Makanan-dan-minuman-pencegah-flu-Teh-hijau
Makanan-dan-minuman-pencegah-flu-Teh-hijau

Makanan dan minuman pencegah flu

Salah satu cara terbaik untuk menjaga diri agar tidak sakit terutama terkena flu, atau terkena flu tapi hanya sebentar atau flu ringan, yaitu dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda sehingga tidak perlu berurusan dengan dokter. Musim penghujan merupakan musim dimana orang rentan terkena flu, sehingga jika tidak menjaga kesehatan dengan baik, Anda bisa menjadi salah satu dari ribuan orang yang sakit. Tentu saja, salah satu cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari flu ialah dengan melakukan suntikan anti flu  atau vaksin flu, namun memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dapat melindungi tubuh Anda dari flu dan batuk, yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, Makanan dan minuman pencegah flu seperti di bawah ini, seperti yang dikutip dari Today.

Makanan dan minuman pencegah flu

  • Teh jahe

Untuk mengobati flu biasa, jahe merupakan salah satu makanan terbaik untuk melegakan tenggorokan. Dalam sebuah ulasan yang dipublikasikan di International Journal of Preventative Medicine, para peneliti merangkum bahwa sifat anti-inflamasi jahe yang kuat merupakan kunci untuk melawan flu. Karena peradangan dapat mempengaruhi respons kekebalan tubuh Anda, anti-inflamasi pada jahe dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Jeruk (orange)
Makanan dan minuman pencegah flu
Makanan dan minuman pencegah flu

Jeruk kaya akan vitamin C, nutrisi penting saat menghadapi perubahan cuaca atau cuaca ekstrim. Menurut sebuah tinjauan yang dilakukan oleh Pusat Nasional untuk Epidemiologi dan Kesehatan Penduduk, di Universitas Nasional Australia, vitamin C sangat membantu dalam mencegah flu biasa bagi orang-orang yang terpapar penyakit yang menyebabkan mereka sakit, seperti cuaca dingin, dan dapat membantu menurunkan lama dan beratnya pilek.

  • Air

Bila Anda merasa sakit, H2O bisa menjadi salah satu minuman yang paling enak. Tetap terhidrasi bisa membantu melonggarkan tenggorokan. Cobalah minum setidaknya delapan gelas air per hari untuk menjaga agar tetap terhidrasi sepenuhnya karena kita cenderung kehilangan lebih banyak cairan saat kita sakit.

  • Greek Yogurt / Yogurt Yunani

Yoghurt Yunani mengandung probiotik untuk melawan penyakit dan mengandung protein lebih banyak daripada yogurt biasa. Sebuah meta-analisis yang diterbitkan dalam jurnal Korean Journal of Family Medicine menemukan bahwa probiotik dapat membantu mencegah dan mengobati flu biasa. Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi probiotik setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena pilek dibandingkan mereka yang tidak makan makanan kaya akan probiotik.

  • Bluberi

Blueberry mengandung antioksidan yang bisa membantu mengobati dan mencegah batuk dan pilek. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Auckland, 33 persen orang dewasa yang mengkonsumsi flavonoid – sejenis antioksidan yang ditemukan pada blueberry lebih kecil kemungkinannya untuk terkena flu daripada mereka yang tidak mengonsumsi makanan atau suplemen yang kaya flavonoid setiap hari.

  • Teh ginseng

Teh ginseng sangat populer karena rasanya yang lezat. Teh telah digunakan sebagai pengobatan untuk infeksi saluran pernafasan bagian atas (common cold). Sebuah tinjauan yang dipublikasikan di Canadian Medical Association Journal mencatat bahwa ginseng telah terbukti mengurangi gejala flu dan influenza secara signifikan. Namun, para peneliti mencatat bahwa masih perlu lebih banyak penelitian untuk sepenuhnya mendukung klaim kekebalan imunitas dari ginseng.

  • Tomat

Tomat juga merupakan makanan enak untuk dimakan saat Anda sakit karena konsentrasi vitamin C-nya yang tinggi. Hanya satu tomat sedang mengandung sekitar 16 miligram vitamin C, yang sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh.

  • Salmon liar

Salmon liar mengandung seng, nutrisi yang telah terbukti membantu mengurangi gejala flu biasa. Jika Anda menginginkan keluarga, terutama anak-anak Anda, terutama untuk menghindari penyakit di musim penghujan, maka Anda harus memberi mereka makanan yang kaya seng.

Journal of Family Practice menerbitkan sebuah penelitian yang meneliti efek seng pada flu biasa pada anak-anak usia 1 sampai 10 tahun. Peneliti menemukan bahwa seng, jika dibandingkan dengan plasebo, secara signifikan mengurangi keparahan dan lamanya gejala saat dikonsumsi dalam 24 jam setelah gejala flu menyerang.

  • Coklat hitam

Percaya atau tidak, coklat hitam bisa sangat membantu dalam melawan flu. Coklat hitam mengandung banyak theobromine, sebuah antioksidan yang telah terbukti dapat mengurangi batuk. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Pharmacology menemukan bahwa theobromine sangat membantu dalam menekan gejala batuk pada orang dengan bronkitis, namun masih perlu dilakukan banyak penelitian untuk mendukung penemuan ini.

  • Brokoli

Peneliti dari University of California di Los Angeles melaporkan bahwa brokoli bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet jika Anda ingin mencegah flu. Brokoli membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Peneliti mengklaim bahwa sulforaphane, zat kimia yang ada dalam sayuran, membantu memerangi radikal bebas dan mencegah Anda dari sakit.

  • Minyak zaitun extra virgin

Minyak ini telah terbukti membantu membangun kembali dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan kandungan asam lemak tak jenuh ganda dari minyak zaitun bertindak sebagai agen anti-inflamasi pada tubuh, yang juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tubuh dari infeksi.

  • Teh hijau
Makanan-dan-minuman-pencegah-flu-Teh-hijau
Makanan-dan-minuman-pencegah-flu-Teh-hijau

Teh hijau bukan hanya salah satu dari 5 teh terbaik yang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan, tapi juga salah satu sumber terbaik untuk melawan flu. Teh hijau mengandung flavonoid, antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh, dan memiliki sifat anti-inflamasi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology. Studi tersebut menyatakan bahwa katekin antioksidan, yang sangat umum digunakan pada teh hijau, dikenal sebagai antibakteri dan antivirus yang hebat dan dapat membasmi bakteri penyebab pilek dan virus influenza.

  • Bayam

Bayam merupakan makanan super yang sangat bagus untuk kesehatan secara keseluruhan. Tidak hanya mengandung serat pengatur pencernaan, tapi juga mengandung vitamin C. Vitamin C merupakan nutrisi kuat yang bisa membantu mencegah flu biasa dan membantu mengurangi gejala penyakit.

  • Roti gandum utuh

Biji-bijian utuh mengandung sifat anti-inflamasi, yang memungkinkan peningkatan produksi bakteri sehat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition. Tujuh puluh persen sistem kekebalan tubuh tinggal di usus Anda, menurut Tyeese L. Gaines, DO. Jadi, penting untuk menjaga kesehatan Anda jika ingin menghadapi kuman penyebab pilek.

  • Telur

Telur, terutama kuning telur, mengandung nutrisi penguat kekebalan tubuh. Telur mengandung vitamin D dalam jumlah tinggi, vitamin yang sangat penting dalam mengatur dan memperkuat kekebalan tubuh. Menurut sebuah studi yang diterbitkan di jurnal JAMA, responden yang meminum vitamin D setiap hari di musim dingin cenderung tidak terkena flu atau infeksi saluran pernapasan bagian atas lainnya dibandingkan dengan mereka yang tidak.

  • Bawang putih

Bawang putih telah dikenal sebagai salah satu makanan untuk mengobati pilek terbaik. Tinjauan terhadap makanan yang dipublikasikan di Cochrane Database of Systematic Reviews menunjukkan bahwa sekelompok responden dalam sebuah penelitian yang memakan bawang putih selama periode tiga bulan hanya memiliki 24 kasus pada flu biasa, penurunan yang signifikan dibandingkan dengan 65 kasus yang dilaporkan oleh kelompok kontrol. Namun, masih perlu lebih banyak penelitian untuk memvalidasi dampak sebenarnya bawang putih terhadap flu biasa.

  • Apel

Satu buah apel sehari dapat menjauhkan Anda dari dokter. Apel sebenarnya dapat membantu mencegah penyakit seperti flu biasa. Buah ini mengandung antioksidan fitokimia, demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Nutrition Journal. Antioksidan ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Demikianlah artikel mengenai Makanan dan minuman pencegah flu, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Makanan dan minuman pencegah flu Post in | Last updated: January 1st, 2018 | 112 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *