kandungan madu dan manfaatnya untuk kecantikan
kandungan madu dan manfaatnya untuk kecantikan (Ilustrasi/pixabay)

Madu dan Khasiatnya Untuk Kecantikan

Madu merupakan bahan dari alam yang telah diketahui memiliki banyak khasiat sejak zaman dahulu. Para wanita bangsawan di masa lalu  seringnya menggunakan madu untuk menjaga kecantikan mereka. Madu dipercaya dapat mencerahkan wajah, menghaluskan kulit, dan menyamarkan flek hitam. Nah, berikut inilah khasiat madu untuk kecantikan:

  1. Sebagai masker wajah

Madu memiliki zat antiseptik yang dapat membasmi bakteri yang menempel pada wajah sebelum mengakibatkan peradangan di kulit yang menimbulkan jerawat. Selain itu, madu juga akan menjadikan kulit lebih halus serta mengurangi minyak berlebih. Masker madu ini cocok untuk digunakan pada semua jenis kulit.

Sebuah penelitian dari para pakar kecantikan menjelaskan bahwa masker dari campuran madu dan putih telur berguna untuk mengencangkan kulit. Mineral yang ada dalam madu maupun putih telur akan memberikan nutrisi sampai ke lapisan kulit bagian dalam.

kandungan madu dan manfaatnya untuk kecantikan
kandungan madu dan manfaatnya untuk kecantikan (Ilustrasi/pixabay)

Cara membuat masker madu cukup mudah, selain mencampurnya dengan putih telur, anda juga dapat menambahkan mentimun. Pertama-tama ambil 3 sendok makan madu, lalu campur dengan 2 sendok makan parutan mentimun, lalu campurkan pula dengan 2 sendok makan putih telur. Pastikan wajah anda telah dibersihkan sebelum menggunakan masker, baru kemudian oleskan masker madu tersebut dan diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan 2 kali dalam seminggu, hasilnya biasanya sudah mulai terlihat dalam satu bulan pemakaian.

  1. Sebagai lulur

Tak hanya bagus untuk kulit wajah, madu juga dapat anda gunakan sebagai lulur sehingga seluruh kulit tubuh akan halus berkilau. Hal itu karena nutrisi yang ada pada madu memang sangatlah lengkap. Hasil penelitian menunjukkan, di dalam madu terkandung vitamin B kompleks, vitamin C, asam amino, dekstrin, protein, senyawa ester, senyawa aromatik, dan lain-lain.

  1. Sebagai scrub

Anda dapat juga menggunakan madu sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati ini perlu dibersihkan sehingga sel kulit baru tak tertutupi yang akan menjadikan kulit wajah nampak lebih cerah. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok teh madu dan sedikit tepung almond. Letakkan di telapak tangan, lalu gosokkan secara perlahan pada wajah, setelah itu basuh dengan air hangat.

Nah, itulah informasi tentang madu dan khasiatnya untuk kecantikan kulit. Jadi bagaimana, berniat menggunakan madu untuk perawatan kulit cantik anda?

data-ad-format="link">
Madu dan Khasiatnya Untuk Kecantikan Post in | Last updated: December 29th, 2016 | 64 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *