9 Cara Smartphone dapat Menyelamatkan Nyawa Anda

By | October 6, 2020
Cara smartphone menyelamatkan nyawa anda

Anda tersesat di tengah hutan. Terjebak di jalan gelap dengan ban kempes. Memiliki kondisi medis yang kronis seperti diabetes atau asma. Mungkin juga anda hanya bertanya-tanya tentang suatu keanehan di kulit kaki Anda. Dalam kondisi ini, dan masih banyak lagi, smartphone Anda bisa menjadi solusi dari masalah Anda.
Berikut adalah sembilan cara untuk menggunakan smartphone Anda untuk mencegah masalah dan membantu dalam keadaan darurat.

Cara smartphone menyelamatkan nyawa anda (Ilustrasi/pixabay)

1. Kontak Darurat!

Satu hal yang mungkin masih jarang dilakukan di Indonesia. Padahal, hal simpel ini dapat menyelamatkan nyawa Anda di saat Anda tidak berdaya. Tambahkan keterangan kontak darurat ke dalam daftar nomor telepon Anda. Misalnya orangtua, istri, atau anak Anda. Beri penanda seperti kata “Kontak Darurat” atau “ICE” dalam bahasa Inggris (In Case of Emergency) untuk menandakan kontak darurat jika seseorang menemukan Anda dalam suatu kecelakaan. Tambahkan kontak darurat sebelum nama seseorang, misalnya, “Kontak Darurat Mary Smith” atau “ICE Mary Smith”. Jika Anda ingin daftar lebih dari satu kontak darurat, tambahkan nomor, seperti ICE1 Mary Smith, ICE2 Bruce Jones. Aplikasi ICE juga tersedia untuk iPhone dan Android. Jika Anda berada di rumah sakit dalam keadaan tak sadar, pihak rumah sakit atau orang yang menolong Anda dapat menghubungi segera orang terdekat Anda.

2. Gunakan program pelacak pada smartphone Anda

Masukkan program ponsel Anda sehingga orang lain dapat melacak Anda. Aplikasi yang dirancang untuk membantu Anda melacak smartphone hilang atau mengawasi anak remaja atau saudara yang sudah tua juga dapat membantu orang lain menemukan Anda dalam keadaan darurat. Banyak aplikasi pelacak, seperti Prey dan AccuTracking, tersedia untuk iPhone, Android dan Windows. Anda juga dapat memasang aplikasi seperti Life360 yang memungkinkan teman dan keluarga mengetahui lokasi Anda saat ini.

3. Gunakan SMS dalam keadaan darurat

Menelepon segera mungkin adalah pilihan pertama saat anda terjebak di tengah hutan, atau terhimpit di reruntuhan bangunan. Anda ingin segera menghubungi orang terdekat Anda. Sayangnya, seringkali sinyal lemah menjadi kendala dalam kondisi darurat. Pergunakan SMS ketika Anda tidak bisa menelepon. “Pesan teks membutuhkan kapasitas jauh lebih sedikit, sehingga memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk terkirim dibandingkan dengan telepon,” tulis Federal Communications Commission (FCC) di situsnya. Jadi dalam keadaan darurat dan sinyal Anda hilang, segera SMS kontak darurat Anda segera.

4. Pergunakan fitur smartphone dengan maksimal

Anda tidak dapat melihat jalan Anda. Hilang? Dalam gelap? Jangan lupa tentang fitur telepon seperti peta, GPS dan senter yang dapat membantu Anda menerangi jalan, menunjukkan arah, atau menemukan benda yang terjatuh dalam kegelapan.

5. Ingat selalu obat Anda

Anda mungkin orang yang harus mengonsumsi obat dalam jangka panjang. Ada puluhan aplikasi telepon genggam yang dapat membantu Anda mengingat obat yang harus Anda minum tepat waktu. Beberapa aplikasi bahkan dapat membantu Anda memesan resep dengan menghubungi apotek Anda hanya dengan sentuhan tombol. Ada puluhan aplikasi yang tersedia, dan banyak yang gratis atau hanya memungut biaya rendah untuk memasangnya. Beberapa diantaranya seperti Rxmind Me, MedCoach dan MediSafe Meds & Pill Reminder.

6. Pantau selalu kesehatan Anda

Peralatan medis yang Anda gunakan di rumah untuk mengukur indikator kesehatan seperti tekanan darah, gula darah Anda atau fungsi paru-paru (jika Anda memiliki asma) sekarang dapat mengirim data langsung ke smartphone Anda, dan juga dokter Anda. Ada juga aplikasi yang memungkinkan Anda mengecek obat Anda, mencatat diet, menjadwalkan olahraga dan tidur. Aplikasi lain, seperti AsthmaMD, mengingatkan Anda terhadap pemicu asma sehingga Anda dapat lebih waspada menghindari serangan asma.

7. Manfaatkan fitur EKG praktis

Beberapa perangkat sekarang memudahkan Anda untuk melakukan elektrokardiogram dasar (EKG) dengan mudah. Misalnya, Anda dapat melakukan EKG, memantau detak jantung dan memeriksa fibrilasi atrium (detak jantung yang tidak teratur) dengan bantuan aplikasi AliveECG, yang bekerja dengan AliveCor Monitor jantung.

8. Periksa tahi lalat yang mencurigakan!

Ada tahi lalat aneh yang muncul di kulit Anda? Hati-hati, bisa jadi itu merupakan awal dari kanker kulit. Beberapa aplikasi, termasuk UMSkinCheck dan SkinVision, dapat membantu Anda melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk tanda-tanda awal kanker kulit dan memungkinkan Anda mengambil foto dari tahi lalat yang mencurigakan untuk dinilai oleh aplikasi ini. Tapi berhati-hatilah, bahkan pembuat aplikasi ini sendiri tetap menyarankan Anda untuk menemui dokter jika Anda memiliki masalah kulit yang mencurigakan, terlepas dari hasil yang diberikan aplikasi ini. Dari penelitian yang dilakukan pada empat aplikasi pengecek kulit pada tahun 2012, peneliti dari University of Pittsburgh menemukan bahwa aplikasi yang paling akurat memberikan jawaban yang keliru sebanyak 30 persen.

9. Pelajari pelatihan darurat

Pelatihan darurat sangat penting untuk menyelamatkan hidup Anda dan orang lain. Lebih dari setengah orang dewasa di Amerika telah dilatih untuk melakukan CPR (cardiopulmonary resuscitation), namun sebagian besar tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk menggunakan skill yang dapat menyelamatkan jiwa ini. Aplikasi Pulse Point, ditujukan untuk responden aktif dan orang-orang yang sudah melaksanakan pelatihan CPR, mengirimkan sinyal ke ponsel Anda ketika ada keadaan darurat yang membutuhkan CPR di dekatnya. Pada bulan September 2014, montir mobil yang terlatih di CPR menyelamatkan nyawa seorang bayi yang telah berhenti bernapas setelah menerima peringatan melalui ponsel ini. Aplikasi ini juga memberikan lokasi defibrillator terdekat otomatis eksternal (AED), sebuah mesin yang dapat menyelamatkan nyawa seseorang dalam serangan jantung mendadak.


Sumber: www.safebee.com/tech/9-ways-your-cellphone-can-save-your-life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *