Cara menghilangkan bekas luka
Cara menghilangkan bekas luka

Cara menghilangkan bekas luka

Kita semua memiliki bekas luka akibat kecelakaan kecil di masa kanak-kanak. Banyak orang membiarkan bekas lukanya sembuh dengan sendirinya, namun itu metode yang tidak efektif. Untuk itu, apabila Anda mengalami luka, sebaiknya diobati dengan baik agar tidak meninggalkan bekas luka. Inilah Cara menghilangkan bekas luka.

Cara menghilangkan bekas luka

  • Hindari sinar matahari.

Apapun jenis jaringan parut yang terbentuk dari luka Anda, sebaiknya hindarkan dari sengatan sinar matahari. Anda bisa menggunakan pelembap SPF. Orang tidak menyadari bahwa sinar UV dari matahari menyebabkan penggelapan bekas luka sehingga menjadi lebih kentara. Kombinasi peradangan, peningkatan produksi kolagen di jaringan luka, dan paparan sinar matahari dapat menyebabkan hiper-pigmentasi pasca-inflamasi, menyebabkan bekas luka dan kulit sekitarnya berubah menjadi coklat tua.

  • Oleskan lemon ke bekas luka.
Cara menghilangkan bekas luka
Cara menghilangkan bekas luka

Lemon mengandung asam alfa hidroksi (AHA) yang membantu mengangkat sel kulit mati, membantu sel baru tumbuh, dan mengembalikan elastisitas pada kulit. Sebagai pemutih alami, lemon bisa membantu meringankan bekas luka.

Caranya: Bersihkan bekas luka dan area sekitarnya secara menyeluruh, kemudian masukkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam bola kapas, Gosokkan bola kapas ke area bekas luka, Biarkan selama sekitar 10 menit kemudian bilas
Jus lemon bisa membuat kulit Anda peka terhadap cahaya, jadi sebaiknya memakai tabir surya saat keluar rumah.

Lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, baca 4 Bahan Alami Berkhasiat Menghilangkan Bekas Jerawat.

  • Gunakan madu.

Madu juga bisa digunakan untuk memudarkan bekas luka. Madu merupakan pelembab alami, bisa efektif dalam pengobatan luka, dan merangsang regenerasi jaringan. Baca juga: Madu: Si Manis Perawat Luka.

  • Gunakan silikon.

Silikon telah terbukti efektif dalam mengurangi dan meratakan bekas luka. Gel silikon bisa diaplikasikan langsung ke bekas luka.

  • Gunakan ekstrak bawang merah.

Bawang merah merupakan antiinflamasi dan bisa menghambat produksi kolagen dalam bekas luka, sehingga membuatnya kurang terlihat. Meskipun proses ini panjang dan mungkin memakan waktu hingga beberapa bulan sebelum Anda mulai melihat hasilnya.

  • Menggunakan gel aloe Vera

Sifat antiinflamasi Aloe Vera membantu mengurangi iritasi kulit dan membantu mengangkat kulit mati bekas luka. Lidah buaya juga bisa mengurangi pembengkakan, membantu memperbaiki sel kulit yang rusak, dan menguatkan sel kulit yang baru diproduksi. Oleskan gel lidah buaya pada bekas luka beberapa kali sehari. Pelajari 10 Manfaat Tersembunyi dari Lidah Buaya.

  • Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan K, yang sangat bagus untuk kulit dan efektif untuk membuat bekas luka cepat memudar. Minyak zaitun virgin sangat tinggi anti oksidan dan memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi yang membantu meringankan bekas luka.

Caranya: Gosokkan sekitar 1 sdm minyak zaitun ke bekas luka. Gunakan lebih sedikit jika bekas luka itu kecil.
Kemudian pijat selama kurang lebih 5 menit untuk membantu melemaskan jaringan parut. Biarkan minyak meresap di kulit kira-kira selama 10 menit, lalu lap dengan kain bersih.

Selain Cara menghilangkan bekas luka di atas, Anda juga bisa mengunjungi dokter untuk membantu menghilangkan bekas luka Anda, mungkin dokter akan menyarankan perawatan dengan laser, bedah, atau suntikan kortison.

Demikianlah Cara menghilangkan bekas luka di atas, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Cara menghilangkan bekas luka Post in | Last updated: March 10th, 2018 | 286 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan