Cacingan
Cacingan (Gambar: Wikipedia)

Benarkah Tubuh Kurus dan Perut Buncit Tanda Cacingan?

Sudah banyak yang beranggapan bahwa tubuh kurus dan perut buncit pastilah cacingan. Apakah itu benar adanya atau hanya anggapan banyak orang saja? Faktanya, masalah kesehatan lainnya seperti kurang gizi juga ditandai dengan gejala tersebut. Untuk membuktikan bahwa tubuh kurus dan perut buncing memang disebabkan adanya cacing, anda perlu mencermati tanda-tanda dari cacingan seperti berikut ini:

  1. Anemia

Seseorang yang terdapat cacing di perutnya akan mengalami anemia karena beberapa jenis cacing seperti cacing cambuk dan tambang ternyata tidak mengonsumsi sari makanan yang masuk ke tubuh, tapi justru mengonsumsi darah. Setiap harinya darah akan dihisap oleh cacing ini berkisar 0,005 ml – 0,2 ml. Karena itulah cacingan ditandai dengan kekurangan darah yang dialami penderitanya. Penderita akan merasa mudah lelah, pucat, pusing, serta merasakan nyeri di bagian perut.

Cacingan
Cacingan (Gambar: Wikipedia)
  1. Gejala demam, nyeri, dan edema.

Selanjutnya tanda yang kedua ialah demam, nyeri, serta adanya pembengkakan di organ tubuh tertentu atau edema. Hal itu terjadi karena infeksi yang diakibatkan cacing. Cacing cambuk yang telah berpindah melalui sirkulasi darah akan merusak organ-organ vital tubuh, seperti: paru-paru, pankreas, dan lain-lain.

  1. Tubuh kurus dan perut buncit

Tubuh kurus dan perut buncit ternyata memang menjadi salah satu tanda dari adanya cacing yang telah masuk ke tubuh, meskipun demikian, anda tetap harus mencermati tanda lainnya. Biasanya perut buncit serta badan yang kurus merupakan tanda seseorang terinfeksi cacing gelang, cacing kremi, atau pun cacing pita. Ketiga cacing tersebut akan mengambil jatah sari makanan yang diperlukan tubuh sehingga tubuh anda menjadi kurus. Setiap harinya seekor cacing gelang akan menghabiskan 0,035 protein serta 0,14 gram karbohidrat.

Nah, itulah 3 tanda seseorang mengalami cacingan. Ternyata tubuh kurus dan perut buncit memang salah satu tanda adanya cacing di tubuh. Kalau memang anda mendapati ketiga tanda ini, sebaiknya periksakan segera ya karena dibutuhkan analisa yang akurat melalui uji laboratorium. Lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, agar dokter dapat memberikan saran dan penanganan yang sesuai untuk masalah kesehatan anda.

data-ad-format="link">
Benarkah Tubuh Kurus dan Perut Buncit Tanda Cacingan? Post in | Last updated: September 17th, 2016 | 2,903 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *