Penyebab kulit cepat keriput
Penyebab kulit cepat keriput

5 Kebiasaan Sepele Ini Sebabkan Kulit Kamu Cepat Keriput

Kebiasaan Sepele Yang Menyebabkan Kulit Cepat Keriput

Penyebab kulit cepat keriput
Penyebab kulit cepat keriput (Ilustrasi/pixabay)

“Secantik apapun selagi muda, toh kalau sudah tua akan keriputan juga”, mungkin kamu sering mendengar kata-kata tersebut. Emang sih menjadi tua adalah suatu masa yang pasti akan kita lewati dalam hidup. Mau nggak mau kita kita pasti akan melewatinya. Jadi, kulit keriput adalah sesuatu yang alami dan pasti akan dimiliki oleh setiap orang.

Kulit keriput karena faktor usia, itu sangat wajar. Semakin tua semakin berubah kulit manusia. Bagaimana kalau masih muda atau pengeriputan sebelum waktunya? Ini tentu bukan hal yang wajar lagi karena seharusnya masih mulus dan kencang tapi keriput seperti orang tua.

Tentu tidak ada satu pun diantara kita yang senang ketika kulitnya mengalami keriput lebih cepat dibanding orang lain. Seyogianya, kulit berkeriput tidak hanya bisa disebabkan oleh faktor usia saja. Kita yang masih muda pun ternyata bisa mempunyai kulit berkeriput. Dalam istilah kecantikan hal ini disebut penuaan dini.

Kenapa penuaan dini yang menyebabkan kulit berkeriput bisa terjadi pada kita? Mungkin kita sudah pernah mendengar beberapa faktor kenapa kulit cepat keriput diantaranya kurang minum air putih, kafein pada rokok, alkohol, terlalu banyak konsumsi glukosa, atau kurang konsumsi vitamin dan mineral. Namun ada juga kebiasan-kebiasaan tertentu yang bisa memicu terjadinya pengeriputan pada kulit.

Mungkin kebiasaan-kebiasaan tersebut kita anggap sepele dan selama ini kita anggap tidak ada pengaruhnya untuk kecantikan, tapi siapa sangka justru kebiasaan tersebut malah membuat kamu menua sebelum waktunya. Wah, apa saja sih kebiasaan tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kebiasaan-kebiasaan sepele yang dipercaya bisa membuat kulit cepat keriput :

5 Kebiasaan Sepele yang Sebabkan Kulit Kamu Cepat Keriput

  1. Terlalu sering cuci muka dengan pembersih wajah

Tujuannya sih agar wajah selalu bersih dan bebas dari minyak, kotoran atau bakteri penyebab jerawat, tapi siapa sangka ternyata hal tersebut malah berpotensi untuk membuat kulit kita keriput sebelum waktunya. Kenapa demikian? Terlalu sering mencuci muka dengan pembersih wajah membuat minyak alami pada wajah menjadi terus terangkat dan tidak tersisa karena selalu dicuci.

Sebagaimana kita tahu, pembersih wajah umumnya mengandung zat yang berfungsi untuk mengangkat kelebihan minyak pada wajah. Nah, jika digunakan terlalu sering bukannya mengangkat kelebihannya saja, tapi malah akan menghabiskan atau mengangkat semua minyak alami yang ada. Akibatnya, kulit menjadi kering, sehingga mudah teriritasi dan keriput.

Namun, bagi yang muslim, tidak perlu khawatir karena harus mencuci wajah berkali-kali saat berwudhu. Sebab yang dimaksudkan di sini adalah mencuci wajah dengan pembersih wajah. Kalau air biasa saja, tidak masalah. Malah makin bagus.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah kualitas air. Meskipun tidak sering menggunakan pembersih wajah dan pakai air putih saja, kalau mencuci wajah dengan air yang kotor dan limbah pabrik berbahan kimia berbahaya tentu bukan membuat kulit bertambah bersih. Sebaliknya, wajah malah makin kotor dan bisa saja lebih cepat membuat kulit menua dibanding memakai pembersih wajah setiap saat.

 2. Posisi tidur tengkurap

Pernahkah kamu memperhatikan cara kamu tidur? Sebagian besar kita lebih suka tidur dengan gaya yang membuat kita nyaman dan senang. Bisa dikatakan, kita tidur seenaknya saja posisinya.

Dalam kesehatan secara umum, sudah sering dibahas bagaimana posisi tidur yang bersahabat dengan kesehatan. Beberapa posisi tidur dianjurkan untuk mendukung agar kita semakin fit dan sehat.

Jika posisi tidur dikaitkan dengan kesehatan badan, mungkin tidak terlalu aneh tetapi kalau posisi tidur mempengaruhi kecantikan kulit, pasti kedengaran aneh. Ternyata posisi tengkurap malah membuat kulit menjadi lebih buruk.

Nah, buat kamu yang biasa tidur tengkurap maka mulai hari ini cobalah untuk merubah kebiasaan tersebut karena ternyata tidur tengkurap bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini yang mengakibatkan wajah keriput.

Kenapa demikian? Saat kita tidur tengkurap otomatis wajah kita menempel pada bantal. Hal tersebut akan menimbulkan bekas garis-garis pada wajah serta membuat kulit wajah menjadi menipis. Lama kelamaan hal tersebut bisa mengakibatkan keriput. Kelihatannya sangat sepele dan tidak mungkin ya. Tetapi ternyata hal yang sepele berdampak besar kalau telah menjadi rutinitas.

3. Memakai bulu mata palsu

Bulu mata palsu akrab dengan wanita tetapi para pria juga ada yang menggunakannya. Sekilas, kita mungkin merasa tidak ada masalah dengan bulu mata apalagi hubungannya dengan kulit keriput.

Untuk menunjang kecantikan mata, kita para wanita biasanya suka sekali memakai bulu mata palsu dalam berbagai kesempatan. Sadarkah kamu, terlalu sering memakai bulu mata palsu membuat kelopak mata kita mengendor, alhasil mata akan cepat sekali berkeriput. Semakin sering kelopak mata mengendor, semakin besar kesempatan kulit mengalami penuaan dini.

Untuk itu kurangilah menggunakan bulu mata palsu terlalu sering jika tidak ingin wajahmu berkeriput lebih awal. Gunakanlah bulu mata palsu pada moment-moment tertentu saja. Namun, jalan terbaik adalah tetap menjaga bulu mata yang asli sehingga tidak perlu memakai bulu mata palsu. Sesuatu yang palsu belum tentu lebih baik dari yang original lho.

4. Kebiasaan memencet jerawat

Meski sudah banyak sekali peringatan untuk tidak memencet jerawat karena bisa menimbulkan bekas, namun tangan kita terkadang masih jahil saja untuk melakukan hal tersebut. Kesal melihat jerawat berhabitat di wajah, kita terdorong malah main pencet saja padahal hal ini bisa menimbulkan bekas yang susah hilang.

Apakah ada hubungan antara kebiasaan memencet jerawat dengan kulit keriput? Biasanya, memencet jerawat dilarang karena dikhawatirkan akan menimbulkan bekas yang sulit hilang atau malah membuat infeksi serius pada kulit. Jarang sekali kita mendapatkan informasi kalau ternyata kebiasaan memencet jerawat juga ada hubungannya dengan penuaan dini.

Tidak hanya bekas saja yang ditimbulkan, memencet jerawat juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Iritasi tersebut biasanya akan meninggalkan bekas berlubang dan garis-garis. Hal tersebut pada akhirnya bisa berubah menjadi keriput dan cepat menua. Makanya, kita selalu diperingatkan untuk tidak memencet jerawat.

5. Cara memakai eye liner

Hampir semua wanita menggunakan eye liner untuk mempercantik matanya. Namun, mungkin hanya sedikit wanita yang pernah mendengar kalau memakai eye liner berkorelasi dengan kulit keriput.

Bagaimana caramu memakaikan eye liner pada bagian bawah mata? Hampir semua kita memakainya dengan cara menarik mata ya? Tahukah kamu? Hal tersebut ternyata bisa membuat wajah kita cepat keriput. Kenapa? Pada saat menarik bagian bawah mata, otomatis akan terjadi kerutan di sana. Jika hal ini dilakukan berulang-ulang kali maka bagian kulit sekitar mata akan mengendor dan lama-lama akan keriput.

Nah, kebiasaan mana yang paling sering kamu lakukan? Mungkin kamu terkaget-kaget dengan daftar kebiasaan sepele yang bisa membuat kulit cepat keriput di atas. Percaya atau tidak semuanya tergantung pada masing-masing orang. Jika kamu percaya dan bisa diterima logika, tidak ada pilihan selain mengurangi kebiasaan sepele di atas agar kulit tidak mengalami penuaan dini.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- sesuatu yg mmbuat kulit wajah keriput, - kebiasaan Bikin kulit cepat keriput, - kata secantik appun tua juga, - kata akan menjadi keriput dan tua, - hal spele yang dapat menyebabkan wajam mengalami penuan dini, - cara menghilangkan keriput, - bulu mata bisa berubah ga saat kita tua, - apakah tidur tengkurap dapat menyebabkan jerawat, - apakah setiap hari cuci muka bisa membuat muka kita jadi keriput?, - Transfer faktor 4life untuk hilangkan keriput dan gemuk badan

data-ad-format="link">
5 Kebiasaan Sepele Ini Sebabkan Kulit Kamu Cepat Keriput Post in | Last updated: January 3rd, 2017 | 203 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *