6 Makanan ‘Wajib’ Bagi Penderita Sakit Maag yang Tak Bisa Diabaikan

6 Makanan ‘Wajib’ Bagi Penderita Sakit Maag yang Tak Bisa Diabaikan – Maag umumnya muncul jika kondisi pikiran atau stres meningkat. Begitu juga dengan pola makan yang tidak teratur serta salah memilih jenis makanan yang akan disantap. Untuk itu, bagi mereka yang sudah dinyatakan menderita sakit maag, sebaiknya mengenali jenis makanan apa saja yang layak konsumsi atau tidak.

6 Makanan ‘Wajib’ Bagi Penderita Sakit Maag yang Tak Bisa Diabaikan

Berikut ini beberapa daftar makanan ‘wajib’ yang harus dikonsumsi seperti :

# Pisang
Kandungan kalium yang ada pada pisang mampu menyeimbangkan pH atau tingkat keasaman di dalam lambung. Begitu juga kemampuannya dalam menormalkan tekanan darah yang meningkat akibat stres. Tak hanya itu, pisang juga bisa memberi rasa kenyang sehingga bisa dikonsumsi sebagai cemilan sebelum makan besar. Meski demikian, pilihlah pisang dalam keadaan masak sempurna agar nutrisi yang diperlukan bisa didapat secara maksimal.

# Kentang
Untuk memastikan kondisi perut dalam keadaan penuh, pastinya bubur atau jus kentang merupakan alternatif yang tepat. Selain itu, karbohidrat yang ada pada kentang bisa menetralisir asam lambung terutama di pagi hari. Dengan demikian, proses metabolisme bisa berjalan lancar tanpa adanya peningkatan asam lambung.

# Bubur Ayam
Mengolah bubur ayam tak sesulit yang dibayangkan. Apalagi, manfaat yang diberikan begitu besar terutama mencegah dan meringankan rasa sakit. Meski demikian, perlu diperhatikan cara pengolahannya yaitu tidak memasukkan bahan yang bersifat meningkatkan asam seperti jeroan atau daging dalam lainnya. Tapi, setidaknya pilihlah kecap, telur rebus atau kerupuk untuk menemani santap bubur ayam.

6 Makanan ‘Wajib’ Bagi Penderita Sakit Maag yang Tak Bisa Diabaikan
6 Makanan ‘Wajib’ Bagi Penderita Sakit Maag yang Tak Bisa Diabaikan (Ilustrasi)

# Brokoli
Jenis bahan dapur ini memiliki kalium dan sulfur yang sangat baik bagi mereka penderita maag. Sulfur misalnya, mampu sebagai antioksidan pada lapisan kulit lambung. Begitu juga dengan vitamin C yang bisa meningkatkan stamina tubuh sehingga tetap terjaga kesehatannya.

# Kol
Kandungan asam amino glutamin yang ada pada kol berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke perut, memberi perlindungan bagi lapisan perut, memberi nutrisi bagi sel hingga mengobati luka di saluran pencernaan. Meski demikian, perlu diketahui jika kol mengandung gas yang bisa memperparah kondisi. Untuk itu, lakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan bisa atau tidaknya mengkonsumsi kol.

# Permen Karet
Mengunyah adalah salah satu aktifitas yang bisa membuat produksi air liur meningkat. Dan hal ini umumnya bersifat basa sehingga asam pada lambung bisa dinetralisir. Tak hanya itu, manfaat lainnya adalah bisa meningkatkan pembersihan pada lambung. Namun, yakinkan jika jenis permen karet yang dipilih adalah yang tidak mengandung gula yang cukup tinggi.

Dan tak lupa, perhatikan pola atau makan dalam jumlah porsi kecil namun frekuensinya sesering mungkin sangatlah dianjurkan. Santaplah makanan ringan atau cemilan setidaknya 1 atau 2 jam sekali sebelum atau sesudah makan utama dengan tujuan menghindari perut kosong yang bisa menimbulkan asam lambung meningkat.

Demikianlah artikel 6 Makanan ‘Wajib’ Bagi Penderita Sakit Maag yang Tak Bisa Diabaikan, semoga bermanfaat.

6 Makanan ‘Wajib’ Bagi Penderita Sakit Maag yang Tak Bisa Diabaikan Post in | Last updated: December 6th, 2014 | 3,803 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *