Kiat mengatasi jerawat batu

Tahukah Anda bahwa jerawat batu tak dapat disembuhkan hanya dengan cuci muka saja, tapi perlu penanganan yang lebih serius.

Jerawat adalah musuh semua orang yang biasanya akan “tumbuh subur” saat memasuki masa puber. Oleh karena itu, hampir semua orang rela mengeluarkan biaya besar untuk menghilangkan jerawat dari wajahnya.

Sayangnya, jerawat tak berhenti muncul di masa remaja. Nah, jerawat di usia dewasa biasanya disebabkan karena wajah berminyak, bakteri, perubahan hormon akibat kehamilan dan menstruasi, kebiasaan merokok, serta faktor keturunan. Beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat dewasa adalah stres dan makanan seperti cokelat, gula, dan makanan berlemak.

2 Jenis Jerawat Yang Biasa Muncul Pada Orang Dewasa:

1. Komedo

Bintik-bintik hitam di wilayah sekitar muka terutama hidung memang dapat merusak penampilan. Biasanya komedo timbul karena bawah permukaan kulit saat berminyak (sebum) bereaksi dengan udara di sebagian pori-pori wajah terseumbat.

Namun, Anda tak perlu khawatir Anda bisa mengatasi dengan membersihkan wajah dua kali sehari menggunakan pembersih wajah. Pakai air hangat dan jangan menggosok wajah terlalu keras. Selain itu, batasi penggunaan make-up yang berlebihan karena bisa menyumbat pori-pori.

Bila ingin berdandan, pilihlah jenis make-up bebas minyak, mengandung tabir matahari (sunblock), serta tidak memicu timbulnya jerawat maupun komedo.

2. Jerawat batu

Kiat mengatasi jerawat batu
Kiat mengatasi jerawat batu (Ilustrasi/Thinkstock)

Jerawat batu adalah jerawat yang sangat dihindari oleh banyak orang. Jerawat batu terjadi karena folikel kulit tersumbat sangat dalam di bawah permukaan kulit. Jerawat jenis ini membutuhkan obat-obatan berupa pil antibiotik serta krim wajah yang mengandung retinoids.

Meski jerawat batu susah dihilangkan, Anda tetap harus menghindari menggaruk, memencet, maupun memecahkan jerawat batu karena hanya akan memperburuk jerawat dan menyisakan bekas luka.
Namun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kecantikan untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Di-review oleh dr. Silvia Veronica, SpKK
Sumber: www.meetdoctor.com

Demikianlah Kiat mengatasi jerawat batu, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- dokter sylvi veronica spkk, - dr sylvia veronica spkk

data-ad-format="link">
Kiat mengatasi jerawat batu Post in | Last updated: January 3rd, 2017 | 30 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *