Perbedaan bayi lahir normal dengan sesar
Perbedaan bayi lahir normal dengan sesar (Ilustrasi/pixabay)

Ketahui Plus Minus Persalinan Normal dan Persalinan Caesar

Bagi anda para ibu hamil yang masih menantikan kelahiran buah hati tercinta, apakah anda sudah mempersiapkan pula proses kelahirannya? Mengetahui informasi tentang cara melahirkan juga penting untuk menyiapkan mental ketika berjuang dalam melahirkan. Nah, kelebihan dan kekurangan persalinan normal atau pun caesar ini bisa anda simak agar anda bisa tahu lebih banyak:

  1. Persalinan Normal

Kelebihan dari persalinan secara normal:

  • Persalinan normal akan memperkecil risiko bayi mengalami kesulitan bernapas karena sewaktu proses persalinan bayi akan mengalami tekanan, hal tersebut justru membuat cairan yang ada dalam paru-paru dapat keluar. Karena cairan itu telah keluar, bayi pun bisa bernapas lebih lega.
  • Bakteri baik yang ada pada jalan lahir akan membuat bayi kebal terhadap alergi.

Kekurangan persalinan normal:

  • Memerlukan waktu yang cukup lama menunggu sampai pembukaan cukup besar sehingga bayi dapat keluar. Jika tidak ada kemajuan pada pembukaan, bayi bisa stres atau pun kekurangan oksigen yang bisa membahayakan bayi.
  • Ibu akan merasakan sakit ketika kontraksi sampai bayi lahir. Bisa saja hal itu terjadi dalam waktu yang cukup lama.
Perbedaan bayi lahir normal dengan sesar
Perbedaan bayi lahir normal dengan sesar (Ilustrasi/pixabay)
  1. Persalinan Caesar

Kelebihan dari persalinan secara caesar:

  • Melahirkan secara caesar dapat memungkinkan anda untuk memilih waktu melahirkan sehingga anda dapat menyiapkan semuanya sehigga tidak terlalu cemas. Terkadang orang tua ingin melahirkan di tanggal cantik supaya lebih berkesan dan istimewa. Hal tersebut dapat dilakukan jika anda memilih persalinan caesar asalkan usia bayi sudah di waktu yang memang telah siap untuk dikeluarkan.
  • Persalinan caesar yang berlangsung cepat hanya sekitar 15-30 menit tidak akan membuat bayi mengalami stres.

Kekurangan dari persalinan caesar:

  • Bayi berisiko mengalami alergi karena tidak mendapatkan bakteri baik yang sebenarnya akan didapatkan ketika melewati jalan lahir dengan persalinan normal. Selain itu, bayi juga berisiko lebih besar mengalami kesulitan bernapas akibat adanya cairan di dalam paru-paru.
  • Persalinan caesar membuat perut ibu harus dibedah dan merupakan pembedahan besar sehingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk pulih kembali.

Itulah informasi seputar plus minus persalinan normal dan caesar. Apa pun yang akan dijalani, semoga bayi anda bisa lahir dengan selamat dan sehat ya Bunda.

Ketahui Plus Minus Persalinan Normal dan Persalinan Caesar Post in | Last updated: October 24th, 2016 | 1,215 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *