Pelancar asi alami
Pelancar asi alami (Ilustrasi/pixabay)

Manfaat ASI Serta Makanan Pelancar Produksinya

Berikut ini beberapa daftar manfaat ASI yang memiliki kandungan seimbang berupa air, protein, lemak dan gula, baik bagi bayi ataupun juga manfaat menyusui bagi sang ibu sendiri, mari langsung disimak:

  1. Meminimalisir terjadinya alergi pada bayi dan meningkatkan imunitasnya
  2. Mencegah timbulnya asma atau sakit pernafasan pada bayi
  3. Mencegah bayi terdampak infeksi, semisal pada telinga atau area pendengaran
  4. Membentuk ikatan fisik dan emosional antar ibu dan bayi
  5. Menghindarkan ibu dari risiko perdarahan hebat paska persalinan
  6. Menghindarkan trauma atau depresi paska persalinan pada ibu
  7. Mengurangi risiko timbul gejala kanker payud^ra, rematik ataupun gangguan kardiovaskular pada ibu dan seterusnya.

Begitu banyak manfaat ASI ataupun menyusui bagi ibu dan bayi. Untuk itu, daftar di bawah ini akan membahas mengenai beberapa makanan alami yang dapat memperlancar produksi ASI secara lebih maksimal:

  1. Oatmeal
Pelancar asi alami
Pelancar asi alami (Ilustrasi/pixabay)

Banyak kelebihan dari oatmeal termasuk meningkatkan produksi hormon oksitosin yang bagus bagi proses persalinan sekaligus produksi ASI. Di samping itu, juga mengurangi risiko ibu terkena anemia defisiensi zat besi ataupun juga menjadi makanan yang mengandung kaya serat sekaligus gampang mencernanya bagi ibu setelah melahirkan. Anda bisa mengonsumsi semangkuk bubur oatmeal bisa ditambah madu, potongan kacang atau juga buah semisal berry dan pisang sebagai penambah citarasa.

2. Kacang almond

Bagi anda yang tidak memiliki alergi terhadap kacang, maka makanan satu ini bisa dijadikan opsi untuk meningkatkan produksi ASI. Kacang almond kaya akan antioksidan, serat, protein, lemak, vitamin serta mineral yang menjadikannya sebagai salah satu makanan super, utamanya bagi ibu menyusui.

3. Minyak kelapa

Menambahkan beberapa sendok minyak kelapa secara rutin dalam menu konsumsi ibu hamil ataupun menyusui disarankan, lantaran kandungan di dalamnya bagus untuk meningkatkan imunitas dan terlebih asam lemak omega 3 di dalamnya, juga sangat berguna untuk meningkatkan hormon yang memproduksi ASI bernutrisi.

4. Jeruk

Kandungan melimpah ragam vitamin dan mineral dalam jeruk, bagus selain sebagai antioksidan yang meningkatkan imunitas yang bagus bagi ibu hamil atau menyusui, namun juga mampu pula meningkatkan produksi ASI.

Mengonsumsi jus jeruk juga akan membantu melancarkan hidrasi pada tubuh ibu menyusui. Namun jangan terlalu berlebihan pula dalam mengonsumsinya, karena bisa saja berdampak pada lambung si kecil dengan peningkatan gas dan menjadikannya rewel. Semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- jeruk bagus untuk ibu menyusui

data-ad-format="link">
Manfaat ASI Serta Makanan Pelancar Produksinya Post in | Last updated: December 9th, 2016 | 46 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *