mencegah stretch mark saat hamil
mencegah stretch mark saat hamil (Ilustrasi/By Handcuffed (Own work) [CC0], via Wikimedia Commons)

Stretch Mark di Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Pencegahannya

Ibu yang melahirkan pasti tak asing lagi dengan penampakan strecth mark yang ada di perut pasca melahirkan. Munculnya stretch mark ini tentunya akan membuat ibu muda yang begitu memperhatikan penampilan begitu pusing untuk mencari jalan keluar menghilangkannya. Tapi memang stretch mark ini bukan hal mudah untuk dihilangkan. Yang dapat anda lakukan untuk menghindari stretch mark ialah mencegah stretch mark saat hamil.

Penyebab Stretch Mark

Stretch mark yang berupa garis merah muda pada kulit dan akan berubah menjadi berwarna keputihan ini terjadi karena peregangan yang terjadi pada perut ibu hamil yang akan membesar dari hari ke hari, sementara keelastisan kulit tidak dapat mentolerir lagi sehingga muncul seperti retak-retak di kulit yang biasanya akan disertai dengan rasa gatal. Stretch mark biasanya akan muncul pada usia kehamilan 4-5 bulan.

mencegah stretch mark saat hamil
mencegah stretch mark saat hamil (Ilustrasi/By Handcuffed (Own work) [CC0], via Wikimedia Commons)
Kemunculan stretch mark memang tergantung dari keelastisan kulit setiap orang. Semakin elastis kulit ibu hamil, maka risiko kemunculan stretch mark akan menurun. Faktor genetik juga berpengaruh, kemungkinan anda akan terbebas dari stretch Mark lebih besar apabila ibu anda tidak mengalami stretch mark saat hamil.

Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Agar tidak timbul Stretch mark selama kehamilan dan setelah melahirkan, anda dapat mencegah dengan mengikuti cara berikut ini:

  1. Tingkatkan elastilitas kulit

Meningkatkan kelenturan kulit dapat dilakukan dengan mengonsumsi vitamin dan mineral. Perbanyak makan buah, sayur, dan minum air putih untuk meningkatkan elastisitas kulit.

  1. Jaga kelembapan kulit

Jangan lupa untuk mengolesi kulit dengan lotion. Ada juga krim anti stretch mark yang bisa anda pakai untuk wanita hamil. Penggunaan krim sebaiknya dimulai sejak kandungan masih kecil sehingga dapat mencegah munculnya stretch mark sejak dini.

  1. Lakukan perawatan setelah melahirkan.

Tetap gunakan krim anti stretch mark pasca melahirkan atau pun menggantinya dengan mengoleskan minyak zaitun.

Demikianlah ulasan mengenai stretch mark yang dapat muncul di saat kehamilan dan bagaimana cara mencegah stretch mark saat hamil. Melakukan pencegahan sejak dini akan semakin menurunkan risiko mengalami stretch mark. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- cara mencegah garis putih pada ibu hamil, - faktor penyebab timbulnya stretch mark saat hamil, - https://www infosehatkeluarga com/stretch-mark-di-saat-hamil-ini-penyebab-dan-cara-pencegahannya/, - memar saat hamil, - pendidikan kesehatan garis putih pada perut ibu hamil, - penyebab stretch mark saat hamil, - Saat hamil ada memar di perut

data-ad-format="link">
Stretch Mark di Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Pencegahannya Post in | Last updated: April 15th, 2017 | 473 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *