Daftar Tugas Liver dan Cara Menjaga Kinerjanya

Berikut ini beberapa daftar tanggung jawab hati atau liver bagi keberlangsungan kehidupan kita setiap harinya, mari langsung saja disimak ya:

  1. Membantu proses pencernaan
  2. Memaksimalkan proses metabolisme
  3. Menjaga imunitas tubuh
  4. Membantu menjaga sistem penyimpanan cadangan energi
  5. Sebagai penetral racun yang masuk dalam tubuh dan membantu meminimalisir alergi
  6. Membantu menjaga keseimbangan hormon dan regulasi darah merah dalam tubuh kita
  7. Membantu tubuh terhindar dari ancaman penyakit sistem kardiovaskular

Begitu pentingnya peranan liver atau hati bagi kehidupan kita, maka kita wajib menjaganya. Dan daftar di bawah ini merupakan beberapa jenis makanan alami nan aman yang justru sangat bagus untuk kesehatan liver kita jika kita mengonsumsinya secara mencukupi, mari langsung saja disimak ya:

  1. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan senyawa alisin dan selenium yang juga dapat memaksimalkan fungsi enzim dalam hati untuk menetralisir segala racun dalam tubuh kita. Di samping itu, mengonsumsi bawang putih juga sekaligus dapat menormalkan kadar trigliserid dan kolesterol, sehingga tak akan semakin membebani kinerja hati. Untuk itu, mulai sekarang, jangan ragu untuk lebih rajin menambah bawang putih sebagai bumbu menu harian anda ya.

Cara mencegah penyakit liver

Cara mencegah penyakit liver (Ilustrasi/pixabay)

2. Jeruk Bali

Konsumsi jenis jeruk yang satu ini baik dalam bentuk buah segar maupun membuatnya sebagai minuman jus akan sangat bagus untuk kesehatan liver anda. Jeruk Bali memiliki kandungan melimpah dari segi vitamin C, pektin, antioksidan atau juga flavonoid yang sangat berguna untuk membantu membersihkan liver kita secara maksimal dari ragam racun tubuh. Dan tak hanya itu. tumpukan lemak pun dapat terbantu diminimalisir sekaligus.

3. Lemon dan madu

Anda dapat menikmati minuman segar dengan perasa lemon yang ditambahkan madu sebagai opsi untuk menyehatkan kinerja liver anda. Kandungan tinggi vitamin C dan juga antioksidan, mampu mengaktifkan enzim secara maksimal untuk membersihkan liver dan juga membantu memaksimalkan kinerja penyerapan dari organ liver itu sendiri.

4. Teh hijau

Meminum teh hijau secara rutin akan berdampak bagus untuk kesehatan liver anda. Kandungan antioksidan tinggi, utamanya jenis katekin dalam teh hijau akan membantu membersihkan liver secara maksimal, baik dari ragam racun tubuh, pengaruh buruk alk**ol maupun tumpukan lemak yang tertimbun di dalamnya, dan juga terpercaya dapat mencegah munculnya risiko kanker hati secara efektif. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*