Anak 2 Tahun belum Bisa Berjalan? Hati-hati Mengidap Cerebral Palsy
Foto anak dengan cerebral palsy (Wikipedia)

Anak 2 Tahun belum Bisa Berjalan? Hati-hati Mengidap Cerebral Palsy

Anak 2 Tahun belum Bisa Berjalan? Hati-hati Mengidap Cerebral Palsy – Orang tua tentu bahagia melihat perkembangan buah hatinya dari waktu ke waktu, mulai dari bayi hingga dewasa. Dalam masa perkembangan bayi, rata-rata mulai dari mereka bisa melihat dengan jelas, merespon perkataan orang-orang di sekitarnya, fungsi motorik, dan sebagainya menjadi perhatian tersendiri bagi setiap orang tua. Seorang bayi rata-rata mulai bisa belajar berjalan di usia satu tahun. Seringkali fase tersebut diawali dengan fase tengkurap, merangkak, kemudian mencoba berdiri. Meskipun tidak semua mengalami fase merangkak, namun rata-rata di usia satu tahun (12 bulan), bayi akan sudah belajar berdiri dan berjalan.

Bagaimana jika dalam usia kurang lebih satu tahun anak tidak bisa berdiri dan berjalan? Hal tersebut ada dua kemungkinan;

  • pertama karena lambannya fungsi motorik anak sehingga ia baru bisa berjalan di usia hampir dua tahun. Dalam hal ini, orangtua sebaiknya mulai memperhatikan benar bentuk tubuh anak. Pastikan tidak ada yang aneh dalam bentuk kaki buah hati Anda.;
  • kedua, dalam istilah medis, ada istilah Cerebral Palsy (CP), yakni gangguan neurologis yang ada pada saat bayi dan bisa mempengaruhi gerakan tubuhnya. Anak yang mengidap CP rata-rata kurang bisa menggerakkan bagian tubuh tertentu sebagaimana normalnya anak.

Cerebral palsy (CP) ini sering juga disebut dengan istilah lumpuh otak, akibatnya salah satu bagian otak yang mengendalikan gerakan otot tidak berfungsi sebagaimana semestinya. Hal ini bisa terjadi karena beberapa kemungkinan, antara lain karena meningitis bakteri atau virus, ensefalitis, gizi buruk, kondisi bayi terguncang, keracunan timbal, pendarahan otak pada bayi, mutasi gen dan cedera tertentu setelah kecelakaan/jatuh. Tim medis hingga saat ini masih meneliti lebih jauh tentang penyebab seorang anak mengalami cerebral palsy.

Anak 2 Tahun belum Bisa Berjalan? Hati-hati Mengidap Cerebral Palsy
Foto anak dengan cerebral palsy (Wikipedia)

Jenis-jenis Celebral Palsy

Jenis dari CP antara lain sebagai berikut:

  1. Cerebral palsy spastik – menyebabkan kekakuan dan gerakan kesulitan
  2. Athetoid cerebral palsy – menyebabkan gerakan tak tentu dan tidak terkendali
  3. Ataxic cerebral palsy – menyebabkan terganggunya fungsi keseimbangan tubuh dan kedalaman persepsi.

Tanda-tanda Celebral Palsy

Berikut adalah tanda-tanda anak mengalami cerebral palsy:

  1. Muncul saat anak belum mencapai usia 3 tahun,
  2. Susah melakukan gerakan (gerakan terbatas) terlebih untuk berdiri maupun untuk menggerakkan tulang kaki,
  3. Berjalan dengan satu kaki atau dalam kondisi kaki diseret. Pada beberapa anak hanya bisa jongkok.
  4. Terganggunya fungsi keseimbangan dan koordinasi

Bayi yang lahir prematur (kurang dari 37 minggu) dan dengan berat badan lahir kurang dari 1,5 kg memiliki risiko tinggi untuk mengalami CP jika dibandingkan bayi yang terlahir normal. Selain itu, beberapa yang meningkatkan risiko terjadinya CP adalah ketidakmampuan plasenta untuk menyediakan fetus berkembang dengan oksigen dan nutrisi, RH atau ABO golongan darah ketidakcocokan antara ibu dan bayi, ibu terinfeksi campak Jerman atau penyakit virus lainnya pada awal kehamilan, infeksi bakteri dari ibu, janin atau bayi yang secara langsung atau tidak langsung menyerang sistem saraf pusat, serta kehilangan oksigen selama kehamilan atau proses melahirkan, atau penyakit kuning yang parah segera setelah lahir.

Cerebral palsy tidak dapat disembuhkan, namun bisa dicegah tingkat keparahannya dengan latihan otot yang bermasalah. Operasi dilakukan jika ada keanehan anatomi tulang dari penderita, namun ini jarang dilakukan.

Penderita cerebral palsy pada umumnya tidak akan mengalami kecacatan yang parah, namun besar kemungkinan penderita CP ini akan tidak bisa berjalan seumur hidup dan butuh pendampingan yang banyak serta obat-obatan yang menunjang.

Apakah buah hati Anda atau orang terdekat Anda mengalami tanda-tanda di atas? Jika demikian, segera periksakan ke dokter terdekat untuk memastikannya. Perhatikan buah hati Anda sedini mungkin agar bisa mencegah sesuatu yang buruk terjadi di kemudian hari.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Sumber :

  1. http://www.ninds.nih.gov/disorders/cerebral_palsy/cerebral_palsy.htm
  2. http://kidshealth.org/parent/medical/brain/cerebral_palsy.html
  3. http://www.nhs.uk/Conditions/Cerebral-palsy/Pages/Complications.aspx

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- anak umur 2 tahun belum bisa jalan, - anak 2 tahun belum bisa jalan dan bicara, - anak 2 tahun belum bisa jalan, - Umur 2 tahun belum bisa jalan, - 2 tahun belum bisa jalan, - bayi umur 2 tahun belum bisa jalan, - Anak belum bisa jalan, - anak usia 2 tahun belum bisa jalan, - anak dua tahun belum jalan, - bayi 2 tahim belum berjalan harus fi pijat tidak

data-ad-format="link">
Anak 2 Tahun belum Bisa Berjalan? Hati-hati Mengidap Cerebral Palsy Post in | Last updated: September 21st, 2015 | 10,778 views
Kontributor Infosehatkeluarga.com - Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *