5 Rahasia Murah dan Alami Untuk Masker Kecantikan Wajah Anda

Kesehatan dan kecantikan merupakan faktor yang identik dengan wanita. Banyak wanita bahkan rela menghabiskan banyak duitnya untuk mendapatkan kecantikan yang diidam-idamkan oleh kebanyakan wanita. Beberapa kepuasan tersebut seperti memutihkan wajah, mengencangkan wajah, membuat kulit halus, dan membersihkan jerawat.

Membuat masker wajah alami

Membuat masker wajah alami (Ilustrasi/pixabay)

Namun, memilih Bahan Bahan yang Murah dan Alami Untuk Kecantikan Wajah Anda tidak segampang yang diperkirakan. Kebanyakan bahan bahan kecantikan di pasaran merupakan bahan yang mengandung zat kimiawi yang mungkin bisa menyebabkan efek samping.
Jadi penggunaan bahan bahan alami sangat dianjurkan karena lebih aman dan sehat. Berikut bahan-bahan alami yang bisa dijadikan sebagai masker kecantikan anda.

1. Beras

Siapa yang tidak kenal beras? Bahan pangan pokok bagi mayoritas masyarakat Asia ini telah menjadi bahan alami untuk kecantikan yang digunakan sejak dahulu. Beras merupakan bagian dari bulir padi yang telah dibersihkan dari sekam (kulit padi). Beras yang digunakan ialah beras umum yang dikonsumsi, bukan beras yang berasal dari padi ketan atau yang biasa disebut ketan.

Selain kandungan karbohidrat yang menjadi bahan pangan, beras juga mengandung vitamin E dan B yang digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Asam ferulat yang dikandungnya berfungsi sebagai antioksidan untuk pencegahan kulit dari paparan sinar matahari. Terakhir, beras juga mengandung Oryzanol yang membantu pembaharuan pigmen melanin kulit.

Cara membuat masker beras Murah dan Alami Ini yakni sediakan tiga sendok beras. Kemudian rendam di dalam air bersih selama semalam penuh. Setelah tekstur beras berubah lembek, tumbuk beras hingga halus. Kumpulkan dalam satu wadah dan jemur hingga kering sampai berubah bentuk menjadi tepung beras.
Tepung beras yang sudah kering bisa ditambahkan dengan madu atau minyak zaitun sebagai bahan cairan masker. Olesi masker beras ke seluruh wajah sebelum tidur. Lakukan setiap malam selama seminggu dan rasakan perbedaan kulit wajah anda yang semakin halus dan cerah.

2. Tanah Liat Bentonit

Tanah liat bentonit merupakan tanah yang berasal dari proses abu vulkanik. Bahan tanah ini banyak digunakan untuk pembuatan keramik, semen maupun industri kosmetik. Tanah bentonit ini memiliki khasiat untuk mencerahkan wajah dan mencegah penuaan dini.

Anda bisa mendapatkan bahan tanah liat bentonit ini di toko pertanian dan toko bunga segar yang menjual bahan tanah. Dengan harga yang relatif lebih murah, anda sudah bisa merawat wajah tanpa perlu mengeluarkan duit yang berlebih.

Seperti masker beras, masker bentonit ini juga dicampur dengan air. Satu sendok bentonit dicampur dengan air secukupnya hingga membentuk adonan pasta yang cukup kental. Gunakan masker ini untuk perawatan wajah setiap hari. Selain sebagai pembersih wajah, masker ini juga bisa membersihkan bekas flek hitam bekas jerawat atau bisul.

3. Buah-Buahan

Selain untuk dikonsumsi bagian dagingnya, buah juga banyak digunakan untuk bahan masker yang murah dan mudah didapat. Kandungan aneka vitaminnya mampu membuat kulit wajah lebih halus dan mendapatkan kandungan nutrisi yang baik untuk sel-sel kulit wajah.

Masker yang biasa digunakan berasal dari buah buah seperti Avocado, pepaya, tomat, jeruk nipis, bengkuang, mengkudu dan masih banyak lagi. Caranya, pertama tentukan dulu cara menghaluskan daging buahnya. Bila teksturnya halus seperti avocado dan pepaya, cukup menghancurkannya dengan mengaduk menggunakan sendok hingga halus. Kemudian diamkan selama 15-30 menit. Jika terkstur agak keras seperti nenas, bengkoang atau wortel, anda bisa menghaluskan menggunakan blender. Setelah halus kemudian oleskan di sekitar wajah anda hingga merata dan tunggu hingga kering. Jangan lupa bersihkan sisa masker yang masih melekat menggunakan air bersih mengalir. Ucap menggunakan handuk bersih.

4. Belerang (Sulfur)

Salah satu bahan mineral yang digunakan untuk produk kecantikan ialah sulfur atau biasa kita sebut sebagai belerang. Belerang yang digunakan untuk masker bukan sembarang belerang. Tapi belerang yang sudah dicampur dengan bahan-bahan lain. Belerang merupakan bahan vulkanik yang banyak ditemukann di daerah pegunungan. Khasiat belerang untuk kesehatan kulit memang sangat banyak, seperti mengobati masalah gatal-gatal, jerawat serta menghilangkan penyakit kulit seperti panu, kadas, kutu air, kurap maupun penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur lainnya.
Kebanyakan dari kita mungkin kurang menyukai aroma busuk yang ditimbulkan dari belerang. Namun kalau sudah tahu manfaat belerang untuk kesehatan kulit, masih berpikir untuk menghindari perawatan masker kulit belerang?

5. Serbuk Cokelat dan Kopi

Masker yang berasal dari biji kopi dan cokelat lebih bermanfaat bagi wajah lembab atau berminyak. Cokelat dan kopi bisa meminimalisir kandungan minyak yang berlebih dari wajah yang dapat menyebabkan lengketnya kotoran dan menjadi tempat bakteri dan jamur berkembang biak.
Untuk petunjuk pembuatannya, serbuk kopi dan cokelat masing-masing sesuai takaran dicampur dengan susu atau madu alami tanpa campuran gula. Perlu diketahui bahwa serbuk kopi dan cokelat mesti tidak tercampur dengan bahan pemanis lain. Setelah adonan masker sudah jadi, anda tinggal mengolesinya ke seluruh permukaan wajah anda. Biarkan lebih kurang 15 menit sampai masker benar-benar kering. Bilas menggunakan air bersih mengalir dan usap dengan handuk bersih untuk memberikan sensasi aroma terapi dari aroma khas cokelat dan kopi..

Demikian artikel mengenai 5 Rahasia Murah dan Alami Untuk Masker Kecantikan Wajah Anda. Untuk jadi cantik dan sehat tidak perlu mengeluarkan duit yang banyak bukan? Jadi cobalah menggunakan masker berbahan dasar alami yang murah dan menyehatkan ini di rumah anda!

Leave a Reply

*