Bagaimana tabir surya dengan SPF dapat melindungi kulitmu dari sinar UV
Bagaimana tabir surya dengan SPF dapat melindungi kulitmu dari sinar UV (Ilustrasi/badgerbalm.com)

Lindungi kulitmu dari sinar matahari dengan SPF

Sinar matahari memiliki berbagai manfaat untuk tubuh manusia, diantaranya dapat membantu mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D, dapat meningkatkan pembentukan hemoglobin, melancarkan sirkulasi darah, dan jika terpapar secara fisik dapat membuat tubuh lebih segar serta pikiran menjadi lebih tenang. Namun demikian, ada bahaya yang mengintai di balik manfaatnya yang sedemikian banyak terutama pada kulit, contohnya dapat menyebabkan kulit kemerahan (sun burn), noda hitam, penuaan dini, kulit kering, keriput, dan yang paling berbahaya adalah kanker kulit.

Terdapat 3 jenis sinar matahari, yaitu UV A, UV B, dan UV C, yaitu :

  1. Sinar UV A dapat menghitamkan warna kulit dan juga meningkatkan risiko kanker kulit. Sinar ini memiliki panjang gelombang 320-400nm.
  2. Sinar UVB dapat merusak serat kolagen dan elasten, membakar kulit dan meningkatkan resiko kanker kulit. Panjang gelombang sinar UV B adalah 290-320 nm.
  3. Sinar UV C merupakan jenis sinar matahari yang paling berbahaya karena bersifat karsinogenik (zat yang dapat memicu kanker). Panjang gelombang sinar UV C adalah 100-290 nm.

SPF singkatan dari Sun Protecting Factor, merupakan nilai yang menunjukkan tingkat lamanya tabir surya bisa melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Dengan kata lain berapa lama kamu bisa berada di bawah sinar matahari tanpa membuat kulit terbakar (sun burn). Semakin tinggi nilai SPF suatu tabir surya, maka semakin besar perlindungan yang didapat oleh kulitmu.

Angka dalam SPF menunjukkan lamanya waktu perlindungan yang dapat diberikan oleh tabir surya. Misal, suatu tabir surya mengandung SPF 20, maka tabir surya tersebut dapat melindungi kulitmu selama 30 x 10 menit = 300 menit = 5 jam. Jadi, ketika kamu menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30, kulitmu bisa bertahan di bawah sinar matahari selama 5 jam tanpa terbakar. Meskipun begitu, hendaknya penggunaan tabir surya diulang setiap 2 jam untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal. Berikut ilustrasi bagaimana tabir surya dengan SPF dapat melindungi kulitmu dari sinar UV.

Bagaimana tabir surya dengan SPF dapat melindungi kulitmu dari sinar UV
Bagaimana tabir surya dengan SPF dapat melindungi kulitmu dari sinar UV (Ilustrasi/badgerbalm.com)

Adapun tingkatan kemampuan tabir surya dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yaitu :

  1. Minimal, bila nilai SPF antara 2 – 4
  2. Sedang, bila nilai SPF antara 4 – 6
  3. Ekstra, bila nilai SPF antara 6 – 8
  4. Maksimal, bila nilai SPF antara 8 – 15
  5. Ultra, bila nilai SPF lebih dari 15

Jika tidak menginginkan kulit kita menjadi kering, kusam, keriput, ada noda hitam, hingga terkena kanker kulit, sebaiknya sedini mungkin melakukan langkah pencegahan dengan selalu mengenakan tabir surya yang memiliki kandungan SPF jika hendak beraktivitas di bawah sinar matahari. Saat ini sudah banyak tersedia kosmetik yang menggabungkan antara tabir surya dengan Hand and Body, sehingga selain menjaga kesehatan kulit tetap lembut dan ternutrisi dapat sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
Sekian. Semoga bermanfaat.  🙂

data-ad-format="link">
Lindungi kulitmu dari sinar matahari dengan SPF Post in | Last updated: February 10th, 2016 | 74 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *