Asal Usul Pijat Refleksi
Asal Usul Pijat Refleksi

Asal Usul Pijat Refleksi

5/5 (1)

Asal Usul Pijat Refleksi – Dahulu kala, ribuan tahun yang lalu di negeri Tiongkok, ada seseorang penderita usus buntu. Suatu hari, ketika berjalan, tanpa sengaja kakinya terantuk batu dan terjatuh. Kakinya memar akibat terantuk batu tersebut, namun tidak berapa lama kemudian, justru sakit usus buntu yang dideritanya menjadi sembuh. Seledik-punya selidik, ternyata luka memar di kakinya merupakan zona yang tepat untuk penderita usus buntu.

Lain lagi ceritanya dengan seorang prajurit yang batuk-batuk di medan perang, suatu waktu dalam pertempuran, ia terkena pukulan gagang tombak dengan keras yang mengakibatkan memar, dan ternyata daerah yang memar tersebut merupakan zona refleksi untuk batuk-batuk yang kemudian menyebabkannya sembuh dari batuknya.

Dari kisah tersebut, sejak saat itu, para tabib Cina – Tiongkok kemudian mengembangkan zona terapi pijat refleksi, dengan memijat secara dalam-dalam bagian tertentu untuk menyembuhkan penyakit tertentu yang diderita oleh pasiennya. Yang kemudian berkembang menjadi tusuk jari dan tusuk jarum.

Asal Usul Pijat Refleksi

Refleksologi modern yang ada sekarang ini merupakan pengembangan dari terapi kuno. Ada bukti dari beberapa bentuk terapi kaki dan tangan yang dipraktekkan di Tiongkok sejak 2330 SM. dan juga pada saat yang sama di Mesir, seperti yang digambarkan di makam Ankmahor. Suku Indian Amerika Utara, diketahui telah melakukan terapi kaki selama ratusan tahun.

Refleks pada kaki dan tangan kita bertindak sebagai bayangan cermin tubuh. Terapi Zona atau pijat refleksi ini juga pernah dilakukan oleh Presiden Amerika, James Abram Garfield yang katanya menekan kakinya untuk menghilangkan rasa sakit.

Selama abad ke-16 sejumlah buku diterbitkan Terapi Zona atau pijat refleksi, yang satu ditulis oleh Dr Adamus dan Dr A’tatis dan satu lagi ditulis oleh oleh Dr Ball di Leipzig.

Refleksologi kaki telah menjadi terapi pelengkap yang disambut baik olehi banyak orang sejak tahun 1930-an karena kaki mudah diakses dan tidak perlu menanggalkan pakaian. Sejarah refleksologi sebagai seni pengurangan stres berdasarkan teori bahwa tubuh direfleksikan pada kaki dalam bentuk tubuh merupakan karya dua orang dokter Amerika, Dr. William FitzGerald dan Dr. Joe Shelby Riley pada tahun 1920-an.

Pijat refleksi merupakan salah satu dari 6 cara relaksasi tubuh untuk mengurangi stres.

Dari Wikipedia Asal Usul Pijat Refleksi:

Praktik yang menyerupai refleksologi mungkin telah ada pada periode sejarah sebelumnya. Praktik serupa telah didokumentasikan dalam sejarah Tiongkok dan Mesir.Refleksologi diperkenalkan ke Amerika Serikat pada tahun 1913 oleh William H. Fitzgerald, M.D. (1872–1942), spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan, dan Edwin F. Bowers. Fitzgerald mengklaim bahwa menerapkan tekanan memiliki efek anestesi pada area lain dari tubuh. Itu dimodifikasi pada 1930-an dan 1940-an oleh Eunice D. Ingham (1889–1974), seorang perawat dan fisioterapis. Ingham mengklaim bahwa kaki dan tangan sangat sensitif, dan memetakan seluruh tubuh menjadi “refleks” di kaki, mengganti nama refleksologi “terapi zona”. Ahli refleksologi modern menggunakan metode Ingham, atau teknik serupa yang dikembangkan oleh refleksolog Laura Norman.

Demikianlah Asal Usul Pijat Refleksi, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Asal Usul Pijat Refleksi Post in | Last updated: September 3rd, 2018 | 47 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan