4 Cara Mengatasi Kesulitan Makan Terhadap Anak

Kesulitan makan merupakan sebuah masalah yang sangat mendasar dan seringkali terjadi pada anak-anak. Terkadang ketika seorang anak sulit mengunyah makanan turut membuat kita menjadi sedih dan resah. Sejak saat itu, kita biasanya mencoba melakukan berbagai cara seperti memberikan vitamin untuk menambah nafsu makan dan mencari makanan favorit anak setiap hari. Hal-hal gangguan makan terhadap anak juga menarik minat kami untuk membuat sebuah artikel tentang beberapa tips dalam mengatasi anak susah makan. Berikut ini adalah rinciannya.

4 Cara Mengatasi Kesulitan Makan Terhadap Anak

Mengatasi kesulitan makan pada anak

Mengatasi kesulitan makan pada anak (Ilustrasi/pixabay)

  1. Menyajikan makanan dengan porsi kecil

Mungkin anak tidak menyukai ukuran porsi makanan yang anda siapkan. Banyak anak yang hilang selera setelah melihat porsi yang cukup besar. Jadi, cobalah untuk memberikan sedikit makanan sehingga anak bisa makan lebih cepat dan tidak bosan dengan makanan yang dibeli diluar

2. Kebersamaan dengan Keluarga

Jangan biarkan anak-anak makan sendiri dan kita perlu menciptakan suasana kebersamaan di saat makan. Misalnya, kamu dan suami sudah berada di meja makan untuk makan bersama-sama. Dengan suasana kebersamaan inilah membuat nafsu makan perlahan-lahan menjadi doyan.

3. Menyediakan makanan ringan yang sehat

Salah satu hal yang menjadi perhatian oleh orang tua adalah perkembangan anak jika ia tidak ingin makan. Tentu saja, ketika anak-anak rewel karena tidak doyan makan maka pertumbuhannya akan terhambat. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan mencoba memberikan makanan ringan yang sehat dan bergizi. Memberikan makanan ringan yang bergizi dan sehat itu contohnya kacang-kacangan, buah kering dan roti yang bernutrisi.

4. Makanan dengan kemasan yang berkualitas dan bergizi

Mungkin, ia membutuhkan berbagai variasi makanan agar nafsu makannya tetap tidak terhenti. Misalnya saja, kamu bisa memberikan bayam pada hari pertama, brokoli pada hari kedua dan kemudian ayam di hari berikutnya. Berbagai variasi makanan merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah anak-anak dari rasa bosan dan keinginan untuk tidak makan.

Namun, ada satu hal lagi yang dapat memicu nafsu makan anak semakin doyan dengan hidangan makanan yang menarik pula. Sebagai contoh, kamu bisa mengkreasikan wortel dengan membentuk bintang atau benda unik untuk dimasak. Dengan cara itulah anak-anak pasti akan tertarik dan diyakini bisa meningkatkan nafsu makan.

Mudah-mudahan, beberapa kiat mengatasi kesulitan makan terhadap anak di atas nantinya dapat membantu kalian semua.

 

 

Leave a Reply

*