Pantangan makanan penderita tipes
Pantangan makanan penderita tipes (Ilustrasi/pixabay)

4 Makanan yang Harus dihindari Penderita Tifus

Penderita tifus memerlukan penanganan yang penuh ketaletanan. Selama sakit, penderita hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan yang halus seperti bubur. Penderita juga diwajibkan bedrest atau berisitirahat total dan kalau perlu melakukan rawat inap di rumah sakit. Selain itu, bagi penderita tifus anda juga perlu menghindari 4 makanan ini sehingga sakit yang dialami tidak semakin memburuk:

4 Pantangan makanan penderita tipes

1. Makanan pedas

Makanan pedas apabila dikonsumsi oleh orang yang sehat saja akan berefek panas di perut. Apalagi jika penderita tifus mengonsumsinya, hal tersebut dapat berdampak buruk. Luka yang ada pada usus karena bakteri salmonella typhi saat tifus jika mendapatkan makanan pedas akan mengalami pembengkakan atau bahkan pendarahan. Jika seperti ini proses sembuh akan menjadi semakin lama dan bisa juga mengalami hal yang lebih buruk.

Pantangan makanan penderita tipes
Pantangan makanan penderita tipes (Ilustrasi/pixabay)

2. Makanan berlemak

Makanan yang mengandung lemak akan lebih lama dicerna tubuh dibandingkan makanan berkabohidrat. Itu karena karbohidrat sudah mulai dapat dicerna sejak dari mulut dan lambung, sementara makanan berlemak baru akan dicerna setelah sampai ke usus. Saat penderita tifus mengonsumsi makanan berlemak padahal saat itu ususnya sedang bermasalah, akan memaksa organ usus untuk tetap bekerja. Proses kerja usus yang terlampau keras tersebut dapat mengakibatkan pendarahan.

3. Kopi

Mengonsumsi kopi dapat menyebakan meningkatnya asam lambung. Bagi penderita tifus yang sedang terluka ususnya, meningkatnya keasaman lambung akan memperparah keadaan. Lapisan-lapisan mukosa usus dapat tergerus karena sifat asam yang tinggi dan memungkinkan terjadinya pendarahan di usus.

4. Minuman bersoda

Karbonasi pada minuman bersoda juga dapat meningkatkan asam lambung seperti halnya kopi. Karena itulah minuman ini juga harus anda hindari jika sedang terkena tifus. Sifat asam yang berlebihan di usus yang masih terdapat luka tentu akan membuat perih. Jika pendarahan sampai terjadi akan menjadi hal fatal bagi penderita tifus.

Nah, itulah 4 makanan yang harus dihindari ketika sedang memiliki penyakit tipes. Pilihlah makanan sehat dan mudah dicerna sehingga tidak memberatkan kerja usus. Di samping untuk menjaga luka supaya tidak semakin parah, tentunya juga agar memperoleh kesembuhan lebih cepat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- pantangan makanan penderita tipes, - pantangan sakit tipes, - pantangan tipes, - pantangan penyakit tipes, - pantangan makanan sakit tipes, - pantangan penderita tipes, - makanan pantangan tipes, - pantangan penderita typus, - pantangan makanan untuk penderita tipes, - pantangan penyakit typus

data-ad-format="link">
4 Makanan yang Harus dihindari Penderita Tifus Post in | Last updated: August 18th, 2016 | 2,965 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *