Upaya Penyembuhan Penyakit TBC

Upaya Penyembuhan Penyakit TBC – TBC atau TB atau tuberkulosis yaitu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada saluran pernapasan terutama paru-paru. Penyakit TBC biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menyembuhkannya karena bakteri yang menyerangnya sangatlah kuat. Bahkan sering menginfeksi paru-paru 90% dari pada organ lainnya dalam tubuh manusia. TBC sangat cepat berkembang biak pada paru-paru yang dapat menyebabkan anda batuk berkepanjangan.

Penyakit TBC cepat menular dan sekarang ini menjadi perhatian khusus dunia. Karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian apabila dibiarkan cukup lama. Sampai sekarang tidak ada satupun negara yang terbebas dari penyakit TBC. TBC dapat ditularkan melalui dahak penderita, makanan yang mengandung bakteri TBC, dan udara. Untuk itu biasanya dokter akan memberikan obat yang dapat mencegah menularnya bakteri TBC. Agar penderita tidak dapat menularkannya kepada orang lain.

Karena tingkat bahayanya bisa sampai menyebabkan kematian mari kita lakukan usaha pencegahan dengan cara, sebagai berikut :

Pencegahan penyakit TBC :

  1. Usahakan jangan tidur dan menggunakan barang-barang penderita TBC yang bisa menyebabkan tertularnya bakteri TBC.
  2. Usahakan sinar matahari dan udara segar masuk ke dalam tempat tidur.
  3. Buatlah rumah dengan ventilasi ruangan yang cukup baik. Karena bakteri TBC akan mudah menular pada ruangan tertutup yang membuat udara sulit bergerak.
  4. Imunisasi BCG bagi bayi 3 sampai 14 bulan.
  5. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Jangan lupa sayur dan buah-buahan serta mengkonsumsi suplemen. Sehingga meningkatkan sistem imun dalam tubuh.
  6. Olah raga secara teratur.
  7. Jika batuk segera periksakan ke dokter atau meminum obat agar lekas sembuh.
Upaya Penyembuhan Penyakit TBC
Upaya Penyembuhan Penyakit TBC (Ilustrasi)

Cara pencegahan penyakit TBC oleh penderita agar tidak menularkan ke orang lain adalah :

  1. Konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan protein.
  2. Sebaiknya jika sudah tahu terkena TBC, tidak bepergian kemana-mana baik ke sekolah maupun ke kantor atau menghadiri acara-acara penting. Mintalah ijin selama seminggu dalam menjalani pengobatan.
  3. Jangan tidur satu kamar atau kasur dengan orang lain.
  4. Usahakan ruangan khususnya kamar penderita cukup sirkulasi udaranya. Bukalah jendela setiap pagi karena virus TBC mudah menyebar dalam ruangan yang tertutup.
  5. Jangan menggunakan barang atau alat dan wadah berbagi dengan orang lain, walaupun anak, istri dan saudara. Karena dapat menularkan virus TBC dengan cepat kepada orang-orang yang berbagai alat dengan penderita.
  6. Pisahkan barang-barang penderita penyakit TBC dan pisahkan juga saat mencucinya.
  7. Usahakan setiap pagi menjemur kasur, bantal, guling, di tempat yang tepat jarang di lewati orang-orang.
  8. Gunakan masker penutup mulut dan hidung di manapun berada selama pengobatan TBC berlangsung. Jangan membuang masker sembarangan karena dapat menularkan virus TBC kepada orang lain.
  9. Meludah pada tempat atau wadah yang disediakan dan sudah diberi desinfektan atau air sabun serta jangan meludah di sembarang tempat.
  10. Hindari udara dingin dan berjemur setiap pagi agar cukup asupan vitamin D dalam tubuh. Agar tubuh penderita tetap terlihat sehat dan segar.
  11. Istirahat dengan cukup.

Dengan upaya pencegahan dapat mengurangi resiko anda terkena penyakit TBC. Namun jika sudah merasakan gejala-gejala di bawah ini agar anda bisa melakukan penanganan yang tepat.

Gejala penyakit TBC adalah sebagai berikut :

  1. Gejala yang paling utama adalah batuk berdahak selama tiga minggu lebih dan sulit dihentikan.
  2. Terkadang mengeluarkan dahak bercampur dengan darah.
  3. Sering terasa sesak napas dan nyeri di dada.
  4. Merasakan demam meriang yang lebih dari satu bulan.
  5. Keringat dingin di malam hari tanpa sebab.
  6. Badan mudah terasa lemah, letih, dan lesu.
  7. Nafsu makan menurun diikuti dengan menurunnya berat badan.

