3 Tips Supaya Tetap Sehat Di Musim Hujan

Perubahan cuaca berdampak juga pada kondisi kesehatan. Jika kualitas imun tubuh kamu menurun akan sangat memungkinkan kamu mudah terserang penyakit. Meriang, flu, puyeng biasanya merupakan penyakit yang sering hinggap saat musim hujan seperti sekarang ini. Walau terbilang penyakit ringan tapi bisa juga mempengaruhi mood kamu untuk bekerja. Ujung-ujungnya kamu jadi kurang bersemangat. Kalau penyakit-penyakit ringan itu sudah mulai menyerang. Segera atasi sebelum semakin parah. Simak tipsnya berikut ini.

3 Tips Supaya Tetap Sehat Di Musim Hujan

Tips tetap sehat di musim hujan

Tips tetap sehat di musim hujan (Ilustrasi/pixabay)

Gejala flu

Meminum minuman dingin memang menyegarkan tapi kalau diminum saat musim hujan besar kemungkinan kamu bakal terserang flu. Biasanya hidung mulai terasa gatal, sering bersin-bersin, dan salah satu lubang hidung mulai tersumbat untuk bernafas.

Cara mengatasinya, minumlah air mineral hangat. Kebanyakan orang mengatasi hidung tersumbat dengan menghirup minyak kayu putih. Namun, jika kamu tidak menyukai aroma minyak kayu putih kamu bisa menggantinya dengan essensial oil. Kamu bisa menggunakan essential oil yang aromanya eucalyptus atau peppermint. Supaya flu enggak makin parah perhatikan asupan makanan kamu. Lebih baik perbanyak mengonsumsi vitamin C dari buah-buahan atau sayur daripada mensuplai tablet vitamin C.

Redang tenggorokan

Setelah flu penyakit berikutnya yang pasti menyusul ialah radang tenggorokan. Kamu merasa tenggorokan mulai gatal dan sulit menelan. Kalau sudah begini perlahan-lahan badan kamu akan meriang. Ini kombinasi yang paling enggak enak banget kalau mau tidur. Karena sudah pasti badan kamu akan terasa enggak nyaman banget.

Cara mengatasi, minumlah madu yang telah dicampur dengan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Minumlah saat bangun tidur di pagi hari. Karena meminum campuran madu dan perasan jeruk lemon di pagi hari memberi manfaat baik untuk mendetoks tubuh.

Selain itu, kamu juga bisa membuat minuman dari beberapa rempah, salah satunya teh serai. Minuman ini warnanya serupa teh tapi sama sekali enggak memakai teh. Sangat mudah membuatnya. Cukup sediakan beberapa batang serai yang sudah dipotong-potong, jahe secukupnya, madu dan jeruk nipis. Rebus potongan serai dan jahe. Siapkan gelas yang sudah diisi madu dan perasan jeruk nipis. Setelah air rebusan serai dan jahe matang tuangkan ke gelas.

Masuk angin

Mulai merasa menggigil karena AC di kantor kok kayaknya lebih dingin dari biasanya. Wah ini tandanya kamu terserang masuk angin. Biasanya saat masuk angin kamu bakal terlihat enggak keren. Karena terpaksa harus sesekali bersendawa. Perut terasa kembung dan kepala pun puyeng.

Pasti kamu sudah tahu dong ada jamu untuk mengatasi masuk angin. Tapi kalau kamu enggak suka rasanya mending kamu minum jahe susu. Cara membuatnya juga sangat mudah. Sediakan air, susu dan jahe. Lebih mantap jika kamu merebus semua bahan-bahan secara bersamaan supaya aroma jahe semakin menyatu dengan susu. Minumlah saat menjelang tidur di malam hari. Dijamin tidur kamu bakal nyenyak, perut kamu terasa adem dan hangat. Besok pagi siap memulai aktivitas dengan semangat.

Demikianlah 3 Tips Supaya Tetap Sehat Di Musim Hujan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*