Cara mengusir nyamuk secara alami
Cara mengusir nyamuk secara alami

8 Cara Mengusir Nyamuk secara Alami yang Ampuh

Infosehatkeluarga.com – Cara mengusir nyamuk secara alami memang perlu diketahui oleh masyarakat. Hal ini tentu akan lebih sehat dan juga lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan menggunakan obat nyamuk. Baik itu obat nyamuk bakar, semprot, atau elektrik, semuanya mengandung racun yang sebenarnya tidak baik untuk digunakan secara terus-menerus. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa cara mengusir nyamuk yang bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami.

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih merupakan minyak tradisional yang hingga saat ini sering digunakan sebagai minyak kesehatan. Minyak ini sering dijadikan minyak oles untuk meredakan gatal-gatal, linu, hingga biasa digunakan juga sebagai penghangat badan. Minyak yang memiliki aroma ini ternyata tidak disukai oleh nyamuk dan beberapa serangga lainnya. Sehingga, tentu saja minyak kayu putih bisa membantu menghilangkan nyamuk dari dalam rumah.

Cara mengusir nyamuk secara alami
Cara mengusir nyamuk secara alami

Untuk mengusir nyamuk dengan menggunakan minyak kayu putih, diperlukan minyak kayu putih dan air bersih. Campurkan air bersih dengan minyak kayu putih. Aduk rata, kemudian masukkan dalam botol penyemprot. Semprotkan larutan minyak kayu putih pada ruang-ruang yang berpotensi menjadi tempat hinggap nyamuk. Atau bisa juga dengan memelihara tanaman kayu putih dan meletakkannya di dalam rumah.

Minyak Lavender

Bunga lavender merupakan salah satu jenis bunga yang sering dijadikan bahan esensial pengusir nyamuk di beberapa produk lotion anti nyamuk. Tidak heran, karena lavender memang memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Oleh karena itu, keberadaan aroma lavender akan sangat membantu mengusir nyamuk. Salah satunya dengan memperolehnya dari minyak lavender.

Cara ampuh mengusir nyamuk dengan minyak lavender bisa dilakukan dengan bantuan ragi. Diperlukan larutan minyak lavender yang sudah dicampur dengan ragi secukupnya. Letakkan larutan tersebut pada sebuah wadah, misalnya gelas atau mangkok. Letakkan gelas atau mangkok tersebut di ruang-ruang. Larutan itu akan berfungsi sebagai aroma terapi yang akan membantu mengusir nyamuk.

Kulit Jeruk

Selain bunga lavender, jeruk juga sering dijadikan ekstrak pengusir nyamuk di beberapa produk lotion anti nyamuk. Seperti minyak kayu putih dan minyak lavender, aroma jeruk juga tidak disukai oleh nyamuk, sehingga mendapatkan aroma jeruk di dalam rumah tentu akan membantu menghilangkan dan mencegah nyamuk.

Cara mencegah datangnya nyamuk dengan aroma jeruk bisa dilakukan dengan cara meletakkan kulit jeruk di dalam ruangan yang dikehendaki. Bisa juga dengan mengeringkan kulit jeruk terlebih dahulu sebelum meletakkannya di tempat-tempat yang berpotensi didatangi nyamuk. Aroma jeruk yang alami tersebut bukan hanya akan mengusir nyamuk, melainkan juga memberi pengharum ruangan yang baik di rumah.

Vitamin C dan Vitamin B2

Siapa bilang vitamin hanya bermanfaat jika dikonsumsi oleh manusia? Vitamin C dan B2 ternyata ampuh juga untuk mencegah datangnya nyamuk di rumah secara alami. Vitamin C dan B2 ini bisa didapatkan di apotek. Kegunaan kedua vitamin ini ialah untuk membuat lotion anti nyamuk sederhana.

Adapun cara membuatnya ialah dengan melarutkan vitamin C dan Vitamin B2. Jika vitamin berbentuk tablet, hancurkan terlebih dahulu. Jika vitamin berbentuk kapsul, buka kapsul tersebut dan ambil bagian dalamnya. Larutkan kedua vitamin dengan air. Aduk rata larutan dan oleskan ke area tubuh yang terbuka sebagai lotion anti nyamuk alami.

Lada dan Minyak Nimba

Lada yang merupakan bumbu dapur rupanya aman dan ampuh untuk mengusir nyamuk. Aroma lada yang dicampur dengan minyak nimba akan bisa mengusir nyamuk dari dalam rumah sebagai aroma terapi.

Caranya ialah dengan mencampurkan lada bubuk dengan minyak nimba seperlunya. Lalu tambahkan juga air hangat. Aduk rata campuran tersebut dan kemudian masukkan ke dalam wadah. Bisa juga dengan ditambahkan sedikit ragi. Letakkan ramuan tersebut pada ruang-ruang yang dikehendaki. Aromanya akan membantu mengusir nyamuk.

Cara mengusir nyamuk dengan serai

Selain lada, bumbu dapur lain yang bisa membantu mengusir nyamuk secara alami adalah serai. Aroma serai yang disukai oleh manusia ini ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Cara mengusir nyamuk dengan serai juga sangat sederhana.

Potong tipis serai dan kemudian meletakkannya di wadah terbuka. Letakkan serai tersebut di bawah tempat tidur atau di bagian tersembunyi lainnya. Aroma serai yang sangat dibenci oleh nyamuk itu akan membuat nyamuk enggan masuk ke ruang tersebut.

Kemangi

Daun kemangi yang sering dijadikan lalapan ternyata ampuh juga dalam mengusir nyamuk. Daun kemangi yang wangi ini bisa digunakan sebagai lotion anti nyamuk sederhana. Caranya ialah dengan meremas dauh kemangi dan mengoleskannya di area tubuh sebagai lotion anti nyamuk. Nyamuk pun akan kabur.

Atau bisa juga dengan merebus kemangi hingga mendapatkan air kemangi, lalu menggunakan air tersebut untuk menyemprot ruang-ruang yang dikehendaki. Nyamuk pun tidak akan masuk ke dalam rumah.

Bawang Putih

Sekali lagi bumbu dapur yang sering ditemui di rumah bisa dijadikan bahan alami pengusir nyamuk yang bisa dicoba, yaitu bawang putih. Bawang putih yang memiliki aroma khas dan tajam ini merupakan satu bahan alami yang bisa dijadikan obat penyemprot nyamuk.

Caranya ialah dengan menghancurkan beberapa siung bawang putih dan merebusnya di dalam air. Air rebusan bawang putih tersebut bisa dimasukkan ke dalam botol semprot. Gunakan larutan tersebut untuk menyemprot ruang-ruang yang penuh dengan nyamuk. Atau bisa juga menggunakannya sebagai lotion anti nyamuk.

Itulah beberapa cara mengusir nyamuk secara alami yang ampuh dan bisa dicoba di rumah. Jika ada alternatif kesehatan yang lebih alami, mengapa harus menggunakan bahan kimia yang belum tentu sehat? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- Minyak kayu putih nyamuk, - tanaman kayu putih anti nyamuk, - minyak kayu putih untuk usir nyamuk, - minyak kayu putih pengusir nyamuk, - minyak kayu putih mengusir nyamuk, - Minyak kayu putih mengusir, - minyak kayu putih campur air penangkal nyamuk, - minyak kayu putih anti nyamuk, - mimyak kayu putih an, - cara mengusir nyamuk dengan minyak kayu puti

data-ad-format="link">
8 Cara Mengusir Nyamuk secara Alami yang Ampuh Post in | Last updated: July 31st, 2017 | 2,157 views
Blogger dan content writer yang ingin berbagi informasi serta wawasan pada banyak orang melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *