Menjaga Kesehatan Ibu dan Calon bayi dengan Senam ibu hamil

By | October 3, 2015

Memiliki buah hati merupakan dambaan semua ibu, untuk itu semua ibu pasti mengalami fase kehamilan. Kehamilan seseorang tentunya tidak sama karena mereka memiliki kondisi fisik dan genetik yang berbeda. Dalam masa kehamilan seorang calon ibu sangat rentan terhadap berbagai masalah kehamilan.

Oleh karena seorang ibu harus terus memperhatikan kondisi kesehatan diri dan calon bayi dalam rahimnya. Salah satu hal yang sangat dianjurkan ialah mengonsumsi makanan dengan mempertimbangkan gizi dan nutrisi baik apa tidak untuk sang bayi, selain itu hal yang baik untuk menjaga kesehatan bagi ibu hamil adalah olah raga, namun jangan melakukan olah raga yang berat, lakukanlah olah raga untuk ibu hamil yang disarankan oleh dokter.

Anak Nikita Mirzani

Untuk melakukan olah raga bagi ibu hamil kini tidak usah khawatir karena sekarang banyak sekali klinik atau rumah sakit yang menyediakan program olah raga bagi ibu hamil.

Ada banyak sekali olah raga yang bisa dilakukan oleh para calon ibu yang sedang mengandung, berikut ini adalah beberapa olah raga ringan bagi calon ibu:

  1. Berenang, berenang merupakan olah raga yang baik untuk para calon ibu, dengan berenang mereka dapat mengurangi ketegangan syaraf dalam tubuh (memberikan efek rileks), selain itu juga dapat melatih pernafasan yang sangat berguna pada saat persalinan nanti.
  2. Yoga, yoga dapat memberikan relaksasi pada ibu hamil yang cenderung mengalami stress bawaan bayi, namun gerakan dalam yoga tidak semuanya boleh dilakukan bagi wanita hamil karena dikhawatirkan akan membahayakan ibu dan bayi.
  3. Bersepeda, bersepeda dapat membuat ketegangan otot pada kaki berkurang, tapi sebaiknya menghindari bersepeda dengan jalur menanjak karena kekuatan kaki pada ibu hamil cenderung lemah.
  4. Kegel, kegel merupakan salah satu senam yang baik bagi para calon ibu karena dapat mengurangi ketegangan serta memperkuat otot panggul, dapat mengurangi risiko penurunan rahim, serta dapat memudahkan pada saat proses persalinan.
  5. Berjalan, jalan santai di pagi hari baik dilakukan pada saat hamil karena dapat mengurangi kaku pada kaki yang menyebabkan risiko jatuh pada ibu hamil. Dengan sering berjalan santai, kaki akan merasa ringan dan tidak kaku, oleh sebab itu para ibu hamil disarankan sering berjalan-jalan ringan.

Beberapa hal yang tidak diinginkan sering kali datang pada saat kehamila,n oleh karena itu bagi para wanita yang sedang mengandung sebaiknya selalu menjaga kesehatan, dan rutin melakukan olah raga ibu hamil agar ibu dan bayi sehat saat melahirkan nanti, selain itu tugas menjaga kesehatan ibu dan calon bayi juga disarankan dilakukan oleh suami. Dukungan dari suami sangat membantu untuk kesehatan ibu dan calon bayi. Oke mom semoga anda dan calon baby tetap sehat hingga lahiran nanti ya.

Demikianlah artikel mengenai Menjaga Kesehatan Ibu dan Calon bayi dengan Senam ibu hamil, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *