manfaat buah pisang dari segi kecantikan
manfaat buah pisang dari segi kecantikan (Ilustrasi/pixabay)

4 Manfaat Buah Pisang Untuk Kecantikan

Buah pisang merupakan salah satu buah yang sangat banyak dijumpai di Indonesia. Memiliki jenis yang beragam, pisang juga memiliki warna kulit yang berbeda-beda, mulai dari hijau, kuning, bahkan hampir hitam. Pisang bagus untuk dikonsumsi karena kaya akan mineral, karbohidrat yang ada pada pisang juga merupakan sumber energi. Selain bagus untuk dikonsumsi, pisang juga menjadi bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Mau tahu apa saja manfaat pisang? Berikut inilah diantaranya:

Manfaat buah pisang dari segi kecantikan

  1. Dapat mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati yang menumpuk pada wajah akan membuat wajah jadi terlihat kusam dan tentu tak bagus jika dibiarkan. Anda dapat mengangkat sel kulit mati ini dengan pisang dan buah strawberry. Caranya: hancurkan 2 buah tersebut hingga halus, lalu tambahkan dengan 2 sendok minyak zaitun, tambahkan pula setengah cangkir gula dan aduk sampai rata. Setelah itu, oleskan pada kulit sembari pijat lembut dengan jari untuk menghilangkan sel kulit mati. Setelah itu bilas dengan air. Lakukan hal tersebut seminggu sekali.

  1. Dapat mencerahkan kulit.
manfaat buah pisang dari segi kecantikan
manfaat buah pisang dari segi kecantikan (Ilustrasi/pixabay)

Kandungan vitamin C yang ada pada buah pisang diyakini dapat mencerahkan kulit. Apabila anda ingin menjadikan buah pisang sebagai masker, siapkan buah pisang, madu, dan juga tepung. Pertama-tama, hancurkan dulu pisang sampai menjadi seperti bubur, lalu campurkan dengan tepung, kemudian tambahkan pula satu sendok madu. Tinggal aplikasikan pada wajah, tunggu sampai 15 menit, lalu bilas air hangat. Lakukan satu minggu sekali.

  1. Mengatasi kaki kering

Kaki kering dan pecah-pecah dapat menjadi masalah, apalagi jika hanya dibiarkan, bisa semakin parah. Meski telah memakai pelembap, terkadang telapak kaki masih tetap kering dan mengalami pecah-pecah, khususnya bagi anda yang memiliki kulit sensitif, sehingga tidak tahan dengan cuaca buruk. Jika memang demikian, anda dapat merawat kaki kering menggunakan buah pisang. Caranya hanya dengan menghaluskan pisang dan menempelkannya pada kaki, biarkan selama 10 menit lalu bilas meggunakan air hangat. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan telapak kaki yang lembut kembali.

  1. Mengatasi masalah jerawat

Buah pisang dapat menjadi antibakteri alami yang membantu menyembuhkan jerawat. Selain itu, antioksidan dan juga berbagai vitamin yang ada pada pisang dapat mencegah kulit mengalami penuaan dini. Resep masker pisang untuk menghilangkan jerawat, yaitu dengan menyiapkan satu buah pisang matang yang telah dihaluskan, satu sendok susu, dan satu sendok havermut, lalu campurkan ketiganya. Setelah itu oles pada wajah, tunggu sampai 15 menit dan bilas menggunakan air hangat, dan kemudian basuh kembali dengan air dingin. Gunakan satu minggu sekali.

Itulah 4 manfaat buah pisang dari segi kecantikan. Ternyata pisang bukan hanya untuk dimakan, tapi juga bagus untuk perawatan kecantikan. Selamat mencoba.

data-ad-format="link">
4 Manfaat Buah Pisang Untuk Kecantikan Post in | Last updated: January 31st, 2017 | 389 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *