Mengobati Demam Berdarah Secara Alami
Mengobati Demam Berdarah Secara Alami

Mengobati Demam Berdarah Secara Alami

Infosehatkeluarga.com – Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini diperantarai oleh nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue. Ketika nyamuk Aedes aegypti menusukkan mulutnya ke kulit manusia, virus tersebut otomatis masuk ke dalam tubuh manusia. Kemudian, virus tersebut akan menuju ke kelenjar limfa dan berkembangbiak di situ. Setelah itu, akan muncul gejala demam berdarah seperti sakit kepala, nyeri sendi, nyeri tulang, penurunan sel darah putih, penurunan trombosit, timbul ruam-ruam, pembesaran hati, pendarahan, lemah, mual, muntah, dan demam tinggi. Itulah yang dinamakan demam berdarah.

Penyakit ini harus segera diobati karena jika tidak, keadaan akan jadi semakin kritis. Apabila virus terus berkembang biak, akan terjadi hal-hal fatal seperti kerusakan pada pembuluh  darah. Awalnya, kerusakan ini diakibatkan karena meningkatnya permeabilitas pembuluh darah sehingga banyak cairan darah yang merembes keluar pembuluh darah. Lama-kelamaan hal ini dapat membuat pecahnya pembuluh darah.

Mengobati Demam Berdarah Secara Alami
Mengobati Demam Berdarah Secara Alami

Sering kita dengar daun jambu biji mampu mengobati demam berdarah. Lalu, mengapa jambu biji dipilih untuk mengobati demam berdarah? Hal ini karena jambu biji mengandung vitamin C dua kali lipat dibanding dengan buah jeruk. Mengonsumsi jambu biji secara teratur dapat mengurangi kekurangan cairan darah akibat peningkatan permeabilitas pembuluh darah. Selain jambu biji, ada banyak bahan alami untuk mengobati demam berdarah, antara lain:

  1. Meniran

Meniran merupakan tanaman herbal yang berkhasiat untuk melancarkan buang air kecil. Selain terkenal karena fungsi diuretiknya, meniran juga dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Caranya, rebus meniran dengan air. Lalu, minum air rebusannya secara rutin.

  1. Kunyit

Tanaman rimpang yang satu ini berperan sebagai antioksidan, antikanker, dan anti virus. Kunyit juga berguna sebagai anti demam berdarah dan obat pencernaan.

  1. Daun Pepaya

Secara umum, banyak penderita demam berdarah sembuh setelah mengonsumsi daun pepaya secara rutin. Kemungkinan hal ini terkait dengan kandungan zat papain dalam pepaya yang diketahui berguna untuk obat anti malaria, anti cacing, dan obat pencernaan.

  1. Temu Ireng

Temu ireng memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat temu ireng ialah mengatasi penyakit demam berdarah dan penyakit hati. Di samping itu, temu ireng juga berkhasiat untuk mengobati penyakit asma dan infeksi cacing.

  1. Angkak

Angkak merupakan sejenis beras yang telah dimasak sehingga berwarna kemerahan. Khasiat angkak sebagai obat pereda demam berdarah telah teruji secara klinis sehingga tidak perlu diragukan lagi.

  1. Tapak Dara dan Pegagan

Caranya, rebus 15 gram tapak dara dan 15 gram pegagan dengan 600cc air. Sisakan hingga setengahnya. Minum air rebusan tersebut secara rutin 2 kali sehari.

  1. Temulawak

Caranya, rebus temulawak bersama dengan daun jambu biji dalam 600cc air. Sisakan hingga setengahnya. Saring dan tambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis. minum secara rutin 2 kali sehari.

Sekian artikel saya mengenai Mengobati Demam Berdarah Secara Alami. Semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Mengobati Demam Berdarah Secara Alami Post in | Last updated: December 4th, 2017 | 77 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *