5 penyakit yang tak kalah seram dari ebola

5 penyakit yang tak kalah seram dari ebola – Penyakit Ebola memang menyeramkan, tapi ternyata 5 penyakit ini tak kalah menyeramkannya, salah satunya Demam berdarah Krimea-Kongo yang membuat penderitanya mengalami perdarahan hebat dan tiba-tiba, dengan tingkat kematian 40 persen.

Orang Amerika saat ini terfokus pada ancaman virus Ebola, namun seorang ahli penyakit menular memperingatkan bahwa penyakit serius lainnya juga memiliki potensi untuk menyebar di Amerika, seperti yang dilansir Newsmaxhealth
“Ada penyakit yang serupa seperti Ebola yang berasal dari satwa liar dan menular ke manusia,” kata David Sanders, salah satu ahli Ebola.

Beberapa diantaranya baru bermunculan, sementara yang lain sudah dikenal selama bertahun-tahun tapi menimbulkan risiko baru karena perubahan lingkungan atau peningkatan perjalanan lintas batas.

“Penyakit ini mugkin berasal dari Afrika, namun karena perjalanan modern yang mengglobal, penyakit-penyakit itu mungkin sudah tidak lagi di Afrika,” kata Sanders.

Salah satu perubahan lingkungan yang mendukung penyebaran beberapa penyakit-penyakit ini adalah kenaikan populasi nyamuk karena pemanasan global. “Saya tidak suka orang-orang panik, sementara selain Ebola, ada penyakit-penyakit yang harus kita sadari,” tambah Sanders.

Berikut adalah lima penyakit yang berpotensi menyebar dan layak mendapat perhatian.

5 penyakit yang tak kalah seram dari ebola

5 penyakit yang tak kalah seram dari ebola
5 penyakit yang tak kalah seram dari ebola (Ilustrasi/Thinkstock)

Demam Berdarah Dengue (DBD)
Sudah mencapai 400 juta orang di seluruh dunia yang terkena demam berdarah setiap tahunnya. Ini adalah penyakit viru dari nyamuk yang mematikan dan melemahkan. Beberapa kasus berkembang menjadi demam berdarah dengue yang menyebabkan pendarahan hingga kematian.

Chikungunya
Dijuluki sebagai penyakit “patah tulang” karena penyakit ini menyebabkan nyeri sendi yang sangat menyiksa. Chikungunya mirip dengan demam berdarah karena disebabkan oleh nyamuk. Meskipun jarang berakibat fatal, proses penyembuhan penyakit ini memakan waktu berbulan-bulan.

Hantavirus
Penyakit ini ditularkan melalui kontak dengan hewan pengerat yang terinfeksi atau melalui kotorannya. Penyebarannya dapat melalui udara saat manusia menghirup virus dalam bentuk partikel ultramikroskopik. Virus ini memiliki tingkat kematian 36%, dan yang lebih mengerikan, ada laporan bahwa virus ini dapat menular antar manusia.

Demam Rift Valley
Meskipun penyakit ini tergolong ringan, ada beberapa yang memiliki tingkat kematian hingga 50%. Manusia dapat tertular virus ini melalui udara yang terinfeksi hewan ternak seperti sapi, domba, dan kambing yang mendapat penyakit dari nyamuk. Ada vaksin ntuk manusia, namun tidak tersedia secara luas, dan jika sudah terkena infeksi, tidak ada pengobatan yang dapat dilakukan.

Demam Berdarah Krimea-Kongo
Krimea-Kongo adalah penyakit mematikan dengan cara yang sama seperti Ebola, yaitu melalui pendarahan besar-besaran dan tiba-tiba. Kutu menyebarkan demam Kongo, dan tingkat kematian mencapai 40%. Sama seperti Ebola, demam Kongo juga dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh dari seseorang yang sakit. (DreamersRadio.com)

Demikianlah artikel mengenai 5 penyakit yang tak kalah seram dari ebola, semoga bermanfaat. Jagalah kesehatan, karena kesehatan itu akan menjadi sangat mahal jika Anda jatuh sakit.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- gejala dan cara menyembuhkan penyakit Krimea Kongo Dengue, - penyakit menular yang menyeramkan di indonesia, - penyakit menyeramkan di afrika, - virus yang menyeramkan

data-ad-format="link">
5 penyakit yang tak kalah seram dari ebola Post in | Last updated: October 23rd, 2014 | 33 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *