14 Perawatan Kulit Wajah Kering

By | January 3, 2017
Merawat kulit wajah kering

Kulit wajah manusia memiliki beberapa tipe yang berbeda pada setiap individu. Ada empat tipe kulit wajah, antara lain kulit kering, kuling berminyak, kulit kombinasi, dan kulit normal. Kali ini, kita akan membahas tentang kulit kering beserta dengan cara perawatannya.

Ciri-ciri kulit kering ialah kulit terasa kering dan ketat. Apalagi ketika terjadi pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan. Cuaca yang sering berubah-ubah membuat suhu lingkungan tidak stabil dan kulit menjadi tidak nyaman. Ciri-ciri lainnya ialah kulit terasa kasar, bersisik dan terkadang pecah-pecah. Kondisi ini disebabkan karena kondisi kulit yang kurang lembab. Selain itu, kelenjar lemak pada kulit tipe kering hanya mengeluarkan minyak dalam jumlah yang sedikit. Sehingga kulit menjadi tampak kusam dan kucel.

Merawat kulit wajah kering

Merawat kulit wajah kering (Ilustrasi/pixabay)

Cara merawat kulit wajah kering

Jika Anda tipe orang berkulit kering, sebaiknya Anda selalu menjaga kelembapan kulit wajah Anda. Caranya sebagai berikut:

  1. Menggunakan lotion sehabis mandi.
  2. Tidak mandi terlalu lama, termasuk berendam dalam air.
  3. Gunakan air hangat ketika mandi.
  4. Pada pagi hari, basuh wajah menggunakan air dingin. Setelah itu, gunakan pelembab untuk menjaga kelembapannya.
  5. Pada malam hari, gunakan sabun pembersih untuk membersihkan wajah. Pakai sabun pembersih hanya sekali dalam sehari.
  6. Mandi cukup dua kali dalam sehari. Hal ini didasarkan pada penelitian yang pernah dilakukan. Jadi, telah teruji hasilnya.
  7. Kulit kering membutuhkan cadangan air yang banyak. Untuk mencegah dehidrasi dan kulit kering serta keriput, minumlah air yang banyak serta banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur.
  8. Hindarkan wajah dari paparan suhu yang terlalu panas dan terlalu dingin, seperti udara dari AC dan radiasi sinar matahari.
  9. Sebisa mungkin hindari debu serta asap kendaraan bermotor. Anda bisa memakai masker penutup wajah.
  10. Zat-zat basa seperti sabun dan detergen yang tertinggal dalam pori-pori kulit membuat kulit kita semakin kering. Oleh karena itu, ketika akan menggunakan detergen sebaiknya gunakan sarung tangan atau alat lain seperti sendok.
  11. Olahraga rutin agar aliran darah menjadi lancar. Aliran darah yang lancar akan membawa aliran nutrisi ke seluruh bagian tubuh termasuk ke wajah sehingga wajah kita akan terlihat lebih berseri dan lebih segar.
  12. Rutin mengoleskan minyak zaitun ke permukaan kulit. Minimal sekali sehari dan lebih baik digunakan pada malam hari sebelum tidur.
  13. Memperbanyak mengonsumsi vitamin E yang dapat membuat kulit jadi lebih halus.
  14. Menggunakan obat-obatan lain atau terapi yang telah dianjurkan oleh dokter.

Demikianlah cara merawat kulit wajah kering, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *