Tips Agar Tetap Cantik Selama Hamil
Tips Agar Tetap Cantik Selama Hamil

13 Tips Agar Tetap Cantik Selama Hamil

Infosehatkeluarga.com – Ketika hamil, tubuh akan mengalami beberapa perubahan fisik seperti badan yang membengkak, kulit tidak segar, wajah lesu, rambut kusam, timbul jerawat, perubahan rona pada kulit, dan timbulnya stretch marks. Hal ini antara lain disebabkan oleh perubahan produksi hormon, stres, kelelahan, dan penambahan porsi makan demi pertumbuhan janin.

Pada trimester pertama, hormon estrogen akan melonjak sehingga mengakibatkan kulit kusam, kering, dan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Selain itu, akan timbul rasa gatal pada kulit dan bercak kehitaman di sekitar wajah, leher, dan ketiak.

Menurut dr. Iswan Syarif, SpOG (K), adanya hormon androgen juga dapat menimbulkan jerawat. Sedangkan untuk flek hitam atau disebut chloasma gravidarum terjadi karena adanya perubahan hormonal.

Tips Agar Tetap Cantik Selama Hamil
Tips Agar Tetap Cantik Selama Hamil

Semua perubahan ini mungkin akan membuat Anda, para ibu hamil, kehilangan kepercayaan diri. Tetapi tenang saja karena berikut ini akan kami sajikan tips membuat diri tetap terlihat cantik meski sedang berbadan dua.

  1. Susu Pembersih

Tips pertama untuk perawatan wajah yaitu bersihkan wajah menggunakan susu pembersih yang sesuai dengan jenis kulit minimal 2 kali sehari, pagi hari dan malam menjelang tidur. Hal ini bertujuan untuk mengatasi kulit yang kering, berminyak, dan berjerawat. Biasanya terjadi di daerah dahi, hidung, dan dagu.

  1. Facial

Tips kedua untuk perawatan wajah ialah melakukan facial sebulan sekali. Hal ini bertujuan untuk mengurangi efek wajah yang kusam sehingga wajah terlihat segar kembali. Sebaiknya ketika melakukan facial, pilih yang berbahan natural agar tidak menimbulkan efek samping.

  1. Kertas Minyak Wajah

Jangan lupa selalu sedia kertas minyak wajah dimanapun Anda berada. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kulit wajah yang selalu berminyak ketika hamil. Bersihkan wajah dengan kertas minyak wajah lalu bubuhkan bedak tabur tipis saja.

  1. Sunblock

Selama kehamilan, kulit akan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, pakailah sunblock atau pelindung kulit dari sinar ultraviolet dengna kandungan SPF yang tinggi, yaitu sekitar 30-50. Gunakan pada wajah juga tentunya.

  1. Make-up

Make-up digunakan untuk menutupi wajah yang terlihat besar karena ukuran tubuh yang juga membengkak. Paling penting sapukan shading di bagian pipi atas hingga bawah. Kemudian tutupi dengan bedak yang berwarna lebih terang dari garis shading. Menurut beberapa pendapat, Anda juga bisa mengkreasikan make-up dengan warna lipstick atau eyeshadow asal tidak terlalu menor. Hindari memakai make-up yang terbuat dari bahan-bahan yang berbahaya  bagi janin, seperti merkuri, retinoid, dan salicylic acid.

  1. Mandi

Barangkali sudah jelas bahwa kita sangat perlu mandi minimal 2 kali sehari dengan sabun yang lembut. Hal ini karena tubuh wanita hamil banyak mengeluarkan keringat sehingga menyebabkan tubuh tidak nyaman dan bau. Perhatikan bagian tubuh yang penting seperti leher, ketiak, lipatan payu**dara, paha, dan perut. Setelah mandi, gunakan lotion tanpa kandungan olive oil agar kandungan minyak pada tubuh tidak bertambah.

  1. Pedicure Menicure

Kuku dapat menjadi kering dan pecah-pecah sebagai akibat dari berat badan yang meningkat dan berbagai pengaruh lainnya. Hal ini dapat mengurangi keindahan kaki, tumit, dan kuku. Oleh karena itu, perawatan kuku perlu untuk dilakukan minimal 2 kali dalam sebulan. Selanjutnya, oleskan krim pelembut kulit kaki dan tangan setiap habis mandi.

  1. Minum Jus

Jus memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Perbanyak minum jus segar terutama jus jeruk yang kaya akan kandugan vitamin C yang akan membantu penyerapan zat besi sehingga menurunkan risiko terkena anemia. Selain itu, vitamin dan zat besi dapat menghindarkan para ibu hamil dari morning sickness, sebuah peristiwa tidak nyaman yang seringkali dialami oleh para ibu hamil.

  1. Olahraga

Kata siapa wanita hamil tidak boleh berolahraga. Kehamilan jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Gerakkan tubuh Anda dengan mengikuti yoga, senam hamil, atau sekadar berjalan-jalan. Olahraga selama kurang lebih 2 jam dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres, dan membuat kulit lebih segar. Selain itu, olahraga juga membuat janin lebih sehat.

  1. Istirahat Yang Cukup

Beberapa hal yang terjadi selama kehamilan memang membuat para wanita susah tidur. Namun, jangan biarkan hal ini terjadi karena bagaimanapun juga Anda perlu istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan dan kecantikan Anda. Kurang tidur menyebabkan wajah kusam dan lesu. Susah tidur dapat diatasi dengan tidur dengan posisi miring dan lutut menekuk. Gunakan tiga bantal sebagai tumpuan kaki ketika tidur. Dengan menumpuk bantal juga bermanfaat untuk mengatasi pembengkakan pada kaki akibat membesarnya pembuluh darah.

  1. Positive Thinking

Pikiran yang sehat menghasilkan penampilan yang cantik. Cobalah membangun kepercayaan diri dengan selalu memikirkan hal-hal positif. Misalnya, ingatlah bahwa kehamilan merupakan masa yang membahagiakan karena ada buah hati tercinta dalam kandungan Anda. Atau percayalah bahwa Andalah hot mom sejati.

  1. Minum Air Putih

Penelitian menjelaskan bahwa kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi, pusing, sirkulasi darah tidak lancar dan otak sulit untuk berpikir. Oleh karena itu, selalu minum minimal 8 gelas air putih setiap hari. Minum air putih juga akan menjaga kesehatan kulit dan janin Anda.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi sangat dibutuhkan bagi ibu hamil. Makanlah makanan yang mengandung banyak vitamin, serat dan zat besi. Seperti yang telah dijelaskan di atas, vitamin dan zat besi diperlukan untuk mengurangi risiko penyakit anemia, menghindarkan dari morning sickness, dan menyegarkan tubuh.

Demikian artikel saya mengenai 13 tips agar tetap cantik selama hamil. Semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
13 Tips Agar Tetap Cantik Selama Hamil Post in | Last updated: December 10th, 2017 | 26 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *