Mencegah Perut Buncit
Mencegah Perut Buncit (Ilustrasi/wikimedia)

13 Tips Agar Terhindar Dari Perut Buncit

Perut buncit sudah tidak asing lagi kita dengar, kita lihat dan kita bahas bersama. Seseorang yang mengalami perut buncit sering merasa sangat tidak PEDE dengan dirinya. Menggunakan obat A, B, sampai Z agar bisa memiliki perut yang normal atau ideal. Padahal memakai obat itu sebenarnya tidak baik bagi kesehatan kalau digunakan dalam jangka panjang. Mungkin dengan obat-obatan bisa mengecilkan perut, akan tetapi harus diketahui bahwa penggunaan obat dalam jangka panjang, terlebih lagi untuk mengecilkan perut tidak bisa dilakukan dengan instan atau dalam beberapa hari saja. Penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang akan berakibat ke ginjal dan hati, dimana obat-obatan akan meninggalkan residu yang justru akan menjadi toksin bagi tubuh.

Perut buncit tidak memandang gender, baik itu pria maupun wanita. Kalau menurut pengalaman penulis, orang yang menderita perut buncit sering kali menjadi perhatian, perhatian dalam arti sebagai bahan ledekan. Mungkin hal ini salah satu penyebab orang yang menderita perut buncit menjadi tidak PEDE. Perut buncit dapat menyebabkan berat badan menjadi lebih tinggi, yang kita kenal dengan nama obesitas. Seperti yang diketahui, kelebihan berat badan (obesitas) dapat mengundang penyakit lain seperti sakit lutut, diabetes, kolesterol, hipertensi, asam urat, serangan jantung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mencegah Perut Buncit
Mencegah Perut Buncit (Ilustrasi/wikimedia)

“Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum, sampai mereka merubah dirinya sendiri” (Arrad : 79). Dari ayat tersebut sudah sangat jelas artinya, kalau mau berusaha untuk berubah, berusahalah dengan usaha yang sesungguhnya. Tidak ada yang tidak mungkin dilakukan untuk mengecilkan perut, asalkan mempunyai tekat yang kuat untuk berubah. Benar atau tidak ????

Mungkin banyak orang yang tidak tahu apa penyebab perut buncit. Baiklah, disini kita akan membahas apa saja sih yang jadi sebabnya.

  • Sering makan pada tengah malam. Makan pada tengah malam dapat menyebabkan bertambah berat badan, karena kalori yang ada lebih besar dari pada aktivitas. Hal ini sama dengan langsung tidur setelah makan.
  • Meminum alk0hol. Alk0hol atau sejenisnya berpotensi menyebabkan perut buncit karena dalam minuman tersebut terdapat kandungan gula yang cukup banyak. Dengan kata lain, gula atau sesuatu yang manis-manis yang mengandung unsur gula dapat meningkatkan berat badan dan perut buncit.
  • Jarang olahraga. Kenapa jarang olahraga dapat menyebabkan perut buncit ??. Jawabannya ialah “karena lemak yang ada di dalam tubuh tidak mengalami pembakaran”. Hal ini juga berkaitan erat dengan duduk yang terlalu lama setelah makan.
  • Makan terlalu banyak bisa menyebabkan perut buncit, terlebih lagi kalau makanan itu mempunyai gula cukup banyak dan berlemak.

Itulah beberapa penyebab perut buncit. Setelah penyebab, pasti ingin tahu bagaimana solusi untuk menghindari atau mengecilkan perut buncit. Di sini akan kita bahas bersama, inilah tips untuk menghindari atau mengecilkan perut buncit :

  1. Bagi anda yang sering makan malam, baik itu makanan berat , makanan ringan atau makanan siap saji. Maka,” BERHENTILAH”, ubah pola makan menjadi tiga kali sehari, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam sebelum jam 6 sore.
  2. Berhenti mengonsumsi minuman beralk0hol. Berhenti secara cepat mungkin tidak mudah, tapi bisa dilakukan dengan cara bertahap, yaitu dengan mengurangi porsinya setiap hari.
  3. Kurangi makanan yang mengandung gula atau pemanis.
  4. Kurangi makanan yang berlemak dan penyebab kolesterol. Misalnya gorengan, minyak, jeroan, margarine atau mentega, kuning telur, kue-kue, biskuit, dan masih banyak lagi lainnya.
  5. Olahraga, setidaknya dengan jalan santai. Berjalan pas waktu mau ke rumah teman, kerabat, atau saat kerja bagi anda yang tempat kerjanya tidak terlalu jauh. Lari, push-up, shit-up, bersepeda atau gowes, epliptical trainer, dan lain-lain.
  6. Makan sedikit-sedikit tapi waktunya diatur lebih bagus dari pada makan dalam porsi besar.
  7. Tidur yang cukup. Ternyata kurang tidur dapat membuat kita makan lebih banyak. Tidur 7  jam di malam hari merupakan solusi terbaik untuk mengecilkan perut buncit.
  8. Vitamin C dapat membantu mengecilkan perut buncit, karena vitamin C dapat membuat karnitin. Karnitin merupakan senyawa yang digunakan tubuh untuk mengubah lemak menjadi bahan bakar.
  9. Konsumsi buah alpukat, alpukat merupakah buah yang kaya serat lemak tak jenuh tunggal.
  10. Teh hijau dapat mengurangi kelebihan lemak.
  11. Brokoli banyak mengandung serat tinggi, rendah kalori dan kalsium, membantu menghilangkan lemak perut.
  12. Strawbery, yogurt dapat membantu menghilangkan lemak dan mengecilkan perut.
  13. Daging ikan laut, omega 3 yang terkandung dalam daging ikan laut dapat menurunkan berat badan dan omega 3 sering juga dipakai untuk terapi kolesterol.

INGAT !!! Makanlah sesuai dengan aturan, jangan berlebihan dan yang paling penting adalah menjaga pola hidup, dokter dan obat bisa di nomor dua atau nomor tiga.

Demikianlah 13 Tips Agar Terhindar Dari Perut Buncit, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- papsmear, - pola makan agar terhindar dari perut buncit, - cara agar terhindar dari perut buncit, - tips agar terhindar dari perut buncit, - pola makan terhindar perut buncit, - makanan yang baik agar terhindar perut buncit, - bagaimana agar terhindar dari perut buncit, - Cara menghindari perut buncit, - tips terhindar perut buncit, - makanan agar terhindar dari perut buncit
data-ad-format="link">
13 Tips Agar Terhindar Dari Perut Buncit Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 408 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *