Cara alami meredakan batuk
Cara alami meredakan batuk (Ilustrasi/pixabay)

4 Bahan Alami Meringankan Batuk

Batuk merupakan jenis penyakit ringan yang sering kali diderita karena sistem imunitas tubuh yang sedang tidak bagus. Meskipun hanya penyakit ringan, batuk yang dibiarkan begitu saja tentu akan mengganggu keseharian kita. Jika anda tidak suka meminum obat-obatan kimia, 4 bahan alami ini juga bisa dikonsumsi untuk meringankan sakit batuk:

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis dapat anda belah dua dan dikonsumsi sebagai obat untuk menyembuhkan batuk berdahak. Batuk berdahak yang disebabkan oleh virus atau pun terjadi peradangan pada lapisan lendir yang ada di saluran pernapasan ini cukup diatasi dengan perasan jeruk nipis yang telah dicampur kecap saja. Minumlah ramuan jeruk nipis dan kecap tersebut 2-3 kali dalam sehari. Jika anda tidak suka menambahkan kecap, anda dapat menggantinya dengan madu.

Cara alami meredakan batuk
Cara alami meredakan batuk (Ilustrasi/pixabay)
  1. Jahe

Jahe yang memiliki sifat anti-bakteri ini juga dapat diandalkan untuk menyembuhkan sakit batuk berdahak. Wedang jahe dapat anda minum minimal 1 kali sehari.

Cara membuatnya ialah dengan memotong jahe dan merebusnya sampai mendidih, kemudian tambahkan gula. Minumlah selagi hangat.

  1. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh memiliki rasa yang sangat asam dan biasanya dicampurkan pada masakan sayur asam. Tapi, anda juga perlu tahu kalau belimbing wuluh dapat menjadi obat untuk batuk berdahak. Caranya yaitu dengan memarut belimbing wuluh hingga halus, kemudian tambahkan satu gelas air. Lalu saring sehingga anda akan mendapatkan sari belimbing wuluh, selanjutnya tambahkan sedikit garam. Ramuan tersebut dapat anda minum 2 kali sehari di pagi dan sore.

  1. Asam jawa

Batuk juga dapat diobati dengan asam jawa. Paduan asam jawa dan gula merah akan menjadi obat batuk yang enak dan segar.

Caranya, ambil 10 buah asam jawa yang sudah dipisahkan dari bijinya, kemudian tuangkan satu gelas air panas ke dalamnya dan jangan lupa tambahkan gula merah secukupnya. Anda dapat meminumnya selagi hangat.

Nah, itulah 4 bahan alami yang dapat anda jadikan ramuan sendiri untuk menyembukan batuk. Bagaimana, berniat untuk meracik dan mendapatkan manfaatnya?

data-ad-format="link">
4 Bahan Alami Meringankan Batuk Post in | Last updated: October 1st, 2016 | 36 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *