Tanda jantung tidak sehat
Tanda jantung tidak sehat (Ilustrasi/pixabay)

Waspadai 4 Tanda Jantung Anda Tidak Dalam Keadaan Sehat 5/5 (1)

Jantung merupakan organ yang sangat vital di tubuh. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sedangkan dalam darah terdapat oksigen dan juga nutrisi yang harus disebarkan ke setiap bagian di dalam tubuh. Jadi, dapatkah anda bayangkan ketika organ jantung sedang bermasalah? Penyakit jantung memiliki beberapa jenis, yaitu: jantung koroner, gagal jantung, lemah jantung, dan sebagainya. Dari berbagai macam kategori tersebut penyakit ini termasuk penyakit yang perlu penanganan serius karena dapat menyebabkan kematian. Nah, 4 tanda berikut ini akan membuat anda menyadari bagaimana kondisi organ jantung anda?

1. Mendengkur saat tidur

Bagi kebanyakan orang yang tidak tahu, mendengkur biasanya hanya dianggap sebagai kewajaran karena terlalu nyenyak seseorang dalam tidurnya. Tapi sebenarnya mendengkur merupakan sebuah gangguan tidur atau yang disebut dengan sleep apnea. Bagi anda yang terbiasa tidur dengan mendengkur sebaiknya waspada karena di saat mendengkur akan membuat denyut jantung seseorang tidak beraturan yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan kongestif.

Tanda jantung tidak sehat
Tanda jantung tidak sehat (Ilustrasi/pixabay)

2. Nyeri dada

Nyeri pada bagian dada biasanya menjadi gejala seseorang terkena serangan jantung. Nyeri dada ini disebabkan adanya penyumbatan arteri yang membuat darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh.

3. Pembengkakan

Tanda berikutnya seseorang mengalami gangguan pada organ jantung ialah terjadinya pembengkakan di bagian tubuh, seperti: perut dan pergelangan kaki. Pembengkan tersebut karena cairan menumpuk di dalam tubuh.

4. Pusing, sesak napas dan pingsan

Apabila anda sering mengalami pusing, sesak napas, dan bahkan pingsan ketika sedang menjalani aktivitas sehari-hari, hal tersebut perlu anda waspadai. Laporan dari Journal of the American heart association menyebutkan 40% perempuan yang mengalami serangan jantung lebih dulu akan merasakan sesak napas, pusing dan juga pingsan ketika sedang beraktivitas.

Hal itu terjadi karena darah yang melalui arteri untuk membawa oksigen ke jantung tidak mencukupi. Plak yang memenuhi jantung membuat oksigen tidak dapat masuk secara normal dan akan membuat seseorang merasakan sakit saat menghirup napas dalam-dalam.

Nah, itulah 4 tanda organ jantung sedang mengalami gangguan. Segera kenali kondisi tersebut dan periksakan diri ke dokter apabila mendapatkan tanda-tanda di atas ya.

data-ad-format="link">
Waspadai 4 Tanda Jantung Anda Tidak Dalam Keadaan Sehat Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 77 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *