Mitos timbulnya jerawat
Mitos timbulnya jerawat

7 Mitos Seputar Timbulnya Jerawat

Infosehatkeluarga.com – Timbulnya jerawat pada wajah dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Banyak mitos seputar timbulnya jerawat, seperti makan coklat dapat menyebabkan jerawat dan lain sebagainya. Meskipun beberapa mitos tersebut ada yang benar, namun tidak semua hal yang dimitoskan tersebut menyebabkan timbulnya jerawat membandel. Apa saja mitos paling umum seputar timbulnya jerawat. Dilansir dari berbagai sumber, inilah ketujuh mitos yang paling sering dijumpai seputar timbulnya jerawat :

Mitos Timbulnya Jerawat

Jerawat paling sering terjadi pada remaja

Mitos ini tidak 100% benar, tidak hanya remaja yang paling sering mengalami masalah jerawat.  Seseorang dapat menghadapi masalah jerawat pada usia berapa pun. Penyebab utama jerawat adalah ketidakseimbangan hormon, yang dapat terjadi pada siapa saja. Jadi, tidak berhubungan dengan remaja.

Jerawat hanya disebabkan karena kebersihan wajah yang buruk

Mungkin mitos ini ada benarnya, namun timbulnya jerawat tidak hanya karena malas membersihkan wajah. Kotoran dan minyak yang menumpuk pada wajah merupakan faktor eksternal timbulnya jerawat. Sedangkan jerawat juga bisa muncul akibat faktor internal yaitu ketidakseimbangan hormon tubuh.

Makanan berminyak menyebabkan jerawat

Sebenarnya tidak ada hubungan antara makanan berminyak dan berjerawat. Tapi jika mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan dapat memacu produksi kelenjar minyak pada kulit. Hasilnya, kulit mudah berminyak dan kotoran gampang menempel pada wajah.

Mitos timbulnya jerawat
Mitos timbulnya jerawat

Makeup menyebabkan jerawat

Mitos ini ada benarnya tapi tidak seratus persen benar. Make up yang menimbulkan jerawat ialah make up yang mengandung bahan keras dan tidak cocok untuk kulit wajah. Tapi, saat ini, makeup organik yang tersedia untuk kulit, dan juga aman untuk diaplikasikan pada wajah. Pilih produk make up yang memiliki asam salisilat untuk mencegah jerawat pada kulit.

Sun tanning baik untuk jerawat

Ini merupakan mitos seputar jerawat yang keliru. Karena pada dasarnya sun tanning tidak baik untuk jerawat. Sinar UV dapat merusak kulit dan menyebabkan masalah kulit lainnya. Lebih baik menggunakan sun block pada wajah, selain mencegah kulit terbakar juga dapat mencegah timbulnya jerawat pada kulit.

Uap baik untuk jerawat

Sebenarnya uap membantu untuk membuka pori-pori kulit. Pori-pori kulit yang terbuka justru lebih rentan timbul jerawat. Karena keadaan pori-pori seperti ini mudah terkena jerawat.

Stres menyebabkan jerawat

Stres tidak menyebabkan jerawat, namun dapat memicu kondisi timbulnya jerawat pada wajah. Hal ini karena dalam keadaan stress tubuh melepaskan hormon kortisol.  Hormon ini dapat meningkatkan produksi sebum pada kulit berminyak. Produksi sebum berlebih inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Itulah tadi 7 mitos timbulnya jerawat dan penjelasannya. Penting untuk menjaga kebersihan kulit wajah dan kesehatan tubuh agar kamu terhindar dari munculnya jerawat membandel. (Update: 14082017)

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- pengaruh kolestrol tinggi pada jerawat, - jerawat kolesterol, - jerawat karena kolesterol, - jerawat dan kolesterol, - jerawat akibat kolesterol, - hubungan kolesterol tinggi dengan jerawat, - hubungan kolesterol dgn jerawat, - apakah kolestrol penyeab jerawat, - apakah kolestrol dapat menyebabkan jerawat?, - apakah kolesterol tinggi dapat menyebabkan jerawat

data-ad-format="link">
7 Mitos Seputar Timbulnya Jerawat Post in | Last updated: August 14th, 2017 | 7,879 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *