Tips Mencegah Sakit Kepala 1

Tips Mencegah Sakit Kepala

Jika Anda tipe orang yang sering mengalami sakit kepala, ada baiknya untuk Anda mulai mencari tau cara mencegah sakit kepala. Walaupun mungkin saja sakit kepala yang Anda alami adalah sakit kepala biasa, tapi tentunya hal tersebut dapat menggangu aktifitas Anda. Riwayat penyakit yang diceritakan oleh seorang pasien, dan pemeriksaan kondisi tubuh merupakan cara mendiagnosa penyebab sakit kepala. Ketika anda mengetahui penyebabnya, tentunya Anda dapat mulai mencegah sakit kepala tersebut.

Ketika sakit kepala terjadi, cara paling ampuh untuk meredakannya adalah mengonsumsi obat sakit kepala. Namun tahukah Anda? Bahwa tidak semua jenis obat sakit kepala cocok untuk Anda. Obat sakit kepala seperti analgesik itu sendiri hanya membantu mengurangi nyeri yang Anda rasakan sementara. Maka cara terbaik untuk mencegah sakit kepala adalah dengan mengetahui penyebabnya, dan menghindarinya.

Baca Juga:

Konsultasilah dengan dokter jika Anda kesulitan untuk menemukan penyebab sakit kepala yang Anda alami. Untuk mencegah sakit kepala, ada baiknya Anda menerapkan pola hidup sehat seperti,

  1. Mengatur pola istirahat atau tidur Anda, memastikan bahwa waktu tidur Anda cukup dan tidur Anda berkualitas.
  2. Mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi, makanan-makanan segar yang alami jauh lebih baik, karena konsumsi MSGyang berlebihan juga dapat menyebabkan sakit kepala.
  3. Pola makan yang teratur juga harus dijaga, Anda harus makan tepat pada waktunya.
  4. Olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging dan bersepeda sebaiknya dilakukan minimal seminggu 3x, untuk menopang aktifitas yang Anda lakukan. Olahraga dapat merilekskan otot-otot yang tegang bila dilakukan dengan benar.
  5. Konsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan sebaiknya dihindari.
  6. Gunakan obat sakit kepala sesuai petunjuk dokter, dan gunakanlah dengan bijak.
  7. Latihan pernafasan dalam, yoga, meditasi dan relaksasi otot dapat mencegah sakit kepala. Otot tubuh akan dibuat rileks dengan latihan penegangan dan pengenduran otot yang dilakukan terus menerus.  Buku petunjuk atau video bisa Anda cari untuk memandu Anda melakukan latihan ini sendiri di rumah.
Tips Mencegah Sakit Kepala
Tips Mencegah Sakit Kepala (ilustrasi)

Konseling dan konsultasi dengan psikolog dapat mengurangi tingkat stress yang Anda alami. Belajar selalu melihat sisi positif dari diri Anda sehingga Anda dapat terhindar dari stress yang merupakan penyebab sakit kepala. Dengan cara ini Anda dapat mencegah sakit kepala.

Hidup sehat, istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, olahraga dan rileks merupakan kunci mencegah sakit kepala.

Demikianlah artikel mengenai Tips Mencegah Sakit Kepala, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- sakit kepala seminggu 3x

data-ad-format="link">
Tips Mencegah Sakit Kepala Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 113 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *