Tidur dengan rambut basah
Tidur dengan rambut basah (Ilustrasi/pixabay)

Tidur dengan Keadaan Rambut yang Basah Dapat Menyebabkan Kanker, Benarkah?

Bagi anda yang memiliki jadwal padat hingga larut malam dan sering melakukan kegiatan mandi sebelum tidur, sesekali mungkin juga melakukan keramas sehigga terpaksa tidur dengan kondisi rambut yang masih basah. Tahukah anda bahwa ada yang bilang kalau tidur dalam keadaan rambut yang basah dapat menyebabkan kanker. Lalu benarkah demikian? Bagaimanapun rambut yang masih basah dan langsung dibawa tidur akan menyebabkan berbagai masalah seperti berikut ini:

  1. Menimbulkan infeksi dan memicu tumbuhnya jamur di kulit kepala

Bantal yang kita gunakan selama tidur merupakan tempat berkumpulnya bakteri karena terpapar debu dan keringat. Ketika rambut anda dalam keadaan basah menempel di bantal, maka bantal juga akan ikut basah serta memicu bakteri untuk semakin berkembang biak dan menempel di kulit kepala.

Tidur dengan rambut basah
Tidur dengan rambut basah (Ilustrasi/pixabay)
  1. Menjadi penyebab pilek

Apabila anda tidur di tempat yang bersuhu ruangan dingin serta rambut dalam keadaan basah, hal itu bisa menyebabkan pilek. Seperti yang dari New Health Advisor bahwa tidur di ruangan dingin akan membuat pembuluh darah yang melewati hidung dan tenggorokan hanya terbatas jumlahnya. Hal tersebut juga mempengaruhi sel darah putih menjadi lebih lambat melawan infeksi yang menyerang tubuh. Oleh karena itu, tidur dalam keadaan rambut yang basah dan disertai hawa ruangan yang dingin dapat menjadi penyabab pilek.

  1. Menyebabkan kerusakan rambut

Rambut akan mudah mengalami kerusakan ketika dalam kondisi basah. Rambut pun bisa mudah bercabang saat bergesekan dengan bantal. Selain itu, masalah lain seperti munculnya ketombe juga dapat terjadi ketika rambut yang masih basah dibiarkan menempel pada bantal.

  1. Menyebabkan kanker

Sebenarnya belum ada penelitian yang menyebutkan secara pasti pengaruh rambut basah ketika tidur menjadi pemicu kanker. Namun, jelas jika rambut yang masih basah dibiarkan tertutup karena tertindih ketika tidur akan membuat sel-sel kulit kepala mengalami kerusakan. Kemungkinan terburuknya bisa saja menyebabkan kanker kulit.

Itulah 4 masalah kesehatan yang bisa timbul hanya karena tidur dalam keadaan rambut basah. Jadi, biasakan mengeringkan rambut dulu ya sebelum beranjak untuk tidur.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- rambut basah tidak boleh tidur, - rambut basah, - dampak tidur dengan rambut basah, - akibat tidur dengan rambut basah, - tidur rambut basah, - apakah boleh tidur rambut basah, - Kenapa saat rambut basah tidak boleh tidur, - penyakit akibat tidur dengan rambut badsh, - penyebab rambut basah ketika tidur malam, - rambit dibiarkan basah saat tidur memicu sakit kepala

data-ad-format="link">
Tidur dengan Keadaan Rambut yang Basah Dapat Menyebabkan Kanker, Benarkah? Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 3,422 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *