Terapi lintah untuk kesehatan dan kecantikan
Terapi lintah untuk kesehatan dan kecantikan (ilustrasi/pixabay)

Rahasia Terapi Lintah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Rahasia Terapi Lintah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Terapi lintah untuk kesehatan dan kecantikan
Terapi lintah untuk kesehatan dan kecantikan (ilustrasi/pixabay)

Lintah bukanlah binatang yang asing bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan. Biasanya di sawah atau sungai mudah ditemukan berbagi jenis lintah. Bagi banyak orang, barangkali lintah merupakan salah satu hewan kecil yang paling menjijikkan. Tidak hanya bentuk tubuhnya yang kenyal-kenyal dan berwarna hitam tapi juga paling menakutkan dengan kebiasannya yang menempel di kulit serta menghisap darah. Gigitan lintah memang sedikit perih.

Tahukah kamu? Akhir-akhir ini lintah malah semakin populer sebagai salah satu terapi yang paling ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit parah. Bagi kamu yang belum pernah mendengar, mungkin hal ini sedikit aneh dan tidak logis. Bagaimana hewan yang merugikan dan justru menghisap darah bisa digunakan sebagai terapi kesehatan.

Terapi lintah atau yang dikenal juga dengan hirudoterapi tersebut saat ini banyak dicari untuk mengatasi berbagai macam keluhan. Terapi ini semakin familiar seiring bertambahnya para pasien yang menggunakannya. Tak hanya dimanfaatkan untuk penyakit dengan keluhan ringan tapi juga penyakit berat dan parah. Mulai dari pengobatan jerawat sampai keluhan terhadap penyakit kronis seperti hipertensi, radang sendi hingga penyakit penyebab kematian nomor satu yaitu jantung.

Nah, makin penasaran bukan tentang terapi lintah tersebut? Mungkin timbul pertanyaan dalam benak kamu, sebenarnya apa rahasianya sehingga lintah yang begitu menjijikkan tersebut bisa ampuh untuk menyembuhkan penyakit? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut fakta dan informasi yang perlu kamu ketahui.

Kandungan bermanfaat dalam air liur lintah

Khasiat dan rahasia “keajaiban” terapi lintah sebenarnya terdapat pada air liurnya. Pada air liur lintah terkandung beberapa zat dan enzim yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Diantara zat tersebut yang paling berpengaruh adalah hirudin dan nitric oxide (NO).

Hirudin merupakan zat paling penting di dalam air liur lintah karena zat ini merupakan zat antikoagulan (anti pembekuan darah). Zat inilah yang akan membantu mencairkan jika ada darah yang membeku dalam tubuh kita. Dengan demikian, sirkulasi darah bisa lancar kembali. Oleh karena manfaatnya inilah maka terapi lintah berkhasiat untuk mengobati penyakit jantung. Terapi lintah mampu mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh arteri sebagai penyebab gagal jantung. Sungguh luar biasa.

Nitric oxide merupakan senyawa yang bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Mungkin sebagian dari kita sudah pernah mendengar beberapa penyakit yang diakibatkan penyempitan pembuluh darah. Penyakit-penyakit tersebut tentunya tidak bisa dianggap sebelah mata. Untuk mengatasinya, senyawa nitric oxide menjadi salah satu solusi dan berperan penting. Senyawa tersebut terkandung dalam air liur lintah.

Cara melakukan terapi lintah

Sekarang kamu sudah mengetahui kenapa lintah dijadikan sebagai alternatif pengobatan. Bagaimana cara melakukan terapi lintah? Kamu yang pernah melakukan terapi tentu sudah hafal. Jika kamu belum pernah mencoba terapi lintah, setidaknya kamu pasti tahu cara penerapan terapi lintah secara umum. Yap, terapi ini dilakukan dengan menempelkan lintah pada kulit dan membiarkan mereka mengisap darah kita. Apa hanya begitu?

Tentu ada teknik khususnya, terapi lintah bukan main tempel dan hisap darah saja. Terapi lintah tidak disarankan untuk dilakukan di rumah sendirian sebab harus dilakukan oleh terapis yang sudah berpengalaman. Tidaklah sama halnya ketika tidak sengaja kita digigit oleh lintah. Digigit lintah secara kebetulan tidak berarti sudah melakukan terapi lintah.

Pertama, bersihkan dulu kulit yang akan diterapi. Setelah itu terapis menanyakan seputar keluhan yang kita rasakan untuk menentukan dan mencari titik yang akan di terapi. Jadi tidak sembarang lokasi yang akan diterapi dengan lintah. Setiap titik memiliki fungsi dan manfaat sesuai dengan keluhan yang dihadapi.

Kedua, setelah ditentukan, maka akan masuk ke langkah inti yaitu menempelkan lintah pada titik yang telah ditentukan. Lintah akan lebih teliti untuk mencari titik darah kotor. Ketika darah kotor diisap oleh lintah pada kulit kita, lintah tersebut juga mengeluarkan air liur yang banyak mengandung enzim dan zat yang berguna bagi tubuh kita. Setelah darah kotor tersebut habis dihisap oleh lintah, maka lintah akan lepas dengan sendirinya dari kulit.

Biasanya terapi ini akan menimbulkan bekas luka dan sedikit gatal selama 1 sampai 2 hari. Untuk membersihkan bekas luka dan gatal tersebut terapis akan memberikan minyak zaitun pada bekas luka tersebut. Beberapa waktu kemudian, bekas luka dan gatal tersebut akan berkurang dengan sendirinya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kulitmu akan rusak.

Manfaat dari terapi lintah

Seperti yang telah dijelaskan di atas, terapi lintah secara umum bertujuan untuk mengeluarkan darah kotor. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan zat bemanfaat dalam air liur lintah agar bisa membantu proses kelancaran sirkulasi darah. Selain itu, terapi lintah bermanfaat untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit seperti :

  1. Terapi lintah Mencegah penyakit jantung

Sebagaimana yang telah disinggung sedikit sebelumnya, terapi lintah berkhasiat membantu dalam mencegah terjadinya penyakit jantung. Hal ini tidak lain karena zat hirudin yang anti pembekuan darah. Dengan demikian tidak akan tejadi penyumbatan pada pembuluh arteri.

  1. Terapi lintah Mencegah penyakit otot

Penyakit otot hampir diderita oleh semua orang baik skala ringan maupun berat. Penyakit otot disebabkan oleh darah yang tidak mengalir dengan lancar ke bagian-bagian tubuh lainnya. Inilah yang kemudian bisa menyebabkan rasa pegal pada otot. Namun dengan adanya zat nitric oxide pada air liur, akan terjadi pelebaran pembuluh darah sehingga udara yang mengandung oksigen mengalir dengan lancar pada otot.

  1. Terapi lintah Mengobati hipertensi

Bagi kamu yang menderita hipertensi dan tak kunjung sembuh, tidak ada salahnya menambah usaha dengan mencoba terapi lintah ini. Zat yang terdapat pada air liur lintah juga berperan untuk menyeimbangkan tekanan darah sehingga terapi lintah bisa mengobati penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). Untuk mengatasi hal ini terapis biasanya akan melakukan terapi lintah pada bagian-bagian yang dianggap penting dan langsung bekerja pada bagian pembuluh vena.

  1. Terapi lintah Mengatasi penyakit kulit

Air liur lintah mengandung zat khusus untuk mempertahankan jumlah kolagen yang merupakan bagian penting untuk kesehatan kulit. Sebagaimana diketahui kolagen memegang peranan signifikan untuk kecantikan kulit. Penyakit kulit itu beragam jenisnya berdasarkan penyebabnya. Pada umumnya disebabkan oleh bakteri dan jamur. Mungkin kamu pernah mengalami radang, eksim dan sebagainya. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan manfaat terapi lintah. Bahkan di luar negeri terapi lintah tidak hanya terapi kesehatan tapi juga terapi kecantikan untuk mengencangkan kulit.

  1. Terapi lintah Mengatasi nyeri sendi

Masalah pada sendi seringkali menyebabkan rasa nyeri karena terjadinya peradangan. Lintah mengandung zat anti inflamasi atau anti peradangan. Dengan demikian zat tersebut akan mencegah terjadinya peradangan pada sendi sehingga sendi tidak akan terasa nyeri.

Demikianlah informasi tentang terapi lintah, prosedur dan manfaatnya. Nah, apa kamu berani untuk mencoba terapi ini? Semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Rahasia Terapi Lintah Untuk Kesehatan dan Kecantikan Post in | Last updated: January 6th, 2017 | 702 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *