tips tidur berkualitas
Tips tidur berkualitas (Ilustrasi/pixabay)

4 Tips Untuk Mendapatkan Kualitas Tidur yang Baik

Bagi kebanyakan orang, tidur merupakan fase ketika memejamkan mata dan terlelap dalam mimpi, kemudian bangun pada esok hari. Namun, tahukah anda? Jika sebagian orang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Entah itu mengalami gangguan tidur insomnia atau pun ada beban berat di kepala yang membuat terus terjaga sepanjang malam.

Tidak bisa tidur tentunya akan membuat seseorang mengalami kelelahan dan kemungkinan terburuknya ialah mengalami masalah kesehatan karena tubuh tidak mendapatkan jatah istirahatnya. Tidur tak hanya sebuah kebutuhan untuk dilakukan, tapi memperoleh tidur yang berkualitas juga perlu diutamakan. Nah, berikut inilah 4 tips yang dapat anda terapkan agar mendapatkan kualitas tidur yang baik:

  1. Disiplin menerapkan waktu tidur

Menerapkan waktu tidur dan disiplin dalam menjalankannnya merupakan poin pertama agar anda selalu tidur tepat waktu. Dengan mematuhi jam tidur, maka anda juga akan memiliki jam bangun pagi secara teratur setiap harinya. Usahakan selalu tidur tepat waktu, bahkan meskipun besok merupakan hari libur.

tips tidur berkualitas
Tips tidur berkualitas (Ilustrasi/pixabay)
  1. Berolahraga dengan teratur

Olahraga ternyata mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Berolahraga secara teratur akan membantu menetralisir ketegangan fisik maupun pikiran. Tak perlu olahraga berat, cukup dengan berjalan kaki 20-30 menit setiap hari. Olahraga lain yang tak kalah ringan dan menyenangkan, misalnya: berenang dan bersepeda. Cukup sempatkan waktu minimal 3 kali dalam seminggu. Selain berguna untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, tentunya olahraga juga akan melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh jadi lebih sehat.

  1. Perhatikan apa yang anda konsumsi sebelum tidur.

Minuman yang mengandung kafein dapat menjadi penyebab seseorang sulit memejamkan mata di malam hari. Jika anda termasuk pecinta kopi, sebaiknya minum kopi sekitar 6-8 jam sebelum tidur. Tak hanya kafein, minuman yang mengandung tirosin yang biasanya terdapat pada coklat juga dapat membuat jantung berdebar-debar di malam hari.

  1. Ciptakan suasana yang baik ketika akan tidur

Menciptakan ketenangan dan suasana yang baik ketika hendak tidur juga diperlukan agar mendapatkan tidur yang berkualitas. Cari tahu apa yang akan membuat nyaman anda supaya dapat tidur dengan nyenyak. Misalnya saja, dengan mengatur kelembapan suhu udara di kamar, mengatur ruang tidur agar tidak terlalu terang atau pun terlalu gelap, dan yang terpenting ialah menjaga pikiran agar dapat santai dan tertidur pulas.

Demikianlah 4 tips yang perlu anda lakukan  untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Selamat mencoba.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- bagaimana mendapatkan kualitas tidur yg baik, - kualitas tidur yang baik, - tips mendapatkan kualitas tidur yang baik

data-ad-format="link">
4 Tips Untuk Mendapatkan Kualitas Tidur yang Baik Post in | Last updated: January 13th, 2017 | 88 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *