Menjadi dokter keluarga
Menjadi dokter keluarga (Ilustrasi/pexels)

4 Cara Cerdas Menjadi Dokter Bagi Keluarga

Masalah memang selalu terjadi hampir setiap harinya, apalagi di dalam keluarga. Hai Bunda, sebagai ibu rumah tangga kita perlu tahu berbagai tips untuk menyelesaikan masalah, dan yang akan kita bahas di sini idalah masalah kesehatan. Ketika buah hati atau pun suami tiba-tiba menderita penyakit ringan yang memang mudah datang, inilah 4 cara cerdas yang dapat anda lakukan sebagai dokter untuk keluarga anda:

  1. Mengobati masuk angin

Masuk angin menjadi salah satu penyakit yang mudah sekali datang. Apabila di keluarga anda ada yang sedang mengalami masuk angin, sebaiknya tak perlu buru-buru memanggil dokter. Anda dapat membuat ramuan dengan bahan alami untuk menyembuhkan masuk angin. Yang anda perlukan cukup madu dan ketumbar. Caranya, campurkan satu sendok ketumbar dengan air, lalu masak sampai mendidih. Setelah itu, tambahkan madu secukupnya. Sebaiknya ramuan ini diminum selagi panas.

Menjadi dokter keluarga
Menjadi dokter keluarga (Ilustrasi/pexels)
  1. Mengobati sariawan

Sariawan merupakan peradangan yang biasanya ada di bibir maupun lidah. Memiliki sariawan pastinya akan mengganggu, karena rasanya yang perih sehingga dapat menjadikan seseorang tidak nafsu makan atau pun enggan bicara. Jika anggota keluarga anda sedang menderita sariawan, anda dapat membuat ramuan dari buah tomat yang sudah masak. Caranya dengan menghaluskan buah tomat yang sudah dikupas kulitnya, lalu campur dengan segelas air hangat. Kemudian tambahkan gula dan madu. Rutin mengonsumsi ramuan ini 2 kali sehari akan membuat sariawan sembuh lebih cepat.

  1. Mengobati batuk

Apabila anggota keluarga anda sedang terserang batuk, jangan panik, karena anda dapat menyembuhkannya dengan bahan alami berupa jeruk nipis dan kecap. Caranya, ambil perasan jeruk nipis sebanyak satu sendok teh, kemudian campur dengan kecap. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari. Selain itu, bahan lain yang juga dapat anda gunakan ialah kencur. Caranya cukup dengan menyiapkan kencur yang telah dikupas untuk dikunyah.

  1. Mengobati diare

Diare juga menjadi salah satu penyakit yang sering diderita dalam keluarga. Meskipun sepertinya penyakit ini tampak ringan dan tak berbahaya, namun diare bisa membuat penderitanya lemas tak berdaya apabila tak segera mendapat pertolongan. Anda bisa menggunakan bluluk (bakal buah kelapa) serta daun jambu biji untuk mengobati diare. Caranya, parut kedua bahan tersebut, lalu tambahkan sedikit garam dan setengah gelas air putih. Kemudian saringlah untuk diminum.

Nah, itulah 4 cara cerdas menjadi dokter keluarga. Dengan bekal tips-tips tersebut, sekarang siapkan menjadi dokter bagi keluarga anda, Bunda?

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- larangan teh hijau penderita hiv

data-ad-format="link">
4 Cara Cerdas Menjadi Dokter Bagi Keluarga Post in | Last updated: December 16th, 2016 | 54 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *