Tips mengatasi anak susah makan
Tips mengatasi anak susah makan (Ilustrasi/pixabay)

8 Tips Jitu Mengatasi Anak Susah Makan

Susah makan merupakan permasalahan yang amat sering dihadapi oleh orang tua apalagi seorang ibu. Susahnya anak makan ataupun hanya pilih pilih makanan untuk dimakan sudah sangat banyak ditemukan. Hal ini kadang membuat ibu stres dan tertekan menghadapi situasi yang seperti ini. Faktor penyebab anak susah makan pun bisa bermacam-macam, bisa disebabkan faktor psikis dan faktor fisik. Faktor fisik di sini bisa jadi karena adanya gangguan di organ pencernaan anak, misalnya seperti ukuran lambung yang kecil, ataupun adanya infeksi dalam tubuh si anak. Sedangkan faktor psikis ialah adanya gangguan psikologis misalnya kondisi rumah tangga yang bermasalah dan tidak nyaman, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orang tua, atupun karena dipaksa makan makanan yang tidak disukainya. Diperlukan berbagai tips dan cara agar si anak mau makan, Mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu anda :

Tips mengatasi anak susah makan
Tips mengatasi anak susah makan (Ilustrasi/pixabay)

1. Sajikan makanan dalam porsi kecil

Lambung anak sebenarnya kecil dan belum bisa menampung makanan langsung banyak, jadi perhatikanlah porsi makan anak, berikanlah porsi makan sedikit demi sedikit tapi sering.

2. Variasikan makanan

Berikanlah makanan yang bervariasi setiap harinya. Buatlah beberapa pilihan menu makanan, lalu coba biarkanlah si anak memilih makanan yang disukainya. Biasanya anak akan lebih tertarik makan jika makanan disukainya. Si ibu juga harus kreatif mengkreasikan menu makanan. Searchinglah resep menarik untuk si buah hati.

3. Sajikan dengan menarik

Setelah menentukan ingin menyajikan makanan apa, coba sajikanlah dengan menarik. Misalnya nasi goreng ayam dibentuk dengan cetakan bebek atau kucing. Telur dibentuk seperti binatang, dan sayuran atau buah–buahan disajikan dengan bentuk pohon atau pun bentuk menarik. Dengan begini buah hati akan tertarik untuk mencobanya. Selain itu bisa anda coba menggunakan peralatan makan yang berwarna warni atau bergambar dan mencolok agar si anak lebih tertarik.

4. Jadikan saat makan menyenangkan

Buatlah suasana makan yang nyaman dan menyenangkan buat si buah hati. Misalnya dengan makan sambil mendengarkan lagu anak kesukaan, makan sambil menonton kartun, atau si buah hati menikmati makan sambil si ibu bercerita. Hindarilah memaksa atau mengancam anak, karena bisa menjadi trauma psikologis bagi si anak.

5. Beri cemilan sehat

Dalam keseharian anak yang aktif, pasti akan sulit membuat anak betah duduk manis untuk makan. Oleh karena itu siapkanlah cemilan sehat untuk si buah hati yang bisa dimakan di sela-sela waktu makan sambil menjalankan aktivitas, misalnya bola kentang keju, macaroni schotel, donat keju, bolu coklat dan lain-lain. Cemilan tetap sehat dan bergizi.

6. Cobalah ajak anak dalam menyiapkan makan

Libatkanlah pula si anak dalam menyiapkan makanan, misalnya saat mengambil atau membersihkan buah, sayuran, menyiapkan meja makan. Anak akan mencontoh orang tuanya apabila makan sehat maka anakpun akan mengikutinya.

7. Batasi pemberian minuman /susu di sela waktu makan

Kurangilah minuman manis, jus atau pun susu satu jam sebelum makan, karena ini dapat membuat perut anak kenyang dan tidak ingin makan.

8. Makan teratur

Jadwalkan makan anak dengan teratur untuk makan pagi, siang, malam dan juga cemilannya. Hal ini bisa membiasakan anak untuk makan teratur seperti halnya tidur dan mandi.

Itulah 8 tips jitu mengatasi anak susah makan, semoga tips di atas bisa membantu anda dan bermanfaat.

data-ad-format="link">
8 Tips Jitu Mengatasi Anak Susah Makan Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 29 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *