mengenai Tips Mencegah Pilek dan Flu Pada Anak, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*