10 Khasiat Ampas Teh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Apa Anda biasa mengonsumsi teh setiap hari? Beberapa manfaat dari daun teh memang sudah terkenal dan banyak diketahui oleh orang di berbagai penjuru dunia. Namun bukan hanya daun teh yang masih segar yang dapat memberikan manfaat lebih, ampas dari teh ternyata juga memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan tubuh yang berhubungan dengan kecantikan.

Manfaat ampas teh

Manfaat ampas teh (Ilustrasi/pixabay)

Jika menilik khasiat dan keutamaannya untuk kecantikan, kelebihan dari bahan alami semacam ini ialah lebih aman dari kemungkinan adanya berbagai zat berbahaya yang biasa ditemukan pada produk-produk kecantikan olahan pabrik. Sehingga akan meminimalisir adanya efek samping yang buruk pada pemakaian jangka panjang, sebaliknya justru akan membantu mencerahkan kulit Anda.

Jika Anda penasaran dengan khasiat ampas teh bagi kesehatan dan kecantikan, berikut ini ulasannya untuk Anda :

10 Khasiat Ampas Teh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. MENGHILANGKAN KETOMBE

Ampas teh juga dapat menyehatkan kulit kepala, dengan begitu ampas teh ini juga dapat membantu mengurangi dan bahkan menghilangkan ketombe. Cara pakainya cukup mudah, gunakan teh basi atau ampas teh tadi pada kulit kepala setelah keramas. Kemudian pijat-pijat ampas teh tersebut secara merata selama kurang lebih 10 menit, tujuannya ialah agar nutrisi dari ampas teh tadi dapat diserap dengan baik oleh kulit kepala. Langkah terakhir, bilas kembali dengan menggunakan shampoo seperti biasa. Lakukan tips ini dua kali sehari hingga Anda memperoleh hasilnya.

2. MENGATASI RAMBUT RONTOK

Masih tentang manfaat ampas teh untuk kulit kepala. Siapa sangka jika ampas teh juga mampu mengatasi masalah rambut rontok. Caranya juga tak jauh berbeda dengan cara menghilangkan ketombe tadi, cukup mengusapkannya pada rambut Anda. Hanya saja Anda bisa lebih intensif untuk kuantitas penggunaannya yakni satu kali sehari. Dan terapkan cara ini sampai sekiranya rambut terlihat lebih sehat dan lebih kuat.

3. MENCERAHKAN KULIT WAJAH

Jika Anda tertarik untuk melakukan perawatan kulit menggunakan bahan-bahan alami, sekiranya ampas teh ini bisa menjadi salah satu alternatif sederhana buat Anda terapkan di rumah. Caranya juga terbilang cukup mudah dan umum. Ambil ampas teh yang sudah dibiarkan dingin terlebih dahulu, lalu tempelkan pada wajah selama 5 menit sambil di pijat-pijat kecil. Setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini seminggu sekali.

4. MENGHILANGKAN BAU KAKI TAK SEDAP

Untuk mendapatkan khasiat yang satu ini, ampas teh perlu Anda campurkan dengan cuka dan air hangat. Untuk perbandingan larutannya adalah 1:2. Rendam kaki pada campuran tersebut setiap hari selama seminggu. Lakukan perawatan ini setiap hari hingga bau pada kaki berkurang. Tanin yang ada pada ampas teh terutama teh hitam mampu digunakan untuk membasmi bakteri dan mengecilkan pori-pori.

5. MENYEMBUHKAN LUKA BAKAR

Kemampuan ampas teh ini bisa Anda gunakan untuk pertolongan pertama pada luka bakar. Cukup tempelkan pada bagian yang terkena luka bakar tadi, maka akan membantu menghindari luka agar tidak melepuh serta meredakan rasa panas.

6. MENGHILANGKAN NODA BEKAS JERAWAT

Yang satu ini memang bisa dibilang merupakan gangguan yang cukup membuat kesal bagi pria dan terlebih bagi wanita. Ya, noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan yang dapat terlihat jelas di wajah. Namun jangan khawatir, ampas teh bisa diandalkan untuk membantu mengatasi masalah ini. Kandungan Polifenol dan antioksidan yang terdapat dalam ampas teh sangat membantu untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Cara menggunakannya cukup dengan menempelkan kantong teh pada titik hitam bekas jerawat selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

7. MENYEMBUHKAN LUKA MEMAR

Ampas teh ternyata juga efektif untuk meringankan luka memar. Memar terjadi ketika pembuluh darah kapiler dalam tubuh pecah yang disebabkan oleh sebuah benturan. Adanya kandungan Tanin pada sekantong ampas teh akan sangat membantu untuk menyempitkan pembuluh darah, yang tujuannya ialah untuk menghentikan aliran darah yang berlebih di area benturan tadi.

8. MENGHENTIKAN PENDARAHAN KECIL

Jika tanpa sengaja jari Anda teriris oleh pisau semisal saat memotong sayuran, Anda bisa menggunakan kantong teh yang sebelumnya terlebih dahulu dicelupkan ke dalam air panas. Adanya kandungan Tanin dalam kantong teh tersebut yang membantu proses pembekuan darah. Caranya cukup mudah yakni dengan meletakkan ampas atau kantong teh tadi pada luka selama 30 detik.

9. MELENYAPKAN KANTUNG MATA

Ampas teh juga cukup efektif untuk menghilangkan efek dari mata lelah yang menyebabkan timbulnya kantung mata. Dengan cara ini maka akan membantu meringankan dan membuat rileks mata yang lelah. Ampas teh ini bisa digunakan saat sudah dingin maupun saat masih hangat sebagai kompres penenang mata yang lelah atau sakit. Caranya dengan mengompres mata Anda selama 15 menit.

10. MENGOBATI SARIAWAN

Selain dari buah jeruk dan sumber vitamin C lainnya, Anda bisa memanfaatkan ampas teh sebagai alternatif untuk mengobati sariawan. Caranya, pertama dinginkan kantong teh bekas dalam kulkas atau langsung pada bagian freezer. Setelah dingin, gunakan dengan cara ditempelkan pada sariawan.

Demikian beberapa manfaat ampas daun teh bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Dengan begini saya berharap informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda terutama yang ingin mendapatkan manfaat kesehatan selain dari obat-obatan dokter, dengan memanfaatkan bahan-bahan alami atau yang ada di sekitar Anda.

Leave a Reply

*