10 Rekomendasi Obat Tipes Paling Ampuh dari Resep Dokter, Tradisional dan Obat China

Obat tipes atau demam tifoid merupakan salah satu obat yang paling dicari oleh masyarakat Indonesia. Sebab tipes banyak terjadi di negara–negara berkembang seperti Indonesia dan kebanyakan menyerang anak–anak berusia di bawah 10 tahun.

Tipes sendiri merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan menyerang organ pencernaan. Biasanya anak yang terkena tipes pernah jajan atau makan makanan yang tidak higenis dan telah terkontaminasi bakteri tersebut.

Baca juga: 4 Makanan yang Harus dihindari Penderita Tifus

Meskipun lebih sering menyerang anak–anak, namun tidak sedikit pula orang dewasa yang terkena demam tifoid. Biasanya hal ini dikarenakan kurang istirahat, pola makan yang tidak teratur dan kurang menjaga kebersihan.

Untuk lebih jelasnya mengenai penyakit tipes, dalam artikel ini kita akan membahas penyebab dan gejala tipes serta obat tipes paling ampuh dari resep dokter, tradisional, dan obat cina.

Penyebab dan Gejala Tipes

Tipes disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Thypi atau Salmonella Parathypi. Kedua bakteri ini sering ditemui dalam makanan atau minuman yang penyajiannya kurang higenis. Makan yang dimasak dengan air yang kurang bersih juga bisa terkontaminasi oleh kedua bakteri ini.

Sebelum menyerang organ pencernaan, biasanya ada beberapa gejala tipes yang bisa dirasakan. Di antaranya ialah :

  • Demam tinggi
  • Sakit Perut
  • Diare
  • Lemas
  • Perut yang membengkak dan mengeras
  • Tidak ada nafsu makan
  • Berkeringat

Jika gejala muncul dan tidak segera diberi penanganan, biasanya akan ada gejala lain seperti sering mengigau ketika tidur, dan tidur dengan kondisi mata setengah tertutup. Jika hal ini terjadi, maka segera periksakan kondisi kesehatan ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Obat Tipes Resep Dokter

Obat tipes resep dokter

Ketika  berkonsultasi ke dokter, penderita tipes sebelumnya akan melakukan tes darah atau tes widal. Tes ini dilakukan atas rujukan dari dokter dan untuk memastikan apakah pasien benar–benar terserang penyakit tipes.

Pelajari Uji Widal Pada Demam Tifoid

Jika hasilnya positif, dokter akan memberikan saran agar pasien dirawat, agar proses penyembuhan semakin cepat. Obat tipes akan dimasukan melalui infus sekaligus untuk menjaga asupan cairan tubuh pasien. Biasanya pasien tipes akan dirawat selama kurang lebih 7 hari.

Bila pasien tidak ingin dirawat inap, maka akan diberikan obat tipes resep dokter yang wajib diminum selama beberapa minggu. Beberapa contoh obatnya ialah :

  • Ciprofloxacin
  • Ceftriaxone
  • Azithromycin

Ketiga obat ini hanya bisa dibeli di rumah sakit dengan resep dokter.

Selain itu, dokter juga akan memberikan obat antibiotik, seperti Amoxicillin. Antibiotik harus diminum hingga habis untuk menjaga pasien yang terkena tipes serta mencegah bakteri menyerang kembali dalam waktu singkat.

Ramuan Obat Tipes Cina

Jika kalian merasa tidak cocok dengan obat tipes resep dokter dan lebih percaya dengan obat–obat herbal, maka ramuan obat tipes cina bisa menjadi jalan keluar terbaik.

Saat ini, sudah banyak obat–obat cina untuk menyembuhkan penyakit tipes yang dijual bebas di pasaran. Bahkan obat tersedia dalam berbagai merek dan bahan. Nah, berikut ini merupakan rekomendasi obat tipes cina paling ampuh yang bisa kalian minum.

Tie Lung Wang

Obat tipes cina

Tie Lung Wang merupakan salah satu obat cina yang terkenal ampuh menyembuhkan penyakit tipes. Obat Tie Lung Wang dibuat dari bermacam bahan herbal yang diekstrak tanpa tambahan bahan kimia. Sehingga tidak memberikan efek samping berbahaya untuk pemakaian jangka panjang.

Bukan hanya mengobati tipes, Tie Lung Wang juga bisa mengobati berbagai macam penyakit lain. Mulai dari lemas, kolesterol, sakit lambung, demam, sesak napas, susah BAB, sariawan, masuk angin, asam urat, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Harga Tie Lung Wang hanya sekitar Rp.100.000 per kemasan.

Tileng

Berikutnya ada Tileng, ramuan obat tipes cina yang juga ampuh dan bisa menghilangkan infeksi bakteri Salmonela Thypi dengan cepat. Obat ini terbuat dari ekstrak cacing tanah yang dipercaya ampuh sebagai obat untuk tipes secara turun tenurun.

Sama seperti Tie Lung Wang, Tileng juga bisa mengobati berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan organ tubuh. Mulai dari asma, liver, hingga memperlancar buang air besar dan kecil. Tileng biasanya dijual seharga mulai dari Rp.30.000 per kemasannya.

Dilong

Terakhir ada Dilong, ramuan obat cina yang juga dibuat dari bahan–bahan herbal. Sama seperti Tileng, obat ini juga dibuat dari cacing tanah yang diambil ekstraknya. Sehingga lebih ampuh untuk menyembuhkan penyakit tipes baik pada anak–anak maupun orang dewasa.

Dilong juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang berkaitan dengan saluran pencernaan. Mulai dari liver, panas dalam, susah buang air, demam, dan lain–lain. Untuk orang dewasa, perlu diminum 3 kali sehari 3 kapsul, dan untuk anak–anak diminum 3 kali sehari 2 kapsul.

Rekomendasi Obat Tipes Tradisional

Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk mengobati penyakit tipes. Selain dari meminum obat dengan resep dokter atau ramuan obat cina, kalian juga bisa menggunakan obat tipes tradisional yang sudah dikenal secara turun temurun.

Sebelum adanya obat–obatan kimia seperti saat ini, orang–orang jaman dahulu menggunakan obat herbal dengan racikan tradisional untuk mengobati tipes. Berikut ini beberapa rekomendasi obat tipes tradisional yang mudah untuk ditemukan.

Cacing Tanah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cacing tanah merupakan salah satu obat tipes yang menjadi bahan dasar obat cina untuk mengobati demam tifoid. Menggunakan cacing tanah untuk mengobati tipes dan demam tinggi sudah dilakukan sejak jaman dahulu.

Biasanya cacing tanah yang sudah mati dicampurkan menjadi teh atau minuman hangat untuk diminumkan kepada pasien tipes.

Oralit atau Larutan Gula Garam

Oralit atau larutan gula garam juga menjadi salah satu obat tradisional yang bisa membantu menyembuhkan gejala–gejala tipes. Kebanyakan pasien penderita penyakit ini akan kekurangan cairan akibat diare.

Oleh karena itu, oralit akan menjadi pengganti cairan dalam tubuh agar tidak menjadi dehidrasi. Oralit kini sudah banyak dijual atau kalian bisa membuatnya sendiri dengan melarutkan ½ sendok garam dan 2 sendok gula ke dalam segelas air.

Bawang Putih

Berikutnya ada bawang putih, tanaman yang dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Selain dapat menyembuhkan masuk angin, bawang putih juga bisa menjadi obat tipes tradisional yang mudah ditemukan.

Caranya ialah dengan meminum air rebusan bawang putih 3 kali sehari setiap hari. Tetapi cara ini tidak disarankan untuk ibu hamil.

Madu

Obat tradisional untuk menyembuhkan tipes yang terakhir ialah madu. Tentunya khasiat dari madu untuk menyembuhkan berbagai penyakit sudah tidak bisa disangkal lagi.

Meminum madu 2 kali sehari akan meningkatkan daya tahan tubuh serta membasmi bakteri Salmonela Thypi di dalam sistem pencernaan.

Nah, jadi seperti itulah beberapa obat tipes dari resep dokter, obat tipes tradisional, maupun obat cina. Selama tipes, pasien disarankan untuk tidak banyak bergerak dan tidak memakan makanan yang terlalu sulit untuk dicerna.

*