Itu hanya gejala yang umum dirasakan oleh penderita TBC, Apabila anda sudah merasakan gejala-gejala di atas segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat mengetahui tingkat keparahan dan jenis penyakit yang diderita. Setelah dilakukan diagnosa akan tahu tingkat keparahan TBC yang anda derita, setelah itu dokter akan membantu anda mencari solusi untuk menyembuhkannya dengan pengobatan secara medis.

Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk penyembuhan penyakit TBC yaitu:

a. Pengobatan secara medis
Jika anda merasakan gejala-gejala seperti di atas segara periksakan ke dokter atau ke puskesmas terdekat. Sekarang ini, dokter-dokter penyakit paru-paru di Indonesia tidak kalah dengan dokter di rumah sakit. Sudah banyak penderita TBC sembuh hanya berobat ke puskesmas secara gratis. Biasanya seseorang yang telaten dalam pengobatan dalam waktu 6 bulan atau bisa kurang mereka sudah sembuh.
Karena TBC penyakit yang menyerang organ tubuh penting, serta disebabkan karena virus, maka penderita harus secara rutin minum obat sesuai dengan tahapan yang diberikan oleh dokter. Dengan adanya puskesmas anda tidak mengeluhkan keuangan lagi.

b Pengobatan dengan susu kambing
Susu kambing mengandung kadar flourin mencapai 10-100 kali lebih tinggi daripada kandungan dalam susu sapi. Flourin merupakan antiseptik alami yang dapat mencegah masuk dan tumbuhnya bakteri dalam tubuh. Dapat juga meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai penambah sistem kekebalan dalam tubuh.

Bagi penderita TBC yang sedang menjalani pengobatan medis akan lebih baik lagi dibarengi dengan mengkonsumsi susu kambing secara teratur. Sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat hanya dalam waktu 3 bulan saja.

c Pengobatan dengan bahan alami
Siapkan 3 lembar daun sirih, 7 biji cengkeh, 7 biji kemukus, 7 biji kapulaga, dan 1 jari kayu manis. Lalu rebuslah dengan empat gelas air dan biarkan agar menjadi du gelas saja. Kemudian angkatlah dari kompor dan biarkan agar dingin lalu saringlah. Lalu bagi 2 gelas tadi dan minumlah 3 kali sehari.

Atau bisa juga dengan menggunakan kulit manggis atau dengan daun sirsak. Sekarang sudah tersedia obat herbal yang dikemas secara praktis dan bisa langsung diminum. Dengan memadukan obat medis dan alami penyembuhan akan menjadi lebih cepat.

Hal-hal yang harus  dilakukan oleh penderita TBC

  1. Jangan pernah berpikir tentang masalah berat, karena dapat membuat penderita stres sehingga percuma saja pengobatan yang dijalani.
  2. Usahakan untuk merefreskan diri dan pikiran dengan datang ke tempat yang indah dan tenang serta menghindari lingkungan yang bising dan banyak masalah.
  3. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta halal.
  4. Jangan sampai mengonsumsi minuman keras dan merokok.
  5. Selalu menjaga kesehatan diri dan lingkungan dengan secara rutin membersihkan kamar.
  6. Perbanyak ibadah dan menjaga kebersihan hati.
  7. Jalan-jalanlah di pagi hari sembari menikmati udara segar juga mengagumi keindahan ciptaan Tuhan. Serta selalu bersyukur kepadaNya atas nikmat yang diberikan. Ini akan memotivasi penderita untuk cepat sembuh. Karena kondisi psikologis mempunyai pengaruh penting bagi kesehatan fisik seseorang.

Demikianlah artikel mengenai Upaya Penyembuhan Penyakit TBC, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- apakah penderita tbc bisa gemuk, - alat sirkulasi pasien paru dengan tbc, - Posisi tidur penderita tbc, - posisi tidur untuk penderita tbc, - bagaimana cara menghilangkan virus TBC pada benda2, - hal yang harus dilakukan penderita tbc, - pemulihan penyakit tbc, - apakah boleh tidur barang orang tbc, - apakah penderita tb paru bisa gemuk??, - posisi tidur tb paru

data-ad-format="link">
Upaya Penyembuhan Penyakit TBC Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 3,587 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *