manfaat tabir surya untuk kulit
manfaat tabir surya untuk kulit (Ilustrasi/pixabay)

Ketahui 4 Fakta Penting Tentang Tabir Surya

Tabir surya merupakan benda penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, terutama di siang hari. Lalu bagaimana jika siang hari cuaca sedang mendung? Mungkin anda akan berpikir, tidak ada salahnya tak memakai tabir surya, karena matahari juga tidak panas menyengat. Padahal tetap memakai tabir surya justru disarankan, karena tabir surya akan melindungi kulit dari kerusakan, penuaan dini, dan juga mencegah kanker kulit. Mungkin anda belum mengetahui manfaat tabir surya untuk kulit dan apa saja fakta menarik tentang tabir surya ini. Berikut ini kami rangkum informasinya untuk anda:

  1. Tabir surya alami

Menggunakan tabir surya tak harus dari berbagai produk yang dijual di pasaran. Tapi, anda juga dapat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dengan tabir surya alami yang ada pada buah-buahan mengandung likopen, seperti: semangka, jambu, dan anggur. Dengan mengosumsi buah-buahan tersebut, akan melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB.

manfaat tabir surya untuk kulit
manfaat tabir surya untuk kulit (Ilustrasi/pixabay)
  1. Arti SPF.

Ketika anda membeli produk tabir surya akan anda temukan tingkat SPFnya. Angka yang tertera tersebut menjelaskan kemampuan tabir surya menyaring sinar UVB. SPF 15 akan dapat menyaring 93% UVB, SPF 30 sebanyak 97% UVB, SPF 50 sebanyak 98% UVB, dan SPF 100 sebanyak 99% UVB. Sebenarnya selisihnya tidak terlalu banyak, pilihlah produk yang sesuai kebutuhan kulit anda. jika anda memiliki kulit normal, menggunakan SPF 30 sudah cukup melindungi dari sinar matahari, kalau kulit anda sensitif, membutuhkan SPF yang lebih tinggi.

  1. Cara menggunakan tabir surya

Ketika telah menggunakan tabir surya, bukan berarti anda boleh berlama-lama berjemur di bawah terik matahari. Olesi kembali kulit menggunakan tabir surya setelah 2 jam atau pun ketika anda banyak berkeringat karena keringat dapat memudarkan tabir surya yang anda pakai. Meski anda telah memakai tabir surya, usahakan memakai pakaian yang menutupi kulit, topi lebar atau apa pun ketika beraktivitas di ruang terbuka.

  1. Kadaluwarsa tabir surya

Selalu cek tanggal kadaluwarsa tabir surya anda. Biasanya produk-produk tabir surya dapat bertahan selama 3 tahun dengan cara penyimpanan yang baik. Jangan biarkan tabir surya yang anda gunakan tergeletak di pinggir pantai atau kolam renang. Masukkan kembali ke dalam tas setelah digunakan.

Itulah 4 fakta tentang tabir surya yang menarik untuk diketahui. Jangan lupa ya untuk memakai tabir surya ketika keluar rumah.

data-ad-format="link">
Ketahui 4 Fakta Penting Tentang Tabir Surya Post in | Last updated: March 27th, 2017 | 6 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *