Efek Mengikat Rambut Terlalu Kencang dan Sering
Efek Mengikat Rambut Terlalu Kencang dan Sering

4 Efek Mengikat Rambut Terlalu Kencang dan Sering

Mengucir / mengikat rambut memang sering dilakukan oleh orang-orang yang memiliki rambut panjang, baik itu pria maupun wanita. Selain dinilai praktis dan memungkinkan untuk bergerak bebas, mengucir rambut juga memberi kesan muda dan menghilangkan rasa gerah yang sering menghinggapi pemilik rambut panjang. Di sisi lain, mengucir rambut juga menjadi trend tersendiri dalam hal hair style, khususnya di kalangan perempuan.

Efek Mengikat Rambut Terlalu Kencang dan Sering
Efek Mengikat Rambut Terlalu Kencang dan Sering

Di masa sekarang, banyak kaum perempuan yang memakai hijab dalam kesehariannya seiring dengan meningkatnya peran hijab sebagai trend gaya hidup. Perempuan dalam memakai hijab tidak menutup kemungkinan mempunyai rambut panjang. Untuk memudahkan penataan rambut dalam pemakaian hijab, kebanyakan perempuan akan mengucir/ mengikat rambutnya. Biasanya ikatan rambut ini bersifat sangat kuat agar tahan lama dan tidak mudah lepas ketika menggunakan hijab.

Namun tahukah Anda, jika mengikat rambut berlama-lama dan bersifat kuat akan sedikit mengganggu kesehatan kita. Biasanya orang akan mengalami pusing pada kepala bagian belakang ketika ikatan rambut terlalu kuat. Hal ini karena rambut yang tertarik terlalu kencang akan menegang sehingga membuat kepala menjadi pusing. Selain itu, mengikat rambut terlalu sering, lama, dan kencang juga akan membuat rambut rusak.

Ada banyak dampak yang disebabkan oleh ikatan rambut yang terlalu kuat maupun lama. Baik itu dampak kesehatan tubuh maupun rambut sebagai mahkota wanita. Tentunya dampak ini bersifat negatif atau merugikan. Berikut beberapa hal yang dapat terjadi sebagai dampak mengikat rambut terlalu kencang dan lama.

1. Mengganggu saraf dan menyebabkan pusing.

Karena rambut ini bersifat menempel pada kulit kepala, sehingga saat mengikat rambut otomatis kulit kepala akan tertarik, demikian pula dengan kulit wajah. Jika hal ini dilakukan setiap hari atau dilakukan secara rutin tentu lama-kelamaan akan mengganggu saraf dan menyebabkan pusing di kepala.

2. Rambut menjadi rapuh dan rontok

Mengikat rambut merupakan suatu aktivitas yang memaksa/ mengekang rambut. Dengan mengikatnya, rambut tidak leluasa atau tidak bebas. Pada dasarnya rambut ini harus diperlakukan secara lembut. Sehingga jika rambut yang seharusnya diperlakukan lembut tersebut, setiap hari diikat, hal ini akan menyebabkan rambut menjadi rapuh. Kemudian saat melepas ikatan yang terlalu kencang akan disertai dengan rontokan rambut. Hal ini mengindikasikan bahwa selain membuat rambut menjadi rapuh, mengikat rambut terlalu kencang dan sering juga membuat rambut rontok.

3. Membuat rambut lurus menjadi bergelombang

Mengikat rambut terlalu kencang dan sering akan meninggalkan bekas ikatan yang membuat rambut menjadi bergelombang. Hal ini akan sangat terasa pada rambut yang lurus.

4. Proses pertumbuhan rambut menjadi terganggu

Reaksi yang konstan dapat menyebabkan peradangan di sekitar folikel rambut. Lama-kelamaan tidak hanya folikel rambut yang rusak, namun juga mengganggu pertumbuhan rambut baru.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- efek mengikat rambut terlalu kencang, - akibat sering mengikat rambut, - efek rambut panjang, - pusing karena rambut panjang, - efek mengikat rambut, - akibat terlalu sering mengikat rambut, - rambut panjang bikin pusing, - efek rambut sering diikat, - apa pengaruh ikat rambut bisa menyebabkan sakit kepala, - apa akibat mengikat rambut dengan lama

data-ad-format="link">
4 Efek Mengikat Rambut Terlalu Kencang dan Sering Post in | Last updated: January 3rd, 2017 | 10,108 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *