Cara merawat kulit wajah berminyak
Cara merawat kulit wajah berminyak (Ilustrasi/pexels)

8 Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Kulit yang berminyak begitu rentan ditumbuhi jerawat. Apalagi ketika aktivitas hormon sedang naik. Pada kulit berminyak, kelenjar lemak menghasilkan minyak dan keringat berlebih. Akibatnya, pori-pori kulit dapat tersumbat dan menjadi kotoran yang menimbulkan tumbuhnya jerawat. Timbunan lemak pada permukaan kulit menjadi santapan lezat bagi para kuman dan bakteri pecinta lemak. Sehingga, kulit menjadi sarang bakteri dan kuman jahat penyebab masalah kulit.

Kulit berminyak ditandai dengan kulit yang nampak mengkilat dan kusam. Selain itu, sering terdapat jerawat pada kulit berminyak. Dan kita dapat merasakan minyak pada kulit wajah. Kulit berminyak disebabkan karena beberapa faktor, antara lain faktor genetika, pola makan yang tidak sehat, meningkatnya jumlah hormon, dan efek obat-obatan tertentu seperti pil KB. Meningkatnya jumlah hormon sering terjadi di kala kita baru menginjak usia remaja. Selain itu, hormon pada wanita akan meningkat ketika akan memasuki masa menstruasi.

Cara merawat kulit wajah berminyak
Cara merawat kulit wajah berminyak (Ilustrasi/pexels)

Cara mengatasi kulit berminyak ialah dengan mengurangi intensitas minyak yang dikeluarkan oleh kelenjar lemak atau dengan membersihkan minyak di permukaan kulit. Namun, ketika melakukannya kita harus hati-hati agar tidak berlebihan. Karena kurangnya intensitas minyak pada kulit malah bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, kita harus seimbang dalam merawat kulit agar tidak terlalu kering dan tidak terlalu lembab.

Proses Terbentuknya Jerawat

Kita sering mendengar dan melihat jerawat. Namun, apakah kalian tahu bagaimana proses terbentuknya jerawat? Jerawat disebabkan karena suatu bakteri yang dapat merubah bentuk lemak cair menjadi lemak padat. Lemak padat yang terdapat pada pori-pori kulit menghalangi sirkulasi udara menuju ke pori-pori kulit. Dari situlah jerawat terbentuk.

Sedangkan untuk rasa gatal yang sering timbul ketika berkeringat disebabkan karena jamur. Benang-benang jamur lebih mudah memasuki jaringan kulit ketika kulit sedang dalam kondisi basah. Kehadiran benang-benang itulah yang dapat menghadirkan sensasi gatal di kulit.

Kulit berminyak dapat kita atasi dengan cara berikut ini:

  1. Diet makanan yang mengandung banyak lemak, gula serta garam. Sebagai gantinya, perbanyaklah mengonsumsi vitamin serta mineral.
  2. Sebaiknya, pergunakan sabun wajah yang berbahan alami tanpa menggunakan campuran alkoh*l.
  3. Gunakan air hangat untuk membasuh wajah.
  4. Gosok lembut wajah Anda ketika membasuhnya. Sentuhan yang kasar dapat menghilangkan minyak, namun dapat menyebabkan timbulnya masalah baru yaitu kulit kering.
  5. Jangan terlalu sering membersihkan wajah menggunakan sabun permbersih. Sebaiknya gunakan sabun pembersih hanya sekali dalam sehari.
  6. Gunakan pelembab khusus kulit berminyak.
  7. Memakai pelembab dengan bahan alamiah.
  8. Olahraga rutin.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- info kulit berminyak, - sabun untuk wajah berkeringat berminyak dan jamur

data-ad-format="link">
8 Perawatan Kulit Wajah Berminyak Post in | Last updated: January 3rd, 2017 | 22 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *