Penderita TBC

Penderita TBC – Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri mikobakterium tuberkulosa.

Bakteri TB merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru-paru (90%) dibandingkan bagian lain tubuh manusia.

Maka itu penting bagi penderita TB untuk disiplin minum obat sesuai anjuran dokter. Jika disiplin ditegakkan, pengobatan TB dalam waktu 6 hingga 9 bulan biasanya sudah mulai membuahkan hasil. Jika pengobatan yang dilakukan terputus dapat berakibat munculnya kasus kekebalan terhadap obat anti TB. Bahkan pengobatan harus diulang dari awal atau malah obat sudah tidak efektif.

Penderita yang terserang basil TB tersebut biasanya akan mengalami demam tapi tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya dirasakan malam hari disertai keringat malam. Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul.

Gejala lain, penurunan nafsu makan dan berat badan, batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah), perasaan tidak enak (malaise), dan lemah.

Di Indonesia, penyakit TBC masih menempati urutan ke-3 di dunia untuk jumlah kasus setelah India dan China. Walaupun secara prosentase angka penderita TBC di Indonesia sudah menurun, namun setiap tahun penderita TBC bertambah sekitar 9 juta. Setiap tahun terdapat 250.000 kasus baru dan sekitar 140.000 kematian akibat TB.

penyakit TBC

 

Demikianlah informasi mengenai Penderita TBC, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